Computer-Mediated Communication sebagai Sarana Presentasi Diri Guru PAUD

Siti Rina Apriliani

Abstract


Hadirnya media sosial memudahkan penggunanya untuk melakukan presentasi diri dalam Computer -Mediated Communication (CMC). Fasilitas yang diberikan di media sosial khususnya Facebook memungkinkan seseorang menggambarkan diri mereka untuk mendapatkan kesan tertentu dari pengguna lain yang terhubung dengan mereka. Guru PAUD dipilih sebagai subjek penelitian karena presentasi diri yang mereka lakukan di facebook dapat menjadi tolok ukur bagi orang tua murid dalam memberikan kepercayaan untuk mendidik anak mereka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Guru PAUD yang berteman dengan orang tua di Facebook melakukan presentasi diri di Facebook. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan mewawancarai tiga orang Guru PAUD di Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat. Pertanyaan penelitian disusun berdasarkan lima kategori yang telah ditentukan, yaitu ingratiation, self-promotion, intimidation, exemplification, dan suplication. Hasil dari penelitian menunjukkan informan cenderung menggunakan strategi ingratiation dan self-promotion dalam melakukan presentasi diri di facebook. Dengan kata lain presentasi diri yang dilakukan informan di facebook berupa membagikan unggahan yang membuat mereka dinilai baik oleh orang tua murid dan mengunggah foto-foto yang berkaitan dengan pekerjaan mereka untuk menunjukkan integritas mereka sebagai Guru PAUD.

Full Text:

PDF

References


Alialassiri, A., Binti Muda, M., & Bin Ghazali, R. (2014). Strategic Self-Presentation on Social Networking Sites. New Media and Mass Communication, 32, 4454.

Alim, C. A. (2014). Impression Management Agnes Monica Melalui Akun Instagram (@ agnezmo. Jurnal E-Komunikasi, 2(3).

Angelia, Y. (2014). Self Disclosure Ibu Hami di luar Nikah kepada Anaknya. Jurnal E-Komunikasi, 2(2).

Bareket-Bojmel, L., Moran, S., & Shahar, G. (2016). Strategic self-presentation on Facebook: Personal motives and audience response to online behavior. Computers in Human Behavior, 55, 788795.

Bauto, L. M. (2014). Perspektif Agama dan Kebudayaan dalam Kehidupan Masyarakat Indonesia (Suatu Tinjauan Sosiologi Agama). Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 23(2), 1125.

Britt, R. K. (2015). Effects of Self-presentation and Social Media Use in Attainment of Beauty Ideals, 3(1), 7988.

Carpenter, G. W. (2016). Imagine Me dan You: A Mixed Methods Investigation of Imagined Interactions in Online Dating. The University of Alabama.

DeVito, J. A. (2016). The Interpersonal Communication Book (14th ed.). Essex, England: Pearson Education Limited.

Ellison, N., & Gibbs, J. (2006). Managing Impressions Online : Self-Presentation Processes in the Online Dating Environment, 11, 415441.

Griffin, E., Mcclish, G., & Langan, E. J. (2006). Instructor s Manual and Test Bank A First Look at Communication Theory Sixth Edition and. Communication, 6, 426438.

Harisah, A., & Masiming, Z. (2008). Persepsi manusia terhadap tanda,simbol dan spasial. SMARTek, 6.

Isnaini, F., & Taufik. (2015). Strategi self-management untuk meningkatkan kedisiplinan belajar. Jurnal Penelitian Humaniora, 16(2), 3342.

Lailiyah, N. (2015). Presentasi Diri Netizen dalam Konstruksi Identitas di Media Sosial dan Kehidupan Nyata. Jurnal Ilmu Sosial, 14(2), 2035.

Lee, E., Kim, Y. J., & Ahn, J. (2014). How do people use Facebook features to manage social capital ? Computers in Human Behavior, 36, 440445.

Luik, J. E. (2011). Media Sosial dan Presentasi Diri. Komunikasi 2.0: Teoritisasi Dan Implikasi, 108129.

McGuinness, D., & Simon, A. (2018). Information disclosure, privacy behaviours, and attitudes regarding employer surveillance of social networking sites. IFLA Journal, 44(3): 203222.

Moqbel, M., & Kock, N. (2017). Unveiling the dark side of social networking sites: Personal and work-related consequences of social networking site addiction. Information and Management, 55(1):109119.

Mulyana, D. (2015). Komunikasi Lintas Budaya. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Parke, K., Marsden, N., & Connolly, C. (2017). Lay Theories Regarding Computer-Mediated Communication in Remote Collaboration. Open Praxis, 9(1): 17.

Rahmasari, L. (2012). Pengaruh Kecerdasan Intelektual , Kecerdasan Emosi dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Kinerja Karyawan. Majalah Ilmiah Informatika, 3(1).

Rohmadi, A. (2016). Tips Produktif Ber-Social Media. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Sabon, S. S. (2017). Students' Perception of the Competence of Certified and Uncertified Teachers. Jurnal Pendidikan aan Kebudayaan, 2, 5580.

Sarjana, S., & Khayati, N. (2016). Pengaruh Etika, Perilaku, dan Kepribadian terhadap Integritas Guru. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 1: 379393.

Satiti, N. L. U., & Anam, C. (2017). Subjektifitas Orang Tua Pasien dalam Komunikasi Interpersonal antara Dokter Anak dengan Orang Tua Pasien. Jurnal Komunikator, 09(02), 106122.

Satori, D., & Komariah, A. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Setiawan, K. C. (2015). Pengaruh Motivasi Kerja terhadap Kinerja Karyawan Level Pelaksana di Divisi Operasi PT. Pusri Palembang. PSIKIS-Jurnal Psikologi Islami, 1(2), 4353.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif : Untuk penelitian yang bersifat eksploratif, enterpretif, dan konstruktif (3rd ed.). Bandung: Alfabeta.

Tania, Y. (2016). Self Disclosure Anak yang Pindah Agama kepada Orang Tua. Jurnal E-Komunikasi, 4(1).

Tidwell, L. C., & Walther, J. B. (2002). Computer-Mediated Communication effects on self-disclosure, impressions, and interpersonal evaluations. Human Communication Research, 28(3), 317348.

Walther, J. B. (1996). Computer-mediated communication: Impersonal, interpersonal, and hyperpersonal interaction. Communication Research, 23(1), 343.

Walther, J. B. (2007). Selective self-presentation in computer-mediated communication: Hyperpersonal dimensions of technology, language, and cognition. Computers in Human Behavior, 23(5), 25382557.

Walther, J. B., & Parks, M. R. (2002). Cues filtered out, cues filtered in: Computer-mediated communication and relationships. Handbook of Interpersonal Communication, (August), 529563. https://doi.org/papers3://publication/uuid/BBF83ECF-49B3-4D70-B145-E8DBF935B92E

Wearesocial.com. (2017). Three Billion People Now Use Social Media. Retrieved November 15, 2017, from https://wearesocial.com/blog/2017/08/three-billion

Yang, C. chen, & Bradford Brown, B. (2016). Online Self-Presentation on Facebook and Self Development During the College Transition. Journal of Youth and Adolescence, 45(2): 402416.

Yuliariatiningsih, M. S., & Setiaty, T. (2012). Kompetensi Pedagogik Guru PAUD dalam Mengembangkan Pembelajaran untuk Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 03(01).




DOI: https://doi.org/10.32509/jhm.v2i2.1029

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

     


Recommended Tools :