Implementasi Cyber Public Relation dalam Pengelolaan Program BNNK Tangerang Pada Instagram

Aurellia Salsabila, Lathifa Prima Ghanistyana, Marshanda Anggraini Putri, Mezaluna Awalia Nur Azizah, Vivi Fahriyanti Putri

Abstract


Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) merupakan sebuah inisiatif berkelanjutan dengan upaya yang dilakukan oleh BNN Kota Tangerang untuk mengurangi penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba secara efektif dan terstruktur. BNN Kota Tangerang memanfaatkan media sosial Instagram yaitu pada akun @infobnn_kota_tangerang sebagai media edukasi dan penyebaran informasi yang menjangkau masyarakat lebih luas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengelolaan program P4GN yang dilakukan oleh BNN Kota Tangerang pada akun Instagram mereka secara strategis, demi mewujudkan masyarakat yang sehat dan bebas narkoba. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan data primer dan juga studi pustaka. Hasil dari penelitian ini adalah Teori The Circular Model of Some sangat relavan pada BNN Kota Tangerang dalam mengelola media sosial mereka yang digunakan sebagai tempat penyebaran informasi maupun edukasi terkait P4GN, yaitu Share atau berbagai konten terkait P4GN, Optimize dengan membuat content planner dalam penyebaran informasi, kemudian Manage atau mengatur rencana strategis dan matang agar berjalan dengan sistematis. Dan terakhir melakukan keterlibatan audiens dengan tepat dala pengelolaan program P4GN agar tersampikan dengan tepat. 


Keywords


BNN Kota Tangerang; Media Sosial; P4GN; Teori The Circular Model of Some

Full Text:

PDF

References


Adolph, R. (2022). Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba. 1–23.

Budiana, F. R., & Rachmawati, I. (n.d.). Pemanfaatan Media Sosial Instagram dalam Upaya Penjualan Produk Daur Ulang.

Cahyani, R. M., & . M. (2024). Strategi Humas Digital Badan Narkotika Nasional Provinsi Jawa Timur Dalam Membuat Konten Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba (Studi Media Sosial Instagram @infobnnp_jatim dan Website jatim.bnn.go.id). The Commercium, 8(2), 181–191. https://doi.org/10.26740/tc.v8i2.63021

Dr. Abdul Fattah Nasution, M. P. (2015). Metode Penelitian Kualitatif.

Fadillah, A., Rosyidi, I., & Astuti, D. R. (2023). Pengelolaan Media Sosial Instagram @Persib Sebagai Bentuk Implementasi Kegiatan Cyber Public Relations. Reputation Jurnal Hubungan Masyarakat, 8(1), 65–82. https://doi.org/10.15575/reputation.v8i1.31060

Fauzalia, D. (2023). Pengelolaan Cyber Public Relations Dalam Pembentukan Citra Universitas Muhammadiyah Jakarta. Jurnal Mutakallimin : Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(1). https://doi.org/10.31602/jm.v6i1.10353

Firdaus, A. M., & Hadiyanto. (2022). Efektivitas Instagram Sebagai Media Promosi Produk Olahan Pertanian Kopi Di Rumah Kopi Sunda Hejo. Jurnal Sains Komunikasi Dan Pengembangan Masyarakat [JSKPM], 5(06.), 895–907. https://doi.org/10.29244/jskpm.v5i06..924

GUSRI, L. (2020). Strategi dan Implementasi Cyber Public Relations Perguruan Tinggi Swasta (Studi Kasus dalam Meningkatkan Citra Pada Tiga Universitas Swasta di Sumatera Barat ).

Khairunnisa, R., Roem, E. R., & Dewi, R. S. (2023). Konsep Pengalaman Komunikasi Cyber Public Relations Pemerintahan Kabupaten Merangin dalam Pengelolaan Website. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(9), 7034–7041. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i9.2498

Khofifa, I. N., Arti, R., Sari, W., & Dewi, R. (2024). Implementasi Cyber Public Relations Program Patriot Desa melalui Website dan Media Sosial Instagram Kehadiran teknologi bagi sebagian orang membawa pengaruh positif bagi kehidupan sehari-hari . Salah satunya adalah mempermudah komunikasi bagi mereka yang . 1, 71–86.

Laksmiari. (2022). Bab II Kajian Pustaka Dan Kerangka Pemikiran. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 2017, 9–29.

Linda, Nurfauzi, K. R., & Amalin, K. (2024). Circular Model of SOME dalam Komunikasi Korporasi MYLK di Media Sosial Instagram. ANALOGI Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 2(2), 32–47. https://doi.org/10.61902/analogi.v2i2.1026

Miles, M. B. (2014). Qualitative data analysis : a methods sourcebook. Third edition. Thousand Oaks, Califorinia : SAGE Publications, Inc., [2014]. https://search.library.wisc.edu/catalog/9910191165602121

Moestopo, U. P. D., Aisya, A. P., Ardiningrum, S., & Safitri, D. (2020). Petanda: Jurnal Ilmu Komunikasi dan Humaniora. Researchgate. Net, 95–107.

Permadi, D., & Habibullah, A. (2022). Strategi Komunikasi Humas Bnn Dalam Memberikan Informasi Kepada Publik. Jurnal Pustaka Komunikasi, 5(1), 150–162.

Pusparini, F., & Boer, K. M. (2023). Implementasi Cyber Public Relations BNN Provinsi Kalimantan Timur dalam Upaya Mengedukasi Masyarakat Mengenai P4GN. Jurnal JTIK (Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi), 7(4), 769–784.

Putra, M. A. S., & Anshari, F. (2016). Cyber Public Relations Dalam Klub Sepakbola Di Indonesia: Studi Pada Persija Jakarta. CoverAge:Journal of Strategic Communication, 7(1), 43–54.

Safrudin, R., Zulfamanna, Kustati, M., & Sepriyanti, N. (2023). Penelitian Kualitatif. Journal Of Social Science Research, 3(2), 1–15.

Safrudiningsih, Nurohmat, & Latief, R. (2024). The Use of Creative Brainstorming Techniques in the Production of Nondrama Television Programs. 12(1).

Sani, A., Hidayat, M., & Sjafirah, N. A. (2020). Pemahaman petugas kehumasan Kementerian Dalam Negeri tentang peran Humas Pemerintah. PRofesi Humas Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat, 4(2), 215. https://doi.org/10.24198/prh.v4i2.23528

Sholihah, Q. (2020). Efektivitas Program P4Gn Terhadap Pencegahan Penyalahgunaan Napza. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 10(2), 153. https://doi.org/10.15294/kemas.v10i2.3376

Sinaga, T. (2022). Pedoman Penggiat P4GN. 1.

Sugiyono, P. D. (2016). Penelitian Kualitaif.

Wijayanti, A. (2021). Efektivitas Instagram dalam Meningkatkan Minat Kunjungan Wisatawan di Daerah Istimewa Yogyakarta. Indonesian Journal of Tourism and Leisure, 2(1), 26–39. https://doi.org/10.36256/ijtl.v2i1.138




DOI: https://doi.org/10.32509/petanda.v7i2.5297

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

       


Recommended Tools :

 

 

Petanda: Jurnal Ilmu Komunikasi dan Humaniora

LPPM, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: +6282137118246 (Chat Only)

email: petanda@jrl.moestopo.ac.id