Gaya Bahasa Humor Satire Politik Komedi Stand Up Comedian Bintang Emon Dalam Konten Reels Instagram

Indra Fajar Ramadhan, Ardan Achmad

Abstract


Pada masa kini, komedi tidak hanya memaikan peran sebagai media hiburan untuk melepas beban psikologis dan ketegangan saja, namun telah berevolusi menjadi kemasan baru bagi kritik sosial, seperti yang dilakukan oleh Bintang Emon sebagai salah satu public figure yang seringkali bersuara di media sosial lewat konten nya yang berbentuk humor satire. Penelitian ini bertujuan untuk memaknai tiap tutur bahasa satire Bintang Emon dan menganalisis setiap tanda yang tergabung dalam video reels dalam akun @bintangemon pada media sosial Instagram. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan menggunakan analisis semiotika Charles Pierce. Proses pengambilan data dilakukan dengan cara mengamati dan mengambil gambar secara langsung dengan hasil beberapa potongan adegan untuk mencari setiap tanda yang ada dalam video, dan ungkapan satire berupa parodi yang diungkapkan oleh Bintang Emon. Hasil penelitian ini menyimpulkaln balhwal Bintalng seringkalli menggunalkaln saltire yalng bersifalt ironi nalmun di kemals secalral visuall dengaln palrodi, daln dalri semual itu merupalkaln saltu kesaltualn yalitu sebualh kritikaln terhaldalp beberalpal objek-objek terkalit yalng menjaldi perhaltialn.


Keywords


Instagram Reels; Satire; Bintang Emon

Full Text:

PDF

References


Ferdiansyah, M. A. (2020). Analisis Resepsi Satire Pada Konten Atta Halilintar Dalam Video Majelis Lucu Indonesia Segmen Debat Kusir #4: Atta Halilintar Tidak Bersalah!!! Aspikom Jatim, 1(September), 31–42.

Fillamenta, N. (2023). Analsis Karakter Tokoh Utama Dalam Film Serial Live ActionOne Piece Karya Eiichiro Oda. Jurnal Seni Drama Tari Dan Musik, 6(2), 60–70.

Listiyorini, A. (2017). Wacana Humor Dalam Meme di Media Online Sebagai Potret Kehidupan Sebagian Masyarakat Indonesia. Litera, 16(1), 64–77.

Moleong, L. J. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nastiti, L. N. (2014). KRITIK SOSIAL DALAM KOMEDI (Studi Kasus Stand-Up Comedy di Kalangan Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Jakarta). Jakarta: Program Studi Sosiologi Konsentrasi Sosiologi Pembangunan FIS UNJ.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suprayuni, D., & Juwariyah, A. (2019). Humor Dan Satire Kartun Media Massa Sebagai Komunikasi Visual Di Era Disrupsi. Avant Garde, 7(2), 187–202. https://doi.org/10.36080/ag.v7i2.919

Wafi, M. A., Suryana, C., & Fakhruroji, M. (2020). Persepsi Mahasiswa Jurnalistik Mengenai Kritik Satire pada Program Mr. Kece Opini. id. Annaba: Jurnal Ilmu Jurnalistik, 3(3), 89–108.

Yulianti, N. (2019). Satire Sebagai Praktik Jurnalisme Komedi (Analisis Semiotik Artikel Berlabel #2019GantiPresiden pada Mojok.co). UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Yuniarti, N. (2014). Implikatur Percakapan Dalam Percakapan Humor. Jurnal Pendidikan Bahasa, 3(2), 225–240.




DOI: https://doi.org/10.32509/petanda.v6i2.4199

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

     


Recommended Tools :