Implementasi Kebijakan Unit Layanan Disabilitas Bidang Ketenagakerjaan Di Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Tangerang

Bella Alizah, Mawar Mawar

Abstract


Individu dengan disabilitas sering kali diperlakukan secara berbeda dan dipandang negatif oleh orang lain di sekitarnya. Hal ini terutama terjadi di tempat kerja, di mana penyandang disabilitas dipandang sebagai orang yang tidak kompeten dan tidak banyak menghasilkan. Penyandang disabilitas memiliki akses yang terbatas terhadap informasi pekerjaan, kesempatan kerja formal, dan pengembangan keterampilan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah, meskipun Disnakertrans Kabupaten Tangerang telah melakukan tugasnya dengan sangat baik, namun hasil yang didapatkan di lapangan belum ideal, seperti yang terlihat dari hambatan-hambatan yang ada dan kurangnya bantuan dari variabel lingkungan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengevaluasi bagaimana Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Tangerang dalam mengimplementasikan kebijakan tentang unit layanan disabilitas. Kebijakan yang diidealkan, kelompok sasaran, organisasi pelaksana, dan kondisi lingkungan merupakan komponen teori implementasi kebijakan Thomas B. Smith yang digunakan dalam penelitian ini. Kebijakan yang diidealkan, kelompok sasaran, organisasi pelaksana, dan keadaan lingkungan merupakan komponen utama dari teori implementasi kebijakan Smith. Penelitian ini menggunakan metodologi deskriptif dengan fokus kualitatif. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa meskipun terdapat pola kolaborasi dan komunikasi yang ideal dalam indikator kebijakan, banyak perusahaan yang tetap menolak untuk mempekerjakan penyandang disabilitas, Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Tangerang kekurangan tenaga kerja penyandang disabilitas sedangkan penyandang disabilitas pada usia produktif dan belum bekerja cukup tinggi. Pada indikator kelompok sasaran, ditemukan karakteristik pelaksana kebijakan yang masih menjalankan tugasnya dengan produktif tanpa banyaknya tuntutan dari pelaksana kebijakan. Pada indikator organisasi pelaksana, tidak adanya standard operating procedure (SOP) dan Key Performance Indicators (KPI) yang menjadi indikator untuk melihat karakteristik pelaksana kebijakan dalam kedisiplinanan dan ketaatan dalam mengemban tugasnya. Pada indikator faktor lingkungan, dilihat dari kondisi sosial, ekonomi, dan politik, ketiganya belum turut mendorong keberhasilan implementasi kebijakan.


Keywords


Impelementasi Kebijakan, Tenaga Kerja, Penyandang Disabilitas.

Full Text:

PDF

References


Agustino. L,. 2008. Dasar –Dasar Kebijakan Publik. Bandung: Alfabeta

Amelia, M., Handoko, R., & Widodo, J. (2022, August). Implementasi Kebijakan Rehabilitas Sosial Penyandang Disablitias Di Lingkungan Kabupaten Sidoarjo. In Seminar Nasional Hasil Skripsi (Vol. 1, No. 01, pp. 201-205).

Allo, E. A. T. (2022). Penyandang Disabilitas di Indonesia. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 9(3), 807-812.

Bachri, B. S. (2010). Meyakinkan validitas data melalui triangulasi pada penelitian kualitatif. Jurnal teknologi pendidikan, 10(1), 46-62.

Cahyani, A. R. (2022). Implementasi Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 Tentang Penyandang Disabilitas Dalam Pelayanan Hak Penyandang Disabilitas (Studi Forum Komunikasi Keluarga Anak Dengan Kecacatan (FKKADK) (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau).

Dewi, R. K., Pramana, R. P., Sadaly, H., Dewi, R. K., Pramana, R. P., & Sadaly, H. (2020). Kendala Mewujudkan Pembangunan Inklusif Penyandang Disabilitas. The SMERU Research Institute.

Feis, I. (2009). Implementasi kebijakan: perspektif, model dan kriteria pengukurannya. Gema Eksos, 5(1), 218199.

Hidayatullah, F. and Noer, K.U., 2021. Implementasi Kebijakan Rekrutmen Tenaga Kerja Disabilitas Tunanetra di BUMD DKI Jakarta. DE LEGA LATA: Jurnal Ilmu Hukum, 6(2), pp.406-422.

Juliana, J., & Priyadi, B. P. (2021). Strategi LSM Dalam Implementasi Kebijakan Pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas Bidang Tenaga Kerja Berdasarkan Prespektif Kekuasaan dan Kepentingan Di Kota Semarang. Journal of Public Policy and Management Review, 10(2), 1-15.

Jogiyanto Hartono, M. ed., 2018. Metoda Pengumpulan dan Teknik Analisis Data. Penerbit Andi.

Karim, M. A. (2018). Implementasi Kebijakan Pemenuhan Hak-Hak Penyandang Disabilitas di Kota Makassar. Government: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 86- 102.

Lantari, R., & Fristikawati, Y. (2019). Pengaturan Tentang Akses Pekerjaan Bagi Penyandang Disabilitas. Jurnal Paradigma Hukum Pembangunan, 4(01), 55- 68.

MZ, R. P. (2023). Implementasi Kuota Tenaga Kerja Penyandang Disabilitas Guna Mewujudkan Pemenuhan Hak Bekerja:(Study Perusahaan-Perusahaan di Kota Tangerang). Entrepreneur: Jurnal Bisnis Manajemen dan Kewirausahaan, 4(1), 23-32.

Prasetya, D., Djamhari, E. A., & Layyinah, A. (2022). Kebijakan Kuota dan Peningkatan Partisipasi Penyandang Disabilitas dalam Pasar Kerja: Jauh Panggang dari Api?.

Rohman, Y. F. (2019). Tantangan Bagi Penyandang Disabilitas Penglihatan dalam Mengakses Pekerjaan. Indonesian Journal of Religion and Society, 1(1), 51- 66.

Raditia, T. G. A. S., & Yustiawan, D. G. P. (2020). Pemenuhan Hak-Hak Tenaga Kerja Penyandang Disabilitas Yang Bekerja Pada Yayasan Di Bali. Kertha Semaya: Journal Ilmu Hukum, 8(12), 1845-1852.

Razak, I. M. R. R., Abdussamad, Z., IP, S., Nurdiansyah, W., Sos, S., Ramdani, A., ... & Sumarni, S. (2021). Reformasi Administrasi Publik. Media Sains Indonesia

Sadri, H., & Muchtar, H. (2021). Ketenagakerjaan Bagi Penyandang Disabilitas di Kota Padang. Journal of Civic Education, 4(2), 114-121.

Sari, R. P., & Rahayu, A. Y. S. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Implementasi Kebijakan Penyelenggaraan Mal Pelayanan Publik. Perspektif, 10(1), 230-238.

Triana, F. U., & Astuti, R. S. (2022). Determinan Implementasi Kebijakan Pemenuhan Hak Ketenagakerjaan Bagi Penyandang Disabilitas di Kota Semarang. Journal of Public Policy and Management Review, 11(1), 66-82.

Widinarsih, D. (2019). Penyandang disabilitas di indonesia: perkembangan istilah dan definisi. Jurnal Ilmu Kesejahteraan Sosial, 20(2), 127-142.

Wiraputra, A. D. (2021). Perlindungan Hukum Terhadap Pekerja Penyandang Disablititas. Dharmasisya, 1(1), 19




DOI: https://doi.org/10.32509/petanda.v6i1.3801

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

     


Recommended Tools :