Strategi Digital Marketing Communications Gym ‘Fortis Calisthenics’ Dalam Meningkatkan Engagement

Husniatul Jannah, Muhammad Saifulloh, Nunuk Prihatiningsih

Abstract


Seiring semakin meningkatnya penggunaan media sosial dewasa ini dan ketatnya persaingan di industri gym, membuat perusahaan tertarik melakukan strategi digital marketing communication untuk meningkatkan engagement. Khalayak begitu banyak terkena terpaan konten-konten digital di media sosial sehingga sulit untuk menyadari konten yang menarik dan unik. Oleh karena itu diperlukan suatu strategi yang tepat untuk mempengaruhi perhatian dan meningkatkan kesadaran khalayak online. Berdasarkan uraian permasalahan tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi digital marketing communication GYM ‘Fortis Calisthenics’ dalam meningkatkan engagement. Penelitian ini menggunakan model SOSTAC dan model RACE untuk membahas penelitian tentang strategi digital marketing. Pendekatan kualitatif dengan jenis penelitiannya deskriptif. Metode studi kasus. Pengumpulan data melalui wawancara mendalam. Analisis data kualitatif dengan mengkategorikan jawaban. Triangulasi data menggunakan triangulasi sumber dan teori. Temuan hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi digital marketing communication GYM ‘Fortis Calisthenics’ dalam meningkatkan engagement yakni mengacu pada konsep SOSTAC dan RACE. Strategi yang diterapkan yakni push strategy dengan secara aktif dan reguler memposting digital konten di media sosial Instagram dan TikTok untuk menarik perhatian dan meningkatkan engagement. Digital konten yang diposting mencakup monday workout, jadwal latihan, dan kegiatan lainnya. Saran penelitian: Sebaiknya tim media sosial GYM ‘Fortis Calisthenics’ lebih kreatif dan inovatif lagi didalam membuat konten agar terlihat menarik, seperti membuat konten cara hidup sehat dan konten tentang konsumsi makanan untuk olahraga Calisthenics sehingga hal ini dapat menambah pengetahuan penonton


Keywords


Strategi; Digital Marketing Communications; Engagement; Fortis Calisthenics

Full Text:

PDF

References


Baxter, L. A., & Babbie, E. (2018). The Basics of Communication Research.

Wadsworth/Thomson Learning.

Broom, G. M., & Sha, B.-L. (2013). Cutlip and Center’s Effective Public Relations.

Pearson Education, Inc.

Harahap, N. (2020). Medan: Wal ashri Publishing. Wal ashri Publishing.

Kriyantono, R. (2014). Teknik Praktis Riset Komunikasi Disertai contoh praktis riset media, public relations, advertising, komunikasi organisasi, komunikasi pemasaran. Prenada Media Kencana.

Ma, L., Lee, C. S., & Goh, D. H. L. (2014). Understanding news sharing in social media: An explanation from the diffusion of innovations theory. Online Information Review, 38(5), 598–615. https://doi.org/10.1108/OIR-10-2013-0239

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis: An expanded Sourcebook. Sage Publications, Inc.

Ou, C. X., Sia, C. L., & Hui, C. K. (2013). Computer-mediated communication and social networking tools at work. Information Technology and People, 26(2), 172–190. https://doi.org/10.1108/ITP-04-2013-0067

Rhoads, M. (2017). Face-to-face and computer-mediated communication: What does theory tell us and what have we learned so far? Journal of Planning Literature, 25(2), 111–122. https://doi.org/10.1177/0885412210382984

Wei, R. (2014). New Media and International Advertising. The Handbook of International Advertising Research, 161–183. https://doi.org/10.1002/9781118378465.ch9

Yin, R. K. (2015). Case study research: design and methods. Sage Publications, Inc.

Yin, R. K. (2016). Qualitative Research from Start to Finish. The Guilford Press.

Zappavigna, M. (2016). Social media photography: construing subjectivity in Instagram images. Visual Communication, 15(3), 271–292. https://doi.org/10.1177/1470357216643220




DOI: https://doi.org/10.32509/petanda.v5i1.3267

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

     


Recommended Tools :