PENGARUH PERSEPSI HARGA DAN KUALITAS TERHADAP PURCHASING INTENTION MELALUI DIGITAL MARKETING PADA PERGURUAN TINGGI
Abstract
Dalam era industri 4.0, industri telah menggunakan teknologi untuk mencapai tujuan dari pemasaran suatu perusahaan. Saat ini perguruan tinggi menjadi salah satu industri yang bersaing dalam bidang pemasaran karena jumlah perguruan tinggi yang semakin banyak. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji persepsi mahasiswa aktif tingkat awal mengenai pengaruh persepsi harga dan kualitas terhadap purchasing intention di perguruan tinggi XYZ, Kota Tangerang Selatan, melalui digital marketing sebagai variabel intervening. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode hubungan jalur kausal dan teknik model persamaan struktur menggunakan program Lisrel serta instrumen skala Likert, dengan menggunakan random sampling dalam pemilihan sampel. Hasil dari penelitian menunjukkan tidak adanya pengaruh secara langsung antara persepsi harga terhadapa purchasing intention maupun melalui digital marketing sebagai variabel intervening dan juga tidak ada pengaruh langsung antara persepsi kualitas terhadap purchasing intention maupun melalui digital marketing sebagai variabel intervening.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Buku
Assael, H. (2013). Costumer Beharviar and Marketing Action. Boston: PWS-Kent Publishing Company.
Firmansyah. (2020). Komunikasi Pemasaran. Pasuruan: Qiara Media.
Kotler, Philip, & Armstrong. (2018). Prinsip-Prinsip Marketing. Jakarta: Salemba Empat.
Kurniawan, G. (2020). Perilaku Konsumen Dalam Membeli Produk Bebas Organik Melalui Ecommerce. Surabaya: Mitra Abisatya.
Kusumawati. (2018). Perilaku Konsumen Dan Pemasaran Pendidikan Tinggi: Konsep Dan Aplikasinya Dalam Penelitian. Malang: UB Press.
Nugraha, J. P., Alfiah, D., Sinulingga, G., Rojiati, U., Saloom, G., Rosmawati, . . .Beribe, M. F. (2021). Teori Perilaku Konsumen. Pekalongan: PT. Nasya Expanding Management.
Ridanasti, E. (2020). Perilaku Konsumen 4.0: Konsep dan Transformasi. Yogyakarta: Stelkendo Kreatif.
Riphin, E. A. (2022). Pengaruh Persepsi Konsumen Atas E-Service Quality Dan Atribut Produk Terhadap Brand Preference Pada Platform Epic Games Dan Steam (Undergraduate Thesis). Bandung: Universitas Katolik Parahyangan.
Winarko, H. B. (2021). Komunikasi Pemasaran Digital Terpadu. Banyumas: CV. Amerta Media.
Jurnal
Akbar, T. S., Fitrah, Y., & Rafli, M. (2023). Pengaruh, Persepsi Harga, Persepsi Kualitas, Dan Loyalitas Merek Terhadap Minat Beli Pada Toko Online Shopee. Musytari: Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi, 61-70.
Bari, A., & Hidayat, R. (2022). Teori Hirarki Kebutuhan Maslow Terhadap Keputusan Pembelian Merek Gadget. Motivasi, 8-14.
Ghofur, A., & Shafariah, H. (2023). Persepsi Minat Pembelian Mahasiswa Muslim Generasi Z Ditinjau Dari Promosi Dengan Adanya BTS Attractiveness Dan Kualitas Web. Ekonomi Manajemen Dan Bisnis Islam, 53-66.
I'tishom, Fatih, M., Martini, S., & Novandri, W. (2018). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Persepsi Risiko Dan Persepsi Harga Terhadap Sikap Serta Keputusan Konsumen Untuk Menggunakan Go-Pay. Ekonomi Bisnis Dan Akutansi (JEBA), 514-532.
Izakova, N., Kapustina, L., & Sysoeva, T. (2018). The Information System Of Relationship Marketing In The Industrial Market. Industry, 43-46.
Jarad, G. (2020). Application Of The 4Cs Marketing Mix In The Digital Environment. Psychosocial Rehabilitation, 2113-2122.
Kubicka, A. (2016). Personalized Information Management By Online Stores In 4C Model Case Study. Foundations Of Management, 53-68.
Marwan, J. (2021). Transformasi Peran Strategi Pemasaran Dalam Mewujudkan Minat Beli. Kelola: Jurnal Ilmiah Manajemen, 57-72.
Meisyaroh, S. (2014). Instant Messaging Dalam Perspektif Ekologi Media Dan Komunikasi. SEMIOTIKA, 118-130.
Purnawati, N. L., Mitariani, N. E., & Anggraini, N. N. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Ulang Di Bandung Collection Kecamatan Kuta Utara, Badung. Values, 171-181.
Qalbi, Nurul, & Hartini. (2023). Pengaruh Persepsi Harga, Persepsi Kualitas dan Keragaman Produk terhadap Minat Beli Pakaian Bekas (Trifting) di Daerah Sumbawa. Nusantara Economic Science (JNES), 162-168.
Saputra, E. (2023). Pengaruh Persepsi Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Pelanggan Home Industry Kayu Mandiri Mekarsari Pancatengah Kabupaten Tasikmalaya). Dialektika: Jurnal Ilmu Sosial, 62-72.
Sardanto, R., & Ratnanto, S. (2016). Pengaruh Persepsi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Pada Angkringan Kota Kediri. Benefit, 31-44.
Sari, C., & Rhodiah. (2020). Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Harga, dan Kinerja Operasional Terhadap Minat Beli Pelanggan Lazada. Manajerial Dan Kewirausahaan, 897-905.
Satriyo, B., Indriana, Y., & Ridlo, M. (2022). Pengaruh Social Media Marketing, E-Service Quality, Dan Review Content Terhadap Minat Beli Pada Umkm Produk Organik. Ilmu Manajemen, 90-100.
Setiawan, T., & Hidayat, R. (2022). Pengaruh Pemasaran Digital, Persepsi Kualitas, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Lokal Di Marketplace. Journal Of Applied Business Administration, 90-100.
Wibasuri, A., Sanusi, A., Setiyo, & Rinderiyana. (2024). Pengembangan Pemasaran Digital Melalui Instagram untukMeningkatkan Pangsa Pasar dan Omset Penjualan. Pengabdian Kepada Masyarakat, 96-101.
Yurindera, N. (2020). Pengaruh Persepsi Dan Sikap Terhadap Motivasi Serta Dampaknya. Manajemen Bisnis, 349-361.
Situs Web
Handini, D., Hidayat, F., Attamimi, A. N., Putri, D. A., Rouf, M. F., & Anjani, N. R. (2024, Maret 16). Statistik Pendidikan Tinggi 2020. Diambil kembali dari Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan: https://repositori.kemdikbud.go.id/22653/1/Statistik%20Pendidikan%20Tinggi%202020.pdf
DOI: https://doi.org/10.32509/kelola.v9i2.4508
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 KELOLA: Jurnal Ilmiah Manajemen

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed by:
Recomended Tools:
KELOLA: Jurnal Ilmiah Manajemen
Program Pascasarjana, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 082137118246 (Chat Only)
email: kelola@jrl.moestopo.ac.id
Copyright (c) 2023 Kelola: Jurnal Ilmiah Manajemen
Licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.