Implementasi Kampanye DPAPMK Pada Program Kampung Keluarga Berencana di Kota Depok

Firda Firmansyah, Iswahyu Pranawukir

Abstract


Kampung Keluarga Berencana (Kampung KB) merupakan sebuah inovasi strategis yang dikeluarkan pemerintah sebagai sebuah kebijakan dalam menangani pemasalahan kependudukan baik dalam menekan laju pertumbuhan penduduk maupun masalah kemisikinan di Indonesia. Implementasi kampanye Kampung KB di Kota Depok menjadi tanggung jawab dari Dinas Perlindungan Anak Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (DPAPMK). Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana proses implementasi kampanye Kampung KB yang dilakukan oleh DPAPMK. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, diperoleh hasil bahwa implementasi kampanye Kampung KB yang dilakukan DPAPMK melalui beberapa tahap yaitu tahap pendataan, perencanaan program, pelaksanaan program serta montoring dan evaluasi program. Hal tersebut sesuai dengan proses langkah kerja public relations. Sedangkan hambatan komunikasi yang ditemukan yaitu hambatan teknis, hambatan sosial, hambatan semantik dan hambatan penerimaan pesan.

Keywords


Kampung Keluarga Berencana (Kampung KB), Implementasi Kampanye, DPAPMK, Kota Depok

Full Text:

PDF

References


Adi, Isbandi Rukminto. 2008. Intervensi Komunitas : Pengembangan Masyarakat Sebagai Upaya Pemberdayaan Masyarakat. Jakarta: ajawali.

Afifuddin. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: CV Pustaka Setia.

Aida Vitayala S. Hubis, dkk. 2010. Komunikasi Inovasi. Jakarta: Universitas Terbuka

Allen, Center dan Scott Cutlip. 2006. Effective Public Relations. Jakarta: PT. Kencana Prenada Media Group.

AS, Enjang. 2005. Komunikasi Konseling. Bandung: Nuansa.

Canggara, Hafied. 2004. Pengantar Ilmu Komunikasi, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Creswell, J. W. 2010. Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogjakarta: PT Pustaka Pelajar.

Devito, Joseph. 2010. Komunikasi Antarmanusia. Tangerang Selatan: Karisma PublishingGroup.

Effendy, Onong Uchjana. 1986, Dinamika Komunikasi, Bandung: PT Remaja Rosdakarya,

Fahrudin, Adi. 2012. Pengantar Kesejahteraan Sosial. Bandung: Refika Aditama.

Hardjana, Agus M. 2003. Komunikasi intrapersonal dan interpersonal. Yoyakarta: Kanisius.

Irianto, Koes. 2014. Pelayanan Keluarga Berencana Dua anak cukup. Bandung: Alfabeta.

Kriyantono, Rachmat. 2008. Public Relations Writing: Teknik Produksi Media Public Relations dan Publisitas Korporat. Jakarta: Kencana.

Mardikanto, Totok. 2014. CSR (Corporate Social Responsibility) (Tanggungjawab Sosial Korporasi). Bandung: Alfabeta.

Maulana, Herdiyan & Gumgum Gumelar. 2013. Psikologi Komunikasi dan Persuasi. Jakarta: Akademia Permata.

Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Penerbit PT Remaja Rosdakarya.

Mulyana, Deddy. 2000. Ilmu Komunikasi, Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nazir, Moh. 1998. Metode Penelitian. Ghalia Indonesia. Jakarta.

Nova, Firsan. 2011. Crisis Public Relatons Bagaimana PR Menangani Krisis Perusahaan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Rachmadi, F. 2001. Public Relations dalam Teori dan Praktek. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Ritonga, Jamiluddin. 2005. Riset Kehumasan. Jakarta: PT.Grasindo.

Rogers, Everett M. 1995. Diffusion of Innovations (Fourth Edition). New York: The Free Press.

Rogers EM. dan Shoemakers F. Comunication of Inovation, Terjemahan oleh Hanafi A. 1987. Memasyarakatkan Ide-ide Baru. Surabaya : Usana Offset Printing.

Rumanti, Maria Assumpta. 2005. Dasar-dasar Public Relations : Teori dan Praktik. Jakarta: Grasindo.

Ruslan, Rosady. 2008. Manajemen Public Relations & Media. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Saud, Udin Syaefudin. 2014. Inovasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Schiffman, L & Kanuk. 2010. Perilaku Konsumen. Jakarta: PT. INDEK.

Soehartono, Irawan. 2011. Metode Penelitian Sosial, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Sugiyono. 2007. Metodologi Penelitian Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia.

Suharto, Edi. 2005. Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat. Bandung: Refika Aditama.

Sulistyani, Ambar Teguh. 2004. Kemitraan dan Model-Model Pemberdayaan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sulistyawati, Ari. 2013. Pelayanan Keluarga Berencana. Jakarta: Salemba Medika.

Sumodiningrat, Gunawan. 2003. Pengembangan Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat. Jakarta: PT. Bina Pariwara.

Widjaja, Amin. 2008. Dasar Dasar Customer Relationship. Management. Jakarta: Harvarindo.

Widjaja, HAW. 2003. Otonomi Desa Merupakan Otonomi Asli Bulat dan

Yulianita, Neni. 2000. Dasar-dasar Public Relations. Bandung: Pusat Penerbitan Universitas (P2U), LPPM Unisba.

Zubaedi. 2007. Wacana Pembangun Alternatif: Ragam Prespektif Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat. Jakarta: Ar Ruzz Media.




DOI: https://doi.org/10.32509/petanda.v4i1.1557

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

     


Recommended Tools :