IMPLEMENTASI PROGRAM KEGIATAN INFRASTRUKTUR HASIL MUSREMBANG DI DISTRIK YAPEN SELATAN KABUPATEN KEPULAUAN YAPEN

Endang Alastyaningsih, Harry Nenobais

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis pelaksanaan program kegiatan prasarana hasil Musrenbang 2014 di Kecamatan Yapen Selatan, (2) menganalisis cara komunikasi Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Kepulauan Yapen dalam melaksanakan kegiatan prasarana hasil Musrenbang, (3 ) menganalisis kemampuan Dinas PU Kabupaten Kepulauan Yapen dalam melaksanakan kegiatan prasarana hasil Musrenbang, (4) menganalisis struktur birokrasi Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Kepulauan Yapen dalam melaksanakan kegiatan prasarana hasil Musrenbang, dan (5) menganalisis tanggapan/disposisi Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Kepulauan Yapen dalam melaksanakan kegiatan prasarana hasil Musrenbang tahun 2014. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif melalui wawancara, observasi dan dokumentasi dengan mengacu pada teori C. Edward (1980). Kesimpulan akhir pelaksanaan program pelaksanaan kegiatan infrastruktur masih Top down dan miss komunikasi serta rendahnya pemahaman peserta musrenbang visi dan misi kepala daerah yang tercantum dalam RPJMD. Kurangnya transparansi dan kurangnya link komunikasi sikap, baik internal maupun eksternal DPUP. Kurangnya pemanfaatan sumber daya yang ada baik secara kuantitas maupun kualitas. Rendahnya tingkat struktur birokrasi yang SOPnya hanya berjalan untuk aktivitas fisik sementara tidak menggunakan kegiatan rutin kantor mengakibatkan SOP tersebut menimbulkan kecemburuan antar pegawai. Rendahnya disposisi DPUP disebabkan kurangnya komitmen dari sikap pimpinan dalam mengambil dan melaksanakan keputusan yang telah ditetapkan.


Keywords


implementasi; Program Kegiatan; Musrenbang

Full Text:

PDF

References


Aisyah Rahmatullah. (2013). “Analisis Perilaku Menghadiri Musrenbang Propinsi Kepulauan Bangka Belitung Mengacu Pada Theory Of Reasoned Action” Jogyakarta, Universitas Gadjah Mada, Jogyakarta, Universitas Gadjah Mada.

Aspiyah. (2005). “Analisis penerapan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) partisipatif di Kabupaten Kulon Progo.” Jogyakarta. Universitas Gadjah Mada, Jogyakarta, Universitas Gadjah Mada

Erwinsyah. (2010). “Implementasi Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) di Kecamatan Medan Area Kota Medan. Universitas Andalas. Medan.

Evi Agustina Rahayu. 2013. “Faktor-faktor yang berpengaruh pada proses Perencanaan Pembangunan Pasca Musrembang Di Kabupaten Hulu Sungai Tengah.“ Jogyakarta. Universitas Gadjah Mada.

Mokhamad Faedhoni. (2014). “Sinkronisasi Visi Misi Kepala Desa Dengan Aspirasi Masyarakat Melalui Musrenbang Desa Di Kecamatan Jekulo Dalam Rangka Penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa Rencana Kerja Pembangunan Desa Berkelanjutan. “ Kudus. Universitas Muria Kudus.

Sjafrizal. (2015). Perencanaan Pembangunan Daerah Dalam Era Otonomi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Utin Sri Ayu Supadmi. (2013). “Pelaksanaan Hasil Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) di Kecamatan Kapuas Kabupaten Sanggau.” Universitas Gadjah Mada. Jogyakarta.

Yeremias T. Keban. (2008,) Administrasi Publik : Konsep, Teori dan Isu, Jogyakarta: Gava Media.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Harry Nenobais, Endang Alastyaningsih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.



 

Recomended Tools:

goto turnitin.com  goto mendeley web



Flag Counter