PERAN KEPERCAYAAN DIGITAL SEBAGAI MEDIATOR PERSEPSI KEMUDAHAN DAN MANFAAT TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN QRIS

Ari Apriani, Sri Anjarwati, Siti Annisa Wahdiniawati, Dian Meliantari

Abstract


Penelitian ini mengkaji peran kepercayaan digital dalam memediasi pengaruh persepsi kemudahan penggunaan (Perceived ease of use / PEOU) dan persepsi manfaat (Perceived usefulness / PU) terhadap niat menggunakan QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) pada pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) tradisional. Penelitian ini bertujuan untuk memahami faktor-faktor yang mempengaruhi adopsi QRIS, dengan menitikberatkan pada pentingnya kepercayaan digital sebagai mediator. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan survei, di mana data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada 80 responden pedagang tradisional di Jakarta yang belum menggunakan QRIS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik PEOU maupun PU berpengaruh signifikan terhadap niat menggunakan QRIS, dengan kepercayaan digital berperan sebagai mediator yang memperkuat pengaruh kedua variabel tersebut. Temuan ini mengindikasikan bahwa meskipun QRIS dianggap bermanfaat dan mudah digunakan, tingkat kepercayaan terhadap sistem menjadi faktor penting yang memengaruhi keputusan adopsi. Implikasi penelitian ini adalah perlunya kebijakan yang fokus pada pembangunan kepercayaan digital untuk mendorong adopsi QRIS di kalangan UMKM, khususnya yang masih ragu dengan keamanan dan keandalan sistem pembayaran digital ini.


Keywords


kepercayaan digital; persepsi kemudahan penggunaan; persepsi manfaat; QRIS; UMKM

Full Text:

PDF

References


Almaiah, M. A., Al-otaibi, S., Shishakly, R., Hassan, L., Lutfi, A., Alrawad, M., Qatawneh, M., & Alghanam, O. A. (2023). Investigating the Role of Perceived Risk, Perceived Security and Perceived Trust on Smart m-Banking Application Using SEM. Sustainability, 15, 9908. https://doi.org/https://doi.org/10.3390/su15139908

Appiah, T., & Venyo, V. (2025). The interplay of perceived benefit , perceived risk , and trust in Fintech adoption : Insights from Sub-Saharan Africa. Heliyon, 11(2), e41992. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2025.e41992

Apriani, A., & Wahdiniawati, S. A. (2024). Transformasi Digitalisasi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Umkm): Minat Belanja Online Dengan Mengadopsi E-Commerce. Jurnal Akuntansi, Keuangan, Pajak Dan Informasi (JAKPI), 4(1), 81–108. https://doi.org/10.32509/jakpi.v4i1.4151

Bank Indonesia. (2025). Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS). Bi.Go.Id. https://www.bi.go.id/id/fungsi-utama/sistem-pembayaran/ritel/kanal-layanan/QRIS/default.aspx

Davis, F. D. (1989). Perceived usefulness, perceived ease of use, and user acceptance of information technology. MIS Quarterly, 319–340.

Ghozali, I., & Latan, H. (2020). Partial Least Squares: Konsep, Teknik dan Aplikasi Menggunakan SmartPLS 3.0 Untuk Penelitian Empiris (Vol. 2). Universitas Diponegoro.

Hair, J. J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2021). A primer on partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM). Sage Publications.

Idris, M. (2024). Apa Penyebab Rendahnya Penggunaan QRIS di Pasar Tradisional? Kompas.Com. https://money.kompas.com/read/2024/07/11/134358226/apa-penyebab-rendahnya-penggunaan-qris-di-pasar-tradisional

Ikwanto, A. N. P., & Indriani, F. (2024). The Impact of Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and Digital Literacy on QRIS Adoption. Research Horizon, 4(6), 281–290.

Junaidi, M. (2024). UMKM Hebat, Perekonomian Nasional Meningkat. Ditjen Perbendaharaan Kemenkeu RI. https://djpb.kemenkeu.go.id/kppn/curup/id/data-publikasi/artikel/2885-umkm-hebat,-perekonomian-nasional-meningkat.html

Kurniawan, I. A., Mugiono, & Wijayanti, R. (2022). THE EFFECT OF PERCEIVED USEFULNESS , PERCEIVED EASE OF USE , AND SOCIAL INFLUENCE TOWARD INTENTION TO USE MEDIATED BY TRUST. Jurnal Aplikasi Manajemen, 20(1), 117–127.

Norbu, T., Park, J. Y., Wong, K. W., & Cui, H. (2024). Factors Affecting Trust and Acceptance for Blockchain Adoption in Digital Payment Systems : A Systematic Review. Future Internet, 16(3), 1–21.

Putra, I. H., Astuti, E. D., Nurdiani, T. W., & Sari, D. F. (2024). Analysis of the Influence of Perceived Usefulness and Perceived Ease of Use on Use Intention of Digital Payment Ovo. Jurnal Sistim Informasi Dan Teknologi, 6(2), 87–90. https://doi.org/10.60083/jsisfotek.v6i2.364

Putrevu, J., & Mertzanis, C. (2024). Adoption of digital payments in emerging economies : challenges and policy responses. Digital Policy, Regulation and Governance, 26(5), 476–500. https://doi.org/https://doi.org/10.1108/DPRG-06-2023-0077

Putri, D. E., Sinaga, O. S., Sudirman, A., Augustinah, F., & Dharma, E. (2022). Analysis of the Effect of Perceived Ease of Use, Perceived Usefulness, Trust, and Cashback Promotion on Intention to Use E-wallet. International Journal of Economics, Business and Management Research, 6(11). https://doi.org/https://doi.org/10.51505/IJEBMR.2022.62005

Sholihin, I., Hp, A., & Dimyati, M. (2024). The Influence of Perceived Benefits, Trust, and Ease of Use on the Interest of MSMEs in Using the QRIS Payment System in Jember Regency. ARTOKULO: Journal of Accounting, Economics and Management, 1(3), 325–332.

Sinambela, N. B. (2025). BI : UMKM Mendominasi Pengguna QRIS, Capai 38,1 juta. Fortuneidn.Com. https://www.fortuneidn.com/finance/bi-umkm-mendominasi-pengguna-qris-capai-38-1-juta-00-5mjpg-vykrrx

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Suhartadi, I. (2024). Adopsi Pembayaran Digital di UMKM Masih Hadapi Sejumlah Tantangan. Investor.Id. https://investor.id/finance/368155/adopsi-pembayaran-digital-di-umkm-masih-hadapi-sejumlah-tantangan

Wardana, A. A., Saputro, E. P., Wahyuddin, M., & ... (2022). The Effect of Convenience, Perceived Ease of Use, and Perceived Usefulness on Intention to Use E-Wallet. … on Economics and …. https://www.atlantis-press.com/proceedings/icoebs-22/125975182




DOI: https://doi.org/10.32509/jakpi.v5i1.5818

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

     

 Recommended Tools :

 


Redaksi Jurnal JAKPI
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Jl. Hang Lekir I No. 8 Jakarta 10270
Email: jakpi@jrl.moestopo.ac.id

WA: 082111010056 (Chat Only)