Pengalaman Komunikasi Gen Z Dalam Mengakses Konten Pornografi Melalui Akun Alter Pada Media Sosial Twitter (X)

Muhammad Fadillah Syaer, Radja Erland Hamzah, Hamsinah Hamsinah

Abstract


Beberapa aspek dengan pengalaman komunikasi Gen Z dalam mengakses konten pornografi melalui akun alter pada media sosial Twitter (X). Seperti memahami motif Gen Z dalam menggunakan akun alter untuk mengakses konten pornografi, termasuk alasan dibalik penggunaan akun alter dan preferensi jenis konten yang dicari. Selain itu, penelitian ini ingin memahami pengalaman komunikasi yang dilakukan oleh Gen Z seperti mengakses, mencari dan berinteraksi dengan konten pornografi di media sosial Twitter (X). Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif serta paradigma konstruktivisme. Metode penelitian ini menggunakan fenomenologi untuk mendapatkan gambaran dari subjek yang ingin diteliti atau ketahui berdasarkan pada diri subjek yang ingin diteliti. Data penelitian yang digunakan melibatkan wawancara, observasi, dan studi pustaka. Hasil penelitian ini menunjukkan pemahaman yang lebih mendalam tentang dampak psikologis, motivasi, serta mekanisme komunikasi yang terjadi di antara Gen Z dalam konteks penggunaan media sosial Twitter (X) untuk mengakses konten pornografi. Dengan demikian, penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pemahaman yang lebih komprehensif tentang peran media sosial dalam pengalaman komunikasi Gen Z terkait akses konten pornografi dan implikasinya kepada psikologis dan emosional mereka.


Keywords


Pengalaman Komunikasi; Gen Z; Cybersex; Akun Alter; Twitter.

Full Text:

PDF

References


Irawati, D. (2021). Positivisme, Pospositivisme, Teori Kritis, dan Konstruktivisme dalam Perspektif “Epistemologi Islam.” Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4, 8. https://doi.org/https://doi.org/10.54371/jiip.v4i8.358

Juditha, C. (2020). Perilaku Cybersex pada Generasi Milenial. Jurnal Pekommas, 5(1), 47–58. https://doi.org/10.30818/jpkm.2020.2050106

Lonyka, T., & Ambarwati, K. D. (2021). The Relationship between Emotional Intelligence a nd Cybersex Behaviour in College Students who Play a s Role Player in Social Media Platform: Twitter. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konselling Undiksha, 12, 3. https://doi.org/10.23887/jibk.v12i3.37818

Lubis, A. H., & Dasopang, M. D. (2020). Pengembangan buku cerita bergambar berbasis augmented reality untuk mengakomodasi generasi z. Jurnal Pendidikan, Vol 5(No 6), 780–791. https://repo.uinsyahada.ac.id/758/

Muhammad, N. (2023). Kominfo Blokir 1,9 Juta Konten Pornografi di Internet RI, Terbanyak dari Website. 19/09. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/09/19/kominfo-blokir-19-juta-konten-pornografi-di-internet-ri-terbanyak-dari-website

Nizha, M. (2019). Konsep Diri Alter Ego Di Media Sosial (Studi Fenomenologi Konsep Diri Pengguna Akun Alter Ego Memposting Foto Seksi di Twitter dalam Menunjukkan Identitasnya yang Berbeda di Kota Bandung). https://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2075/

Nuryana, A. (2019). PENGANTAR METODE PENELITIAN KEPADA SUATU PENGERTIAN YANG MENDALAM MENGENAI KONSEP FENOMENOLOGI. Ensains Journal, 2(1), 19. https://www.researchgate.net/publication/330754924_PENGANTAR_METODE_PENELITIAN_KEPADA_SUATU_PENGERTIAN_YANG_MENDALAM_MENGENAI_KONSEP_FENOMENOLOGI

Rafi, S. Y., Hamzah, R. E., & Pasaribu, M. (2021). Pengalaman Komunikasi LGBT Genarasi Z Melalui Media Sosial. Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Humaniora, Vol 4(No 1). https://doi.org/https://doi.org/10.32509/petanda.v4i1.1841

Saifulloh, M., & Ernanda, A. (2018). MANAJEMEN PRIVASI KOMUNIKASI PADA REMAJA PENGGUNA AKUN ALTER EGO DI TWITTER. 17, 02. https://journal.moestopo.ac.id/index.php/wacana/article/view/652/343

Suhrawardi. (2022). HUBUNGAN PAPARAN PORNOGRAFI MELALUI ELEKTRONIK TERHADAP PERILAKU SEKSUAL REMAJA. Jurnal Inovasi Penelitian, 3, 7. https://stp-mataram.e-journal.id/JIP/article/view/2208/1841

Zahran, A. G. (2023). ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TWITTER SEBAGAI SARANA CYBER PORNOGRAPHY Afif Ghani Zahran. https://sitasi.upnjatim.ac.id/index.php/sitasi/article/view/381

Zis, S. F., Effendi, N., & Roem, E. R. (2021). Perubahan Perilaku Komunikasi Generasi Milenial dan Generasi Z di Era Digital. Jurnal Satwika, Vol 5(1), 69–87. https://ejournal.umm.ac.id/index.php/JICC/article/view/15550/9057




DOI: https://doi.org/10.32509/petanda.v7i1.4727

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

      


Recommended Tools :

 

 

Petanda: Jurnal Ilmu Komunikasi dan Humaniora

LPPM, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: +6282137118246 (Chat Only)

email: petanda@jrl.moestopo.ac.id