Komunikasi Antarpribadi Mentor dan Mahasiswa dalam Meningkatkan Skill Mahasiswa melalui Program Magang ANTV

Nur Wulan Abiyah Kusumah, Radja Erland Hamzah, Adiella Yankie Lubis

Abstract


Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan studi fenomenologi dan pendekatan konstruktivisme sebagai teknik pengumpulan data secara wawancara mendalam dan terbuka. Teori yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teori komunikasi antarpribadi. Program magang memberikan berbagai kesempatan, dan tantangan kepada seluruh mahasiswa, sehingga mahasiswa mampu meningkatkan serta mengembangkan kreativitas, kepribadian, kapasitas diri, dan kemandirian untuk mencari ilmu baru melalui berbagai kenyataan dan dinamika dilapangan seperti pemecahan masalah, komunikasi, etika komunikasi,dan berkolaborasi dengan berbagai pihak eksternal dan internal. Persaingan dunia industri yang semakin ketat membutuhkan karyawan yang tidak hanya memiliki hardskill tetapi juga softskill. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengalaman komunikasi mentor dan mahasiswa/i dalam meningkatkan hardskill dan softskill mahasiswa/i melalui program magang. Hasil penelitian ini mendeskripsikan bagaimana makna tindakan, ucapan dan interaksi yang mendasari aktivitas kepemimpinan mentor saat membimbing mahasiswa dalam program magang agar mengetahui pengalaman komunikasi yang di rasakan, hambatan komunikasi dan gaya komunikasi serta menumbuhkan keinginan dan keterbukaan mahasiswa untuk melakukan komunikasi dengan lingkungan baru yang dapat meningkatkan hardskill dan softskill.


Keywords


Komunikasi Antarpribadi; Pengalaman Komunikasi; Fenomenologi; Hardskill dan Softskill.

Full Text:

PDF

References


Ahmad, Syarwani & Harapan, Edi. 2014. Komunikasi antarpribadi. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Alo Liliweri. 2015. Dasar-dasar Komunikasi Antarbudaya. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Badan Pusat Statistik Indonesia. (2021). Jumlah Perguruan Tinggi, Tenaga Pendidik dan Mahasiswa (Negeri dan Swasta) di Bawah Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi/Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Menurut Provinsi Tahun 2021. Badan Pusat Statistik Indonesia.

Banunaek, P. C., Aloysius, L., & Manafe, Y. D. (2021). Pengalaman Komunikasi Kelompok.

Jurnal Communio : Jurnal Jurusan Ilmu Komunikasi, 10(2).

Berger, Peter L. & Thomas Luckmann 1990. Tafsir Sosial atas Kenyataan: Risalah tentang Sosiologi Pengetahuan. Jakarta: LP3E.

Campbell, J. P. (1990). Modeling The Performance Prediction Problem in Industrial and Organizational Psychology. Palo Alto: Consulting Psychologists Press

Cornelia, H. (2022). Pengaruh Komunikasi Interpersonal Mentor Terhadap Produktivitas Kerja Mahasiswa Pada Program Magang Merdeka Tahun 2021 (Studi Pada Mahasiswa Universitas Sriwijaya). Skripsi Program Studi IlmuKomunikasi Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Sriwijaya 2022.

Epafras, F. (2022). Peranan Komunikasi Interpersonal Mentor dengan Mahasiswa Peserta Kampus Merdeka dalam Mencegah Resign. Acta Diurna Komunikasi, 4(3).

Eriyanto. (2012). Anlisis Framing: Komunikasi, Ideologi dan Politik Media. Yogyakarta: LKIS

Fajar, M. R., & Apriyanti, D. (2022). Pengaruh Kompetensi Sumber Daya Manusia Terhadap Kinerja Staf Tata Usaha Pada Kantor UPTD TK, SD, dan Pendidikan Non Formal Kecamatan Sumedang Selatan Kabupaten Sumedang. EKOMA: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, 1(2), 196–203.




DOI: https://doi.org/10.32509/petanda.v5i2.3270

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

     


Recommended Tools :