Analisis Kualitas Pelayanan Pembuatan Paspor di Kantor Imigrasi Jakarta Selatan

Harits Hafiid

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Analisis Kualitas Pelayanan Pembuatan Paspor Di Kantor Imigrasi Jakarta Selatan yang terdiri dari Aspek Pelayanan, Aspek Kepuasan Masyarakat, dan Aspek SDM. Metode penelitian yang digunakan adalah metode dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kegiatan observasi, wawancara dan studi dokumentasi serta melakukan analisis data yang berkaitan dengan fokus permasalahan penelitian. Kesimpulan hasil penelitian menunjukan bahwa Pelayanan merupakan tugas utama yang hakiki bagi aparatur pemerintah sebagai abdi Negara dan abdi masyarakat. Oleh karena itu, untuk meningatkan kualitas pelayan masyarakat, maka perbaikan kinerja aparatur sangat penting. Dalam kaitan ini, kebijaksanaan pemerintah untuk meningkatkan kualitas pelayanan masyarakat harus direncanakan secara transparan. Penerapan manajemen kualitas pelayanan yang berfokus pada pelanggan dapat berhasil apabila sejak lebih awal dipahami hambatan-hambatan yang dihadapi dalam memberikan layanan. Salah satu hambatan selama ini yang dihadapi adalah kurangnya kepedulian aparatur dalam menerapkan sistem kualitas pelayanan yang berfokus pada pelanggan. Maka dari itu Kantor Imigrasi Jakarta Selatan sebagai bentuk kepedulian dalam meningkatkan pelayanan bagi masyarakat. Kantor Imigrasi Jakarta Selatan telah berkomitmen dengan tugas dasar yang di jalani untuk memberikan pelayanan terhadap masyarakat dalam bentuk perijinan apapun yang diperlukan oleh masyarakat. Masyarakat kini tidak perlu takut untuk melakukan pengurusan paspor sehingga akan memberikan pelayanan yang prima bahkan untuk pengurusan hanya dapat diselesaikan dengan tempo waktu yang sangat singkat dari sebelumnya.


Full Text:

PDF

References


Agustino, Leo. (2006). Politik & Kebijakan Publik. Bandung : AIPI.

Arbi Jusuf, Sektiaji Budi. (2003). Kebijakan dan Program Pembangunan Nasional. Jakarta : Lembaga Administrasi Negara.

Budiarjo, Miriam. (2004). Dasar-dasar Ilmu Politik. Jakarta : PT. SUN.

Gomes. (2005). Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Pertama Cetakan Ketiga. Jakarta :Andi Offset.

Hasibuan. (2004). Manajemen Sumber daya Manusia. Jakarta : Penerbit Bumi Aksara.

Ibrahim, Amin. (2008). Pokok-pokok Administrasi Publik dan Implementasinya. Bandung : PT. Repika Aditama.

Irwan, Prasetya. (2006). Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Jakarta : Departemen Ilmu Administrasi FISIP UI.

Lincoln, Denzim. (2009) Handbook Of Qualitative Research. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Moleong, Lexy. (2007). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung. : PT. Remaja Rosdakaya Offsett.

Mangku Negara, A.A. Anwar Prabu. (2005). Evaluasi Kinerja SDM. Bandung : PT. Refika Aditama.

Manning, Chris., Tadjuddin, Noer, Efendi. (1996). Urbanisasi, Pengangguran dan Sektor Informal di Kota. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Naisikun. (1995). Kemisikinan di Indonesia Menurun, dalam Perangkap Kemiskinan, Problem, dan Strategi Pengentasannya. Surabaya : Airlangga University Press.

Nugroho, Riant D. (2003). Kebijakan Publik "Formulasi, Implementasi dan Evaluasi". Jakarta : PT. Elex Media Komputindo.

Nugroho, Riant D. (2008). Public Policy. Jakarta : PT. Elex Media Komputindo.

Robbins, Stephen P. (2001). Perilaku Organisasi. Edisi-8. Jakarta : PT. Prenhallindo.

Satori, Djam'an., & Aan, Komariah. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta.

Sedarmayanti. (2004). Sumber Daya Manusia dan Produktifitas Kerja. Jakarta : CV. Mandar Maju.

Siagian, Sondang. (2002). Manajemen SDM. Jakarta : Bumi Aksara.

Simamora, Hendri. (2000). Manajemen Sumberdaya Manusia. Jakarta Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 SPEKTRUM: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.