Pengaruh Kinerja Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan di Kelurahan Jati Padang Kecamatan Pasar Minggu Jakarta Selatan

Novida Anggraini

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh Kinerja Pegawai terhadap Kualitas Pelayanan pada Kelurahan Jati Padang Jakarta Selatan. Tipe penelitian yang digunakan dalam penulisan ini adalah metode Eksplanatif, yaitu suatu penelitian yang menjelaskan atau menggambarkan sesuatu, yang bertujuan menguji hipotesis yang berkenaan dengan hubungan sebab akibat diantara variable yang diteliti. Sedangkan pengumpulan data dalam metode eksplanatif dilakukan dengan pendekatan surveyi. Survey merupakan suatu penelitian kuantitatif yang sama kepada banyak orang untuk kemudian seluruh jawaban yang diperoleh peneliti dicatat, diolah, dan dianalisis. Dari hasil analisis dan pembahasan dapat diperoleh hasil sebagai berikut: Melalui uji regresi Y = a + bX; Y =8.939 + 0.737 (Kinerja Pegawai). Ini berarti bila Kinerja Pegawai (X)ditingkatkan sebesar 1 point, maka akan memberikan pengaruh terhadap Kualitas Pelayanan sebesar 0.737. Uji korelasi Kinerja Pegawai (X) sebesar 0,821, artinya bila Kinerja Pegawai ditingkatkan maka akan menghasilkan Kualitas Pelayanan meningkat. Sedangkan melalui koefisien penentu didapat Kinerja Pegawai (X) sebesar 0.588, sehingga variasi peningkatan dan penurunan Kualitas Pelayanan dapat dijelaskan oleh variabel Kinerja Pegawai (X) sebesar 58,8%, dan terlihat faktor-faktor di luar variabel Kinerja Pegawai (X) dan variabel Kualitas Pelayanan (Y) sebesar 41,2%. Berdasarkan uji hipotesis (uji t) didapat nilai t hitung variabel Kinerja Pegawai sebesar 7.694 dan t tabel 1.694, dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga ada pengaruh antara Kinerja Pegawai dan peningkatan Kualitas Pelayanan. Probabilitas hasil sebesar 0.000 atau 0% sedangkan tarif = 5% dengan demikian [ = 0.000 < = 0.050], sehingga dengan demikian Kinerja Pegawai Signifikan terhadap Kualitas Pelayanan.

Full Text:

PDF

References


A Anwar Prabu Mangkunegara. (2000). Manajemen sumber daya manusia perusahaan. Bandung. PT. Remaja rosdakarya.

Abdurachman arifiin. (1997). Kerangka pokok-pokok manajemen umum. Jakarta: Rajawali pers

Basri A. F. M., & Rivai V. (2005). Performance appraisal. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Barata, Atep Adya (2004) Dasar-dasar Pelayanan Prima. Jakarta. Elex Media Komputindo.

Gaspersz, Vincent. (2002). Total Quality Management. Jakarta. Gramedia PustakaUtama.

Lukman, Sampara (2004) Manajemen Kualitas Pelayanan. Jakarta. STIA LAN Press.

Margaretha, (2003). Kualitas Pelayanan: Teori dan Aplikasi. Penerbit Mandar Maju, Jakarta.

Mink, Oscar G, Owen, Krrth Q, Barbara. (1993). Developing High Performance Perole. Massachusetts: Wesley Publishing Company.

Moenir, H.A.S (2006) Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta. Bumi Aksara.

Parasuraman, A. Valerie, (2001). (Diterjemahkan oleh Sutanto) Delivering Quality Service. The Free Press, New York.

Soedarmayanti. (2003). Good Governance (Kepemerintahan yang Baik) dalam Rangka Otonomo Daerah. Bagian Pertama. Bandung: CV. Mandar Maju

Sedarmayanti. (2001). Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Bandung: Mandar Maju.

Siagian P, Sondang. (1992). Kerangka Dasar Ilmu Administrasi. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Tjiptono, Fandy., Anastasia Diana (2001) Total Quality Management. Jakarta. Penerbit Andi.

Veithzal, Rivai. (2004). Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Pustaka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.