Kualitas Pelayanan Kesehatan Gratis Di Puskesmas Ciputat Kota Tangerang Selatan

Himsar Silaban

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan kesehatan gratis di puskesmas Ciputat. Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara melakukan wawancara kepada 5 informant yang terdiri dari 2 kelompok yaitu, 3 orang pelaksana layanan dan 2 orang pengguna layanan jasa. Dari hasil analisis dan pembahasan ditemukan bahwa puskesmas Ciputat telah memberikan pelayanan kesehatan yang semaksimal mungkin kepada pasien dengan memberikan perhatian (empati) atau tanggapan terhadap keluhan pasien. Petugas di puskesmas Ciputat juga telah memberikan jaminan pelayanan yang sama terhadap seluruh pasien baik untuk pasien yang mendapatkan pelayanan kesehatan gratis maupun pasien yang tidak mendapatkan kesehatan gratis.

Kata kunci: kualitas pelayanan, sumber daya manusia, organisasi


Full Text:

PDF

References


Barata, Atep Adya, Dasar-dasar pelayanan prima, Jakarta, elex media komputindo, 2003

Fandy, dan Anastasia, Total quality management, Edisi revisi, Yogyakarta , Andi Offset, 2002

Gasperz, Total quality management, Jakarta, Gramedia pustaka utama, 2002

Irawan, Prasetya, Penelitian kualitatif dan kuantitatif untuk ilmu-ilmu sosial, Jakarta, STIA LAN, 2000

Karl, Albercht, Pengembangan organisasi, pendekatan sistem yang menyeluruh untuk mencapai perubahan positif dalam setiap organisasi, Bandung, Angkasa, 1995

Koentjaraningrat, Metode penelitian masyarakat, Jakarta, Gramedia pustaka utama, 1983

Kotler, Manajemen pemasaran, Jakarta, PT. Premalindo, 1997

Laporan kegiatan tahun 2012 UPT Puskesmas Ciputat, 2012

Lukman, Sampara, Manajemen kualitas pelayanan, Jakarta, PT. Premalindo, 1999

Mangkunegara, Anwar, A.A, Evaluasi kinerja SDM, Bandung, Refika aditama, 2006

Moenir, H.A.S, Manajemen pelayanan umum di Indonesia, Jakarta, Bumi aksara, 1995

Nazir, Moh, Metode penelitian, Jakarta, Ghalia Indonesia, 2008

Poerwadinata WJS, Kamus besar bahasa Indonesia

Rao, TV, Penilaian prestasi kerja, Jakarta, PT. Pusaka binaman pressindo, 1996

Siagian, Sondang P, Peranan staf dalam management, Gunung agung, Jakarta, 1976

Soetopo, Pelayanan prima, Jakarta, Lembaga Administrasi Negara, 1999

Sulastomo, Manajemen Kesehatan, Jakarta, Gramedia Pustaka Utama, 2000

Tjipjono, Fandy, Prinsip-prinsip total quality service, Yogyakarta, Andi offset, 2001

Waryanti, Diyah, Peningkatan kualitas pelayanan kesehatan dipuskesmas kecamatan Pulogadung Jakarta Timur, STIA LAN, Jakarta

Dokumen

Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Pasal 34 ayat 3

Surat keputusan Gubernur No,58 Tahun 2002 Tentang Gambaran di Bidang Kesehatan

Surat Keputusan Mentri Penerangan No.81 Tahun 1993 tentang Pedoman Pelayanan Umum

Surat pemberitahuan No. 441/0258/Dinkes/V1/II/2012

Peraturan Walikota Tangerang Selatan


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 SPEKTRUM: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.