Evaluasi Peraturan Gubernur Tentang Standar Pelayanan Minimal Layanan Angkutan Umum Transjakarta Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Fadhli Hibatullah, Mawar Mawar

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis Evaluasi Peraturan Gubernur Tentang Standar Pelayanan Minimal Layanan Angkutan Umum Transjakarta. Dalam penelitian ini menggunakan teori William Dunn yaitu, efektivitas, efisiensi, kecukupan, perataan, responsivitas, dan ketepatan. Metode penelitian ini yaitu deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian ini indikator efektivitas sudah sesuai dengan tujuan karena para pelaksana kebijakan yang bersinegritas dalam melaksanakan kebijakan standar pelayanan minimal. Indikator efisiensi pemberlakuan tarif sudah berprinsip efisien lalu kebijakan standar pelayanan minimal bersumber dari APBD Jakarta diberikan dalam bentuk subsidi layanan Transjakarta bilamana ada temuan maka ada pemotongan subsidi dari Dishub. Indikator kecukupan sudah sesuai dan mendapati hasil yang ideal dengan catatan pada aspek pelayanan keteraturan karena terjadi ketidaksesuaian headway. Indikator perataan belum sesuai dengan catatan bahwa perataan kebijakan standar pelayanan minimal belum mencapai nilai mutlak. Indikator responsivitas belum sesuai dengan catatan masih belum banyak menyentuh titik- titik kebutuhan masyarakat dan bentuk penanganan aspirasi sudah sesuai melalui metode yang ditetapkan Transjakarta. Indikator ketepatan sudah sesuai dan tepat pada pelaksanaanya artinya sudah dilaksanakan sebaik-baiknya dan manfaat dari kebijakan sudah memberikan ketepatan walaupun belum signifikan.


Keywords


Evaluasi Kebijakan, Standar Pelayanan Minimal, Angkutan Umum

Full Text:

PDF

References


Agustino, L. (2006). Dasar-Dasar Kebijakan Publik. Bandung. CV. Alfabeta, 7.

Ariostar, A., Muttaqin, A. W., Adriadi, A., Andiyan, A., & Irawan, S. (2022). Implementasi Standar Pelayanan Minimal Bus Trans Metro Bandung Koridor 1. Jurnal Komposit, 6(1), 9. https://doi.org/10.32832/komposit.v6i1.6697

Arista, P. W. (2018). Implementasi Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 27 Tahun 2015 Tentang Standar Pelayanan Minimal Angkutan Massal Berbasis Jalan di Kota Tangerang. 6, 1–9.

Dunn, W. (1999). Pengantar Analisis Kebijakan Publik.

Effendy, O. U. (1989). Kamus Komunikasi. Mandar Maju. https://books.google.co.id/books?id=teQ5AAAAMAAJ

Florentine, Pramesti. Dwimawanti, Ida. Djumiarti, T. (2019). KUALITAS PELAYANAN TRANSJAKARTA MELALUI PERATURAN GUBERNUR PROVINSI DKI JAKARTA NO. 13 TAHUN 2019 TENTANG STANDAR PELAYANAN MINIMAL LAYANAN ANGKUTAN UMUM TRANSJAKARTA PADA KORIDOR 13 (CILEDUG-TENDEAN). 13(13).

Hamdy, A., Realiza, & Ferdiansyah, A. (2019). Kajian Pengembangan Layanan Pengguna Jasa Transjakarta Pada Rute Cileduk – Tendean. Jurnal Manajemen Bisnis Transportasi Dan Logistik (JMBTL), 5(2), 239–250.

Hasanuddin, U., Sipil, J. T., Tarumanagara, U., Pelayanan, K., & Kepuasan, T. (2017). Analisis Standar Pelayanan Minimum. 6(November), 4–5.

Hidayat S. (2022). Standar Pelayanan Penumpang Angkutan PenyeberanganPada Pelabuhan PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Ujung Surabaya. Jurnal Ilmiah Manajemen Publik Dan Kebijakan Sosial, 6(1), 87–107.

Kurniawan, I. A. (2019). Implementasi Kebijakan Transportasi Publik Bus Transjakarta (Busway) Dalam Rangka Mengurangi Kemacetan. Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi, 9(1), 1–24. https://doi.org/10.33592/jiia.v9i2.258

Muzammil, kevin, Junita Koesoemawati, D., & Kriswardhana, W. (2019). Evaluasi Standar Pelayanan Minimum dan Tingkat Kepuasan Penumpang di Terminal Angkutan Umum Tawang Alun Jember. Rekayasa Sipil, 13(2), 89–96. https://doi.org/10.21776/ub.rekayasasipil.2019.013.02.2

Patton, C., Sawicki, D., & Clark, J. (2012). Basic Methods of Policy Analysis and Planning. In Jennifer Clark. https://doi.org/10.4324/9781315664736

Prasetyo, D., & Andry, H. (2019). Pelaksanaan Standar Kesetaraan Pelayanan Minimal Angkutan Umum Massal Berbasis Jalan Pada Bus Trans Metro Pekanbaru. PUBLIKA : Jurnal Ilmu Administrasi Publik, 5(1), 55–71. https://doi.org/10.25299/jiap.2019.vol5(1).3607

Sugiyono. (2008). Metode penelitian pendidikan: (pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D). Alfabeta. https://books.google.co.id/books?id=0xmCnQAACAAJ

Supono, S. (2020). Model Penilaian Kapabilitas Proses Layanan Service Level Agreement (SLA) Pada Cloud Computing. Jurnal Sains Dan Informatika, 6(1), 62–71. https://doi.org/10.34128/jsi.v6i1.209

Winarno, B., & Ismawan, I. (2002). Teori dan proses kebijakan publik. Media Pressindo. https://books.google.co.id/books?id=tfZTYgEACAAJ

Zulkarnain, M. I., Hariyani, S., Setyono, D. A., Trayek, K. B., & Bus, S. (2022). STRATEGI PENGEMBANGAN PELAYANAN BUS SEKOLAH KABUPATEN TULUNGAGUNG ( STUDI KASUS : TRAYEK TULUNGAGUNG-NGUNUT DAN TULUNGAGUNG-BANDUNG ) Sekolah Trayek Tulungagung-Ngunut dan Bus. Planing Urban Region, 11(April), 29–40.




DOI: https://doi.org/10.32509/petanda.v6i1.3802

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

     


Recommended Tools :