Implementasi Cyber Public Relations Alta Global School Dalam Membangun Kepercayaan Orang Tua

Widyananda Shapira, Lathifa Prima Ghanistyana, Salsa Juliansa, Abel Gita Zahran, Hilyah Lasiyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi implementasi strategi Cyber Public Relations oleh Alta Global School (AGS) dalam membangun kepercayaan orang tua terhadap institusi pendidikan. Permasalahan utama yang diangkat adalah bagaimana komunikasi digital dapat memperkuat citra sekolah dan menciptakan keterlibatan orang tua secara aktif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Kerangka teori yang digunakan adalah Trust Theory oleh Mayer, Davis, dan Schoorman, yang menyoroti tiga elemen utama dalam membangun kepercayaan: ability, benevolence, dan integrity. Hasil penelitian menunjukkan bahwa AGS berhasil memanfaatkan berbagai kanal digital seperti media sosial, situs web, webinar, dan testimoni alumni untuk menyampaikan informasi secara transparan, interaktif, dan konsisten. Upaya ini mampu memperkuat citra profesional dan kepedulian sekolah, serta membangun kepercayaan orang tua dalam konteks persiapan pendidikan internasional. Strategi Cyber PR menjadi alat strategis dalam membina relasi jangka panjang dan meningkatkan reputasi institusi di era digital.


Keywords


Cyber Public Relations; Komunikasi Digital; Kepercayaan Orang Tua; Strategi Sekolah; Reputasi Institusi.

Full Text:

PDF

References


Alifah, S. (2021). Peningkatan Kualitas Pendidikan Di Indonesia Untuk Mengejar Ketertinggalan Dari Negara Lain. CERMIN: Jurnal Penelitian, 5(1), 113. https://doi.org/10.36841/cermin_unars.v5i1.968

Apriliani, S. R. (2020). Computer-Mediated Communication sebagai Sarana Presentasi Diri Guru PAUD. PETANDA: Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Humaniora, 2(2), 80–94. https://doi.org/10.32509/jhm.v2i2.1029

Arikunto, S. (2021). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). Rineka Cipta.

Devy, R. S. I., Rahim, F., & Maknin, N. A. K. (2023). Sinergitas Guru PAI dengan Orang Tua Siswa dalam Penanaman Akhlak di MTs Muhammadiyah 5 Bawean Gresik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(4), 1990–2002. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i4.1607

Indiaty, M. D. (2024). AKTIVITAS CYBER PUBLIC RELATIONS DALAM PENGELOLAAN MEDIA SOSIAL TIKTOK @MEGRASHYWEDDINGPLANNER. 11(1), 1–14.

Mammadova, T., & Allen, T. J. (2024). Reviving global mobility: Exploring traditional and virtual study abroad management. Research in Comparative and International Education, 19(4), 395–401. https://doi.org/10.1177/17454999241297826

Moleong, L. J. (2021). Metodologi Penelitian Kualitatif. Rosdakarya.

Prisanti, A., & Khamidi, A. (2023). Upaya Pengembangan Citra Sekolah Melalui Media Sosial Di Sdn Wiyung I / 453 Surabaya. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 11(01).

Riyanto, A. D. (2023). Hootsuite (We are Social): Indonesian Digital Report 2023. Andi.Link. https://andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report-2023/

Sella. (2025). Ketidakpuasan Warga Indonesia, Tren #KaburAjaDulu Viral di Media Sosial. Extama. https://www.lpmextama.com/ketidakpuasan-warga-indonesia-tren-kaburajadulu-viral-di-media-sosial/?utm_source=chatgpt.com

Sidqiyah, N., Arief, M., & Hamzah, R. E. (2021). Kegiatan Public Relations Melalui Instagram @im_roadrunner Dalam Mempromosikan Event Virtual Run. Jurnal Cyber PR, 1(2), 114–125. https://doi.org/10.32509/cyberpr.v1i2.2829

Sugiyono, P. D. (2022). METODE PENELITIAN KUALITATIF. ALFABETA BANDUNG.




DOI: https://doi.org/10.32509/petanda.v7i2.5231

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

       


Recommended Tools :

 

 

Petanda: Jurnal Ilmu Komunikasi dan Humaniora

LPPM, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: +6282137118246 (Chat Only)

email: petanda@jrl.moestopo.ac.id