Penerapan Akuntansi Lingkungan Pada Pengelolaan Limbah Rumah Sakit

Meiliyah Ariani, Zulhawati Zulhawati, Dimas Darmawan

Abstract


Studi ini bertujuan untuk mengetahui penerapan akuntansi lingkungan pada pengelolaan limbah dan perlakuan akuntansi terhadap biaya lingkungan di Rumah Sakit Umum Daerah Tanjung Priok. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan data primer. Teknik pengambilan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Rumah Sakit Umum Daerah Tanjung Priok telah melakukan pengelolaan limbahnya dengan baik. Proses pengumpulan dan pengemasan telah dilakukan sesuai dengan standar yang diatur oleh KEPMENKES RI Nomor 1204/MENKES/X/2004:3. Keberadaan saluran Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) sebagai upaya pencegahan dan mengurangi terjadinya limbah keluar dari proses produksi juga sudah dijalankan dengan baik, namun pengolahan limbah cair tersebut tidak maksimal. Pengolahan limbah cair di Rumah Sakit Umum Daerah Tanjung Priok masih memiliki kendala pada saluran Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) karena Rumah Sakit Umum Daerah Tanjung Priok masih menggunakan saluran Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) milik Puskesmas terdahulunya yang mengakibatkan beberapa limbah cair milik Rumah Sakit Umum Daerah Tanjung Priok tidak tertampung dan tidak terolah dengan baik.

Keywords


Akuntansi Lingkungan; Pengelolaan Limbah; Rumah Sakit

Full Text:

PDF

References


Chotijah, S., Muryati, D. T., & Mulyani, T. (2017). Implementasi Kebijakan Pengelolaan Limbah Rumah Sakit Di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Kota Semarang. Resources Policy, 7(1), 1–10.

Nasution, H., & Agustin, S. A. (2020). Analisis Aktivitas Dan Biaya Lingkungan Dalam Mewujudkan Green Accounting Pada Bumdes Setia Asih. Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2).

Parmawati, R. (2019). Valuasi Ekonomi Sumberdaya Alam & Lingkungan Menuju Ekonomi Hijau. Universitas Brawijaya Press.

Rikomah, S. E. (2017). Farmasi Rumah Sakit. Deepublish.

Sari, M. (2017). Analisis Penerapan Akuntansi Lingkungan Pada Rumah Sakit Umum Daerah Daya Makassar. Jurnal Riset Edisi XII, 3(001), 42–54.

Sugiyono, D. (2017). Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&D (3rd ed.). Alfabeta.

Sugiyono, P. D. (2017). Metode Penelitian Kualitatif (3rd ed.). Alfabeta.

Suhariono, & Hariyati, R. (2020). Manajemen Limbah Bahan Berbahaya Dan Beracun (Lb3) Di Fasilitas Pelayanan Kesehatan/Fasyankes. Uwais Inspirasi Indonesia.

Sunarto. (2016). Manajemen Lingkungan Rumah Sakit dalam rangka Mewujudkan Green Hospital. Proceeding Biology Education Conference, 13(1), 757–762.

Wijayanto, A., Winarni, E., & Mahmudah, D. S. (2021). Pengaruh Penerapan Akuntansi Lingkungan. 3(1), 99–136.




DOI: https://doi.org/10.32509/petanda.v3i2.1975

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

     


Recommended Tools :