Studi Resepsi Iklan Tvc Rokok U-Mild

Kurnia Rizky Hariyanto

Abstract


Adanya larangan untuk menampilkan contoh wujud rokok di layar televisi. Membuat para perusahaan Rokok mempromosikannya dengan cara menawarkan ideologi, gaya hidup, dan imaji yang digambarkan melalui tanda dan bahasa. Salah satunya dengan mengangkat simbol-simbol kejantanan atau maskulin pada iklan rokok di televisi. Untuk tetap bisa beriklan, agency periklanan U-Mild melakukan strategi dengan menciptakan iklan rokok kreatif. Iklan rokok U-Mild ini mengandung kode-kode para cowok. Maka penelitian ini berusaha mengetahui bagaimana analisis resepsi khalayak terhadap isi pesan pada Iklan TVC Rokok U-Mild Cowo tau Versi (“Peluk Boleh Lama Jangan” , “Harus Pinter Bagi Waktu”, “Makin Dekat Makin Nekat”). Penelitian ini menggunakan metode analisis resepsi dengan melakukan wawancara kepada responden yang telah memenuhi kriteria tertentu.Teori yang digunakan adalah Teori Encoding-decoding oleh Stuart Hall. Hasil menunjukkan bahwa terdapat 3 kategori resepsi dalam iklan U Mild pada penonton. Tujuh orang kategori Dominant Hegemonic, satu orang dalam kategori Negotiated, dan tidak ditemukan Narasumber pada posisi Oppositional.


Keywords


Iklan Rokok U Mild; Televisi; Analisis Resepsi; Encoding-Decoding.

Full Text:

PDF

References


Agnesia M.G. (2014). Studi resepsi perokok terhadap visualisasi peringatan kesehatan pada kemasan rokok.

Andriawan, F. (2018). Tempat Iklan Paling Efektif, Lewat Televisi Atau Media Sosial? Https://Www.Paper.Id.

Budyati, L. E. (2016). Konstruksi tubuh maskulin laki-laki.

Drianus, O. (2019). hegemonic masculinity wacana relasi gender dalam tinjauan psikologi sosial. Journal of Psychology, Religion, and Humanity, Vol. 1, No.

Haliza, S. N. (2019). Penerimaan Ibu Rumah Tangga Mengenai Identitas Perempuan di Acara Sinema Indosiar berjudul “Sahabatku Calon Istri Suamiku“ dan “Suamiku Direbut Pengasuh Anakku”.

Iqbal Agil Prasidda, Dra. Apriatni EP, M. S. (2015). Analisis pengaruh periklanan dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian konsumen pada rokok marlboro pt. Hm sampoerna tbk.

KPI. (2014). Edaran untuk Lembaga Penyiaran perihal Iklan Rokok. Kpi.Go.Id.

Lukitaningsih, A. (2013). Iklan Yang Efektif Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 13.

Luzar, L. C. (2015). Teori Konstruksi Realitas Sosial. Https://Dkv.Binus.Ac.Id.

Meilasari, Sri Hesti, U. W. (2020). Analisis Resepsi Khalayak Terhadap Isi Pesan Pada Iklan Wardah Cosmetics “Long Lasting Lipstic Feel The.

Moleong, L. J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif.

Nastiti, I. D. (2018). Pemaknaan khalayak terhadap konstruksi hybrid masculinity.

Novi kurnia. (2004).

Representasi Maskulinitas dalam Iklan.

Octaningtyas, Vi. (2017). Representasi maskulinitas boyband dalam video klip.

okezone. (2020). 16 Negara dengan Jumlah Perokok Terbanyak di Dunia, Ada Indonesia! Economy.Okezone.Com.

Pramoesiwi, H. (2016). Pemerintah Dan Film Dokumenter ( Studi Kualitatif Pemaknaan Pejabat Pemerintah Kota Yogyakarta atas Film Dokumenter “ Belakang Hotel ”).

Primasari, W. (2016). Pemaknaan mahasiswa ilmu komunikasi terhadap media siber. Jurnal Makna, volume 1.

Putu Krisdiana Nara Kusuma, I. K. N. (2017). Analisis semiotika Roland Barthes pada ritual otonan di bali.

Riznanda, R. (2009). Representasi “Cowo” Dalam Iklan Rokok U-Mild Vesi “Ini Baru Cowo.” Littlejohn, 409.

Samuel Gilbert Linggosiswojo. (2016). Representasi Maskulinitas dalam Iklan Televisi U-Mild “Kode cowo.”

Sulistyaningrum, P. A. (2019). Analisis resepsi komunitas semoc (semarang outlet community) terhadap isi pesan pada iklan axis versi “gggg” di televisi.

Suprapto, T. (2009). Pengantar teori dan manajemen komunikasi.

Suryani, A. (2013a). Analisis Resepsi Penonton Atas Popularitas [24] Instan Video Youtube ‘Keong Racun’ Sinta Dan Jojo.

Suryani, A. (2013b). Analisis resepsi penonton atas popularitas instan video youtube ‘keong racun’ [23] sinta dan jojo. The messanger, Volume V.

Susanti, B. (2014). Analisis Resepsi Terhadap Rasisme Dalam Film (Studi Analisis Resepsi Film 12 Years A Slave pada Mahasiswa Multi Etnis).

Sussieyeni, A. (2018). Analisis Semiotik Perubahan Persepsi Maskulinitas dalam Iklan Minuman Suplemen Indonesia.

Suwardikun, D. W. (2009). Persuasi Visual pada Iklan Rokok, antara Regulasi dan Menyiasati. Ndmilverton.Livejournal.Com.

Syulhajji. (2017). Representasi Maskulinitas Dalam Film Talak 3 (Studi Analisis Semiotika Roland Barthes).

Triana, N. (2014). Perancangan iklan televisi sebagai media promosi j.six cafe di padang.

Trilaksa, A. (2020). Strategi Digital Advertising Pecatu House Di Media Sosial Instagram.

Tunshorin, C. (2016). Analisis Resepsi Budaya Populer Korea Pada Eternal Jewel Dance Community Yogyakarta.

Zainak, A. (2012). Penelitian Pendidikan - Metode dan Paradigma Baru.




DOI: https://doi.org/10.32509/petanda.v4i2.3276

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

     


Recommended Tools :