Analisis Pengembangan Sumber Daya Manusia Dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Kerja Untuk Menghadapi Persaingan Tenaga Kerja Asing

Harits Hafiid, Yasin Sugiarto

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan di Kementerian Ketenagakerjaan, yang bertujuan untuk mengetahui beberapa proses perencanaan pengembangan sumber daya manusia dan pelaksanaan pengembangan sumber daya manusia. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan studi dokumentasi. Sumber data dari penelitian ini yaitu Unit Kerja Badan Perencanaan dan Pengembangan, Bina Instruktur dan Tenaga Pelatihan, Bina Produktivitas, Bina Standarisasi Kompetensi dan Pelatihan Kerja, dan Bina Pengembangan Pasar Kerja. Perencanaan pengembangan sumber daya manusia di Kementerian Ketenagakerjaan dilakukan sesuai dengan kebutuhan organisasi dan disesuaikan dengan jenis pekerjaan yang ada. Banyak yang harus di persiapkan dalam perencanaan, terutama syarat untuk mengikuti pengembangan. Pelaksanaan pengembangan sumber daya manusia di Kementerian Ketenagakerjaan ada dua metode pengembangan yaitu metode di tempat kerja, dan metode di luar tempat kerja. Jenis pengembangan sumber daya manusia dilaksanakan secara formal dan nonformal. Formal melalui Beasiswa sedangkan nonformal melalui kegiatan diklat ataupun pelatihan kerja di BLK berbagai daerah.

Keywords


Sumberdaya Manusia; Perencanaan Pengembangan; Pelaksanaan Pengembangan; Kementerian Ketenagakerjaan

Full Text:

PDF

References


BUKU

Agung Kurniawan. (2005). Transformasi Pelayanan Publik. Yogyakarta: Pembaruan

Bungin. (2010). Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Prenama Media Group.

B.Miles, Matthew dan Hubermen, A.Michael. (1994. Hal 10). Qualitative Data Analysis

Darman. (2016). Teori Manajemen dan Organisasi

F.Cascio,Wayne/M.Awad,Elias. (1981). Penilaian Kinerja dan Pengembangan Karyawan

Muhammad Fadli. (Agustus 2014). Optimalisasi Kebijakan Ketenagakerjaan Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean 2015.

Moleong. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

R.Supomo, Eti.Nurhayati. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia

Prof. DR. Hj. Sedarmayanti, M.Pd., APU. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil.

Avina, Tyalestari Widyaning. (2018). Menghadapi Persaingan Tenaga Kerja

JURNAL

Ayu Septiyanti. (2018). Pengembangan Sumber Daya Manusia Penyelenggara Pelatihan Untuk Penguji Kepelautan di Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan Laut Bidang Pelatihan KEMENTERIAN PERHUBUNGAN RI

Jepi Adianto dan Muhammad. (2018). Peningkatan Kualitas Tenaga Kerja Dalam Menghadapi ASEAN Economy Community, program studi Kesejahteraan sosial, Universitas Padjadjaran.

PERATURAN

Keputusan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 228 Tahun 2019, Tentang Jabatan Tertentu Yang Dapat Diduduki Oleh Tenaga Kerja Asing

Keputusan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 349 Tahun 2019 tentang Jabatan Tertentu yang dilarang Diduduki oleh Tenaga Kerja Asing.

Pasal 3 Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia No. 12 Tahun 2013 tentang tata cara penggunaan tenaga kerja, pemberian kerja tenaga kerja asing.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.