STRATEGI GERAI INFORMASI DAN MEDIA DALAM MEMBANGUN CITRA POSITIF MELALUI DISEMINASI INFORMASI PUBLIK

Nila Nila

Abstract


Transparency of public information is the important thing in good govenrmment. To give transparency of public
information about Indonesia education department, public relations made program that is Information and me-dia counter. Management function of public relations that reseach, planing, implemention, and evaluation the
program. Public relations try to give excellent service information using many chanel such as : Email, phone, and
face-to-face. This program is one of the strategy that public relations made for positif image of the government.


Keywords


Public relations, statregy, management function, information

Full Text:

PDF

References


Abdurrachman, Oemi, Dasar-dasar Public Relations,

PT.Citra Aditya Bakti, Bandung. 2001.

Anggoro, M. Linggar Anggoro, Teori dan Profesi Kehumasan, serta Aplikasinya di Indonesia, Bumi

Aksara, Jakarta, 2005.

Arief, Furchan, Pengantar Metode Kualitatif, Usaha

Nasional, Surabaya, 1992.

Assumpta, Maria Assumpta, Dasar-dasar Public Rela-tions : Teori dan Praktik, PT. Grasindo, Jakarta,

Bungin, Burhan, Sosiologi Komunikasi: Teori, Para-digma, dan Diskursus Teknologi Komunikasi di

Masyarakat, Kencana, Jakarta, 2008.

Cutlip, Scott M., Effective Public Relations, Edisi Kes-embilan, Kencana, Jakarta, 2001.

Effendy, Onong Uchjana, Human Relations dan Public

Relations, Mandar Maju, Bandung, 1993.

_______________, Hubungan Masyarakat, PT.Remaja

Rosdakarya, Bandung, 2002.

_______________, Ilmu Komunikai Teori dan Praktek,

Remaja Rosdakarya, Bandung, 2005.

_______________, Hubungan Masyarakat Suatu Studi

Komunikologis, PT.Remaja Rosdakarya, Ban-dung, 2006.

Iriantara, Yosal, Manajemen Strategis Public Relations,

Graha Ilmu, Yogyakarta, 2005.

Jefkins, Frank, Public Relations, Penerbit Erlangga, Ja-karta, 2003.

Kusumastuti, Frida, Dasar-Dasar Humas, Ghalia Indo-nesia, Bogor, 2002.

Moleong, Lexy J., Metode Penelitian Kualitatif, PT.

Remaja Rosdakarya, Bandung, 2004.

Oliver, Sandra, Strategi Public Relations, Erlangga, Ja-karta, 2007.

Palapah M.O dan Syamsudin, Atang, Studi Ilmu Ko-munikasi, Fikom UNPAD, Bandung, 1983.

Rachmadi, F., Public Relations Dalam Teori dan Prak-tek : Aplikasi dalam Badan Usaha Swasta dan

Lembaga Pemerintahan, PT. Gramedia, Jakarta,

Rachmadi, F, Public Relations dalam Teori & Praktek

Aplikasi Dalam Badan Usaha Swasta Dan Lem-baga Pemerintahan, Gramedia Pustaka Utama,

Jakarta, 1993.

Rachmat, Kriyantono, Teknik Praktis Riset Komunika-si : Disertai contoh Praktis Riset Media, Public

Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi,

Komunikasi Pemasaran, Kencana, Jakarta, 2006.

Rakhmat, Jalaludin, Metode Penelitian Komunikasi,

PT Remaja Rosdakarya, Bandung, 1995.

Ruslan, Rosady Ruslan, Manajemen Public Relations

dan Media Komunikasi ( Konsepsi dan Aplikasi

), Jakarta, 2007.

Ruslan, Rosady, PR Dalam Situasi Krisis dan Pemulihan Citra, Ghalia Indonesia, Jakarta, 1995.

____________, Etika Kehumasan, Konsepsi, dan ap-likasi, PT.Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2001.

____________, Kampanye Public Relations Kiat dan

Strategi, Rajawali Press, Jakarta, 2002.

___________, Manajemen Publik Relations dan Media

Komunikasi (Konsepsi & Aplikasi) Edisi Revisi

Cetakan 7, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta,

___________, Metode Penelitian Public Relations dan

Komunikasi, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta,

Salim, Agus, Teori dan Paradigma Penelitian Sosial,

PT. Tiara Wacana Yogya, Yogyakarta, 2001.

Sugiyono, Memahami Penelitian Kualitatif, Alfabeta,

Bandung, 2005.

___________, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualita-tif dan R & D, Alfabeta, Bandung, 2006.

Sunarto, Pemerintahan dan Komunikasi Kuantitatif,

Kualitatif dan R & D, Alfabeta, Bandung, 2006.

Dokumen Lain

Departemen Komunikasi dan Informatika Republik

Indonesia, Undang-Undang RI nomor 11 tahun

Tentang Informasi Dan Transaksi Elek-tronik, jakarta, 2008

Dokumen PIH Depdiknas, Tahun 2006.

Pedoman Mutu ISO 9001:2000 PIH Depdiknas, 4-De-sember-2007.




DOI: https://doi.org/10.32509/wacana.v11i1.144

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 Indexed by:

     

 Recommended Tools :

 

 

WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi

Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 085714422271 (Chat Only)

email: wacana@dsn.moestopo.ac.id

 

Creative Commons License

WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.