Representasi Makna Humor Dalam Live Tiktok Tante Lala Versi Hijab Bandung

Musthofa Alef Rizqi

Abstract


Komunikasi merupakan proses penyampaian pesan melalui media dari komunikator kepada komunikan, komunikasi sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari dimana tujuan komunikasi adalah keberhasilan komunikasi dari komunikator kepada komunikan. Komunikasi memainkan peran yang sangat penting dalam dunia bisnis ketika mempromosikan produk atau layanan kepada pelanggan potensial. Penelitian ini berjudul Representasi Makna Humor Dalam Live Tiktok Tante Lala Versi Hijab Bandung, Tujuan dari penelitian ini yaitu mengkonstruksi makna humor didalam live tiktok tante lala versi hijab Bandung, menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teori semiotic Ferdinand De Sausure yang menitik beratkan pada petanda (signifier) dan penanda (signified). Kesimpulan dari penelitian ini adalah Signifier (petanda) : Tante Lala selalu marah – marah kepada owner hijab, penonton dan juga dirinya sepanjang live streaming karena kesal tidak dapat menggunakan hijab yang sedang dipromosikan dan tidak ada penonton yang membantunya menggunakan hijab dengan benar. Signified (penanda) : Kemarahan tante Lala pada saat live dianggap sebuah humor dimana termasuk dalam jenis humor sinisme. Humor sinisme merupakan humor yang merendahkan orang lain, dimana terdapat orang yang direndahkan tante Lala dengan cara dimarahi. Dari hasil wawancara kesimpulan yang didapat adalah promosi yang menggunakan konsep humor di Indonesia sangatlah efektif. Sesuai dengan rata – rata karakter orang Indonesia yang memiliki selera humor dengan tingkat tinggi. Begitupun dengan melakukan promosi melalui media sosial TikTok.


Keywords


live tiktok; makna humor; semiotik; tante lala.

Full Text:

PDF

References


Basri, H. (2014). Using qualitative research in accounting and management. Journal of US-China Public Administration.

Hamzah, A. A. (2019). Makna Puisi Wiji Thukul dalam Film “Istirahatlah Kata-Kata” dengan Pendekatan Semiotika Ferdinand De Saussure. Jurnal Dakwah Dan Sosial.

Ibrahim. (2015). Penelitian Kualitatif. Equilibrium, 1–8.

Manser, J. (1989). Dictionary of Humor. In LosAngeles : Diego and Blanco Publisher Inc.

Morissan. (2013). Teori Komunikasi : Individu Hingga Masa (p. 135). kencana prenada media group.

Mulachela, H. (2022, January 12). Komunikasi adalah : Definisi, Unsur dan Tujuannya.

Katadata.Co.Id.




DOI: https://doi.org/10.32509/petanda.v5i2.3271

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

     


Recommended Tools :