Konten Instagram @Internetbaik Dalam Meningkatkan Literasi Digital Pelajar SMAN 2 Medan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konten akun Instagram @internetbaik dalam meningkatkan literasi digital siswa di SMA Negeri 2 Medan. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis isi, penelitian ini mengevaluasi efektivitas konten edukatif yang dipublikasikan antara Januari 2024 hingga Maret 2025. Fokus analisis mencakup infografik dan video edukasi yang diunggah oleh akun tersebut. Temuan menunjukkan bahwa tema utama yang paling sering diangkat adalah etika berinternet, diikuti oleh keamanan digital. Sementara itu, konten anti-hoaks hanya muncul satu kali selama periode pengamatan. Berdasarkan tanggapan siswa, konten video dinilai lebih efektif dalam menyampaikan pesan literasi digital karena lebih menarik dan mudah dipahami. Namun demikian, infografik tetap diapresiasi karena ringkas, padat, dan informatif. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa akun @internetbaik memiliki peran positif dalam mendukung peningkatan literasi digital siswa, meskipun masih terdapat ruang untuk pengembangan, terutama dalam hal keberagaman topik serta peningkatan kualitas visual dan desain konten. Oleh karena itu, disarankan agar pengelola akun lebih memperhatikan variasi materi dan strategi visual agar pesan literasi digital dapat tersampaikan secara lebih optimal.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andoro, B., & Nugrahanti, F. (2022). Analisis Literasi Digital Pengikut Instagram @komsosbanyumanik. DoubleClick: Journal of Computer and Information Technology, 6(1), 33. https://doi.org/10.25273/doubleclick.v6i1.10498
David Bawden. (2008). Origins and Concepts of Digital Literacy. Digital Literacies - Concepts, Policies, and Practices, 17–32.
Gilster, P. (1999). Digital_Literacy gilster. Meridian: A Middle School Computer Technologies Journal, 141. https://www.academia.edu/1354072/Digital_Literacy?bulkDownload=thisPaper-topRelated-sameAuthor-citingThis-citedByThis-secondOrderCitations&from=cover_page
Kaplan, A. M., & Haenlein, M. (2010). Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media. Business Horizons, 53(1), 59–68. https://doi.org/10.1016/j.bushor.2009.09.003
Krippendorff, K. (1980). Validity in Content Analysis. Computerstrategien Für Die Kommunikationsanalyse, 69–112. http://repository.upenn.edu/asc_papers/291
Kurnia, A., & Cempaka, L. (2023). Literasi Digital Bagi Pelajar: Bijak Bermedia Sosial Dan Cerdas Memanfaatkan Media Massa (Studi Kasus Konten Makanan Di Smk Merah Putih Bekasi). Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin, 6(3), 287–299. https://doi.org/10.36341/jpm.v6i3.3089
Lee, J. K., Park, J. W., Kim, Y. H., & Baek, S. H. (2012). Association between PAX9 single-nucleotide polymorphisms and nonsyndromic cleft lip with or without cleft palate. In Journal of Craniofacial Surgery (Vol. 23, Issue 5). https://doi.org/10.1097/SCS.0b013e31824e27c7
Nafsyah, A. S., Maulidyah, S. R., Nurlia, A. S., & Adhyanti, W. P. (2022). Analisis Konten Media Sosial Instagram By.U Sebagai Media Penyebaran Informasi & Komunikasi. MASSIVE: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(2), 1. https://doi.org/10.35842/massive.v2i2.57
Palazzolo, D. J. (2023). Research Methods. Experiencing Citizenship: Concepts and Models for Service-Learning in Political Science, 109–118. https://doi.org/10.4324/9781003444718-9
Putra, K. A. M., & Astina, K. A. D. (2019). Pemanfaatan Media Instagram Multiple Post Sebagai Sarana. Jurnal Nawala Visual, 1(2), 113–121.
Rusmiati, E. T., Angellia, F., Pranawukir, I., Winata, N. P., & Fazri, F. (1957). Petanda : Jurnal Ilmu Komunikasi dan Humaniora Dakwah Digital Berbasis Kecerdasan Buatan : Penerapan IndoBERT dalam Analisis dan Penyebaran Konten Dakwah Peduli Lingkungan di Media Sosial. 83–89.
Sari, D. N., & Fasa, M. I. (2023). Analisis Konten Instagram Sebagai Strategi Digital Marketing Bank Syariah Indonesia. Jurnal Manajemen Dan Bisnis (JMB), 4(1), 1–10. https://doi.org/10.57084/jmb.v4i1.936
Scheibe, C., & Rogow, F. (2014). What Is Media Literacy? The Teacher’s Guide to Media Literacy: Critical Thinking in a Multimedia World, 19–34. https://doi.org/10.4135/9781483387581.n3
Tsabitah, N. N., Sarkity, D., Abdurrahman, N., & Kunci, K. (2024). Digitalisasi pembelajaran melalui pengembangan e-modul berbasis flipbook untuk pembelajaran rangkaian arus bolak-balik dan kemagnetan di SMKN 55 Jakarta Pendahuluan. 1, 133–143.
Ummah, M. S. (2019). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. In Sustainability (Switzerland) (Vol. 11, Issue 1). http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI
Wahyudin, D., & Adiputra, C. P. (2019). Analisis Literasi Digital Pada Konten Instagram @Infinitygenre. WACANA, Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 18(1). https://doi.org/10.32509/wacana.v18i1.744
DOI: https://doi.org/10.32509/petanda.v7i2.5257
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by:
Recommended Tools :
Petanda: Jurnal Ilmu Komunikasi dan Humaniora
LPPM, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: +6282137118246 (Chat Only)
email: petanda@jrl.moestopo.ac.id