STRATEGI DIPLOMASI BUDAYA KOREA SELATAN DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN DI MASA PANDEMI COVID-19

Alif Afdhol Imani, Mansur Juned, Sindy Yulia Putri

Abstract


Artikel ini membahas tentang Diplomasi Budaya Korea Selatan dan bagaimana upaya tersebut dapat mempengaruhi pertumbuhan perekonomian selama masa pandemi COVID-19. Diplomasi budaya adalah strategi negara untuk mempromosikan nilai-nilai budaya, seni, bahasa, dan tradisi mereka dengan tujuan membangun hubungan yang positif dengan negara-negara lain. Selama masa pandemi COVID-19, banyak negara mengalami tekanan ekonomi yang besar akibat penurunan perdagangan dan pariwisata. Korea Selatan melakukan beberapa inisiatif dalam berdiplomasi budaya selama masa pandemi COVID-19. Yaitu promosi seni dan budaya Korea melalui platform digital, seperti konser online K-pop, festival film daring, dan tur virtual ke situs budaya terkenal. Selain itu, Korea Selatan juga dapat meningkatkan upaya untuk mengajarkan bahasa Korea secara daring, memfasilitasi pertukaran budaya virtual, dan mendukung bisnis kreatif Korea dalam mengekspor produk mereka ke pasar internasional.


Keywords


Diplomasi Budaya; Korea Selatan; Pandemi Covid-19; Pertumbuhan Perekonomian

Full Text:

PDF

References


Ayuningtyas, N. (2021, September 30). 8 Penyanyi Indonesia Ini Kolaborasi dengan Idol K-Pop, Terbaru Afgan. Retrieved from Liputan6: https://www.liputan6.com/hot/read/4672017/8-penyanyi-indonesia-ini-kolaborasi-dengan-idol-k-pop-terbaru-afgan

Benjamin, J. (2013, April 16). Will.i.am and 2NE1 ‘Gettin’ Dumb’: Listen to the K-Pop Collaboration. Retrieved from Billboard: https://www.billboard.com/music/music-news/william-and-2ne1-gettin-dumb-listen-to-the-k-pop-collaboration-1558293/

CFDS FISIPOL UGM. (2022, May 30). K-Pop in Indonesia and the Pandemic: Popularity and Consumption Changes. Retrieved from Center for Digital Society: https://cfds.fisipol.ugm.ac.id/2022/05/30/k-pop-in-indonesia-and-the-pandemic-popularity-and-consumption-changes/

Creswell, J. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (4th ed.).

Endra, Y. (2021, September 21). 6 Momen BTS di Sidang Umum PBB, Pidatonya Menggetarkan Dunia. Retrieved from Suara.com: https://www.suara.com/entertainment/2021/09/21/122219/6-momen-bts-di-sidang-umum-pbb-pidatonya-menggetarkan-dunia

Indraswari, R., & Kungwanjerdsuk, W. (2023, February 13). METAVERSE DIPLOMACY: BORROWING FROM AESPA’S “KWANGYA” PUBLIC SPACE. Retrieved from USC Center on Public Diplomacy: https://uscpublicdiplomacy.org/blog/metaverse-diplomacy-borrowing-aespa%E2%80%99s-%E2%80%9Ckwangya%E2%80%9D-public-space

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2018). Pedoman Diplomasi Budaya. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Martin Roll. (2021, October). Korean Wave (Hallyu) – The Rise of Korea’s Cultural Economy & Pop Culture. Retrieved from Martin Roll: https://martinroll.com/resources/articles/asia/korean-wave-hallyu-the-rise-of-koreas-cultural-economy-pop-culture/

Naomi Karina Hutagalung, Y. B. (2012). Diplomasi Publik Korea Selatan di Indonesia Melalui King Sejong Insitute Indonesia Center, 1-12.

Nurmala, N. (2018, Maret 10). Menyingkap Sejarah dan Rahasia Sukses Korean-Wave. Retrieved from Kumparan: https://kumparan.com/noviyanti-nurmala1519197736585/menyingkap-sejarah-dan-rahasia-sukses-korean-wave/3

OECD. (2021, October 25). 12 Ways Korea is Changing the World. Retrieved from OECD: https://www.oecd.org/country/korea/thematic-focus/cultural-and-creative-sectors-1573f603/

Pusparisa, Y. (2019, December 03). Korea Selatan, Negara dengan Internet Tercepat di Dunia. Retrieved from Katadata: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/12/03/korea-selatan-negara-dengan-kecepatan-internet-tercepat-di-dunia

Putri, F. A., Juned, M., & Kurniawan, A. (2021). Strategi Nation Branding Korea Selatan Melalui Imagine Your Korea Tahun 2016-2018. Jurnal Edication and Development, 669

Reyes, L. (2022, March 29). How To Join A Video Call Fansign Event? Here's What You Need To Know. Retrieved from Cosmopolitan: https://www.cosmo.ph/entertainment/guide-to-video-call-fansign-events-a4985-20220329-lfrm

Saragih, N. (2022, Oktober 21). Suga dan Jimin BTS Menjelajah Korea dalam Kampanye 'Feel the Rhythm of Korea'. Retrieved from Editornews.id: https://editornews.pikiran-rakyat.com/entertainment/pr-1315719323/suga-dan-jimin-bts-menjelajah-korea-dalam-kampanye-feel-the-rhythm-of-korea

Sugiyono. (2015). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D.

Uly, Y. A. (2020). Bagaimana K-pop dan K-drama mempengaruhi ekonomi Korsel?

Valley, A. (2021, October 10). Want To Work In K-Pop? The Industry Is Hiring More Foreigners Than Ever. Retrieved from Koreaboo: https://www.koreaboo.com/news/kpop-jobs-hiring-foreigners/

Vincent, J. (2022, July 12). PUBG Mobile is hosting its first ever virtual concert with K-pop stars Blackpink. Retrieved from The Verge: https://www.theverge.com/2022/7/12/23205013/pubg-mobile-first-ever-virtual-concert-blackpink-dates-tickets


Refbacks

  • There are currently no refbacks.