Kualitas Pelayanan Kesehatan Gratis Di Puskesmas Ciputat Kota Tangerang Selatan
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan kesehatan gratis di puskesmas Ciputat. Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara melakukan wawancara kepada 5 informant yang terdiri dari 2 kelompok yaitu, 3 orang pelaksana layanan dan 2 orang pengguna layanan jasa. Dari hasil analisis dan pembahasan ditemukan bahwa puskesmas Ciputat telah memberikan pelayanan kesehatan yang semaksimal mungkin kepada pasien dengan memberikan perhatian (empati) atau tanggapan terhadap keluhan pasien. Petugas di puskesmas Ciputat juga telah memberikan jaminan pelayanan yang sama terhadap seluruh pasien baik untuk pasien yang mendapatkan pelayanan kesehatan gratis maupun pasien yang tidak mendapatkan kesehatan gratis.
Kata kunci: kualitas pelayanan, sumber daya manusia, organisasi
Full Text:
PDFReferences
Barata, Atep Adya, Dasar-dasar pelayanan prima, Jakarta, elex media komputindo, 2003
Fandy, dan Anastasia, Total quality management, Edisi revisi, Yogyakarta , Andi Offset, 2002
Gasperz, Total quality management, Jakarta, Gramedia pustaka utama, 2002
Irawan, Prasetya, Penelitian kualitatif dan kuantitatif untuk ilmu-ilmu sosial, Jakarta, STIA LAN, 2000
Karl, Albercht, Pengembangan organisasi, pendekatan sistem yang menyeluruh untuk mencapai perubahan positif dalam setiap organisasi, Bandung, Angkasa, 1995
Koentjaraningrat, Metode penelitian masyarakat, Jakarta, Gramedia pustaka utama, 1983
Kotler, Manajemen pemasaran, Jakarta, PT. Premalindo, 1997
Laporan kegiatan tahun 2012 UPT Puskesmas Ciputat, 2012
Lukman, Sampara, Manajemen kualitas pelayanan, Jakarta, PT. Premalindo, 1999
Mangkunegara, Anwar, A.A, Evaluasi kinerja SDM, Bandung, Refika aditama, 2006
Moenir, H.A.S, Manajemen pelayanan umum di Indonesia, Jakarta, Bumi aksara, 1995
Nazir, Moh, Metode penelitian, Jakarta, Ghalia Indonesia, 2008
Poerwadinata WJS, Kamus besar bahasa Indonesia
Rao, TV, Penilaian prestasi kerja, Jakarta, PT. Pusaka binaman pressindo, 1996
Siagian, Sondang P, Peranan staf dalam management, Gunung agung, Jakarta, 1976
Soetopo, Pelayanan prima, Jakarta, Lembaga Administrasi Negara, 1999
Sulastomo, Manajemen Kesehatan, Jakarta, Gramedia Pustaka Utama, 2000
Tjipjono, Fandy, Prinsip-prinsip total quality service, Yogyakarta, Andi offset, 2001
Waryanti, Diyah, Peningkatan kualitas pelayanan kesehatan dipuskesmas kecamatan Pulogadung Jakarta Timur, STIA LAN, Jakarta
Dokumen
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Pasal 34 ayat 3
Surat keputusan Gubernur No,58 Tahun 2002 Tentang Gambaran di Bidang Kesehatan
Surat Keputusan Mentri Penerangan No.81 Tahun 1993 tentang Pedoman Pelayanan Umum
Surat pemberitahuan No. 441/0258/Dinkes/V1/II/2012
Peraturan Walikota Tangerang Selatan
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 SPEKTRUM: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.