Infrastruktur Politik Menuju Pilpres 2024 Dalam Konstruksi Media Sosial

Rambe Kamarul Zaman, Misnan Misnan

Abstract


Tujuan penelitian adalah ingin menunjukkan konstruksi infrastruktur politik Partai Golkar dalam membangun ketokohan Airlangga Hartarto sebagai calon presiden RI 2024. Subjek penelitian adalah para kader Kosgoro 1957 yang tergabung dalam grub Whatsapp PPK Kosgoro 57 masa bakti 2021-2026. Pendekatan penelitian menggunakan konstruktivis dengan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa infrastruktur politik Partai Golkar dengan platform kebangsaan memiliki positioning strategis di semua kalangan. Airlangga sebagai negarawan, secara kuat terbangun kapasistas dan kapabilitas kepempinannya dalam momentum penanggulangan COVID-19 serta keputusan-keputusan pembangkitan ekonomi yang konsisten. Infrastruktur lain adalah kelompok kepentingan yang dimiliki Golkar merupakan praktisi, pengusaha, intelektual yang setia pada Pancasila. Demikian pula kelompok penekan, yang sudah dirintis dari kampus, melalui sosialisasi Tri Dharma Kosgoro: Pengabdian, Kerakyatan, Solidaritas. Adapun infrastruktur yang masih dirasakan lemah adalah media politik.

Keywords


infrastruktur politik; konstruksi media sosial; kandidat presiden 2024

Full Text:

PDF

References


Berger dan Luckman Berger, Peter L. & Thomas Luckmannn. 1991. The Social Construction of Reality. England: Penguin Book.

Bungin, Burhan. 2008. Konstruksi Sosial Media Massa: Kekuatan Pengaruh Media Massa, Iklan Televisi dan Keputusan KOnsumen Serta Kritik Terhadap Peter L. Berger dan Thomas Luckmann. Kencana: Jakarta

Damsar. (2013), Pengantar Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Kencana. Hlm. 207

Dowdell, E.B., et.al. 2011. Original research: online social networking patterns among adolescents, young adults, and sexual offenders. American Journal of Nursing, Vol.111 (7), 28-36.

Fauzi. (2018). Komunikasi Politik Calon Legislatif dalam Memengaruhi Partisipasi Politik Masyarakat di Kabupaten Aceh Utara. Jurnal Pekommas. Vol. 3 No. 1, 63–78. STIKes Muhammadiyah Lhok-seumawe.

Hakim, Abdul dan Redi Panuju. (2019). Strategi Komunikasi Politik DPC PDI Perjuangan Surabaya Pada Pemilu Legislatif 2019. Sosiologi Reflektif. Volume 14, No. 1. Universitas dr Soetomo Surabaya.

Larasati, Suryanef. (2018). Strategi Partai Amanat Nasional dalam Memenangkan Pemilihan Umum Legislatif 2019 (Studi di Dapil II Kecamatan Dua Koto Kabupaten Pasaman). Journal of Civic Education. Volume 1 No. 4. Universitas Negeri Padang.

Maryani, E., & Arifin, H. S. (2012). Konstruksi Identitas Melalui Media Sosial. Journal of Communication Studies, 1((1)), 1–22.

Mawazi, Abd. Rahman. (2017). In Right: Jurnal Agama dan Hak Azazi Manusia. Vol. 6, No. 2.

Napitupulu, Raja H. (07 Jan 2021). Omnibus Law dan Komunikasi Publik Konsultan Komunikasi Independen. Opini E-paper Media Indonesia.

Scott, P. R., & Jacka, J. M. (2011). Auditing social media: A governance and risk guide. John Wiley & Sons.

Staksrud, E., Ólafsson, K., & Livingstone, S. (2013). Does the use of social networking sites increase children’s risk of harm? Computers in Human Behavior, 29(1), 40–50

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Hlm. 72.

Tamburaka, Apriadi. 2013. Agenda Setting Media Massa. Depok: PT Rajagrafindo Persada

Utama, Felldy. (29 Mei 2021). “PDIP Inginkan Pilpres 2024 Diikuti 2 Pasangan Calon Saja, Ini Alasannya”. OkeZone.com. https://nasional.okezone.com.




DOI: https://doi.org/10.32509/petanda.v4i1.1558

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

     


Recommended Tools :