Peran Influencer Instagram @Adeayulubis Dalam Meningkatkan Brand Awareness UMKM Kuliner Medan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran influencer dalam meningkatkan brand awareness produk makanan UMKM di Medan melalui platform Instagram, dengan studi kasus akun @adeayulubis. Pendekatan kualitatif digunakan melalui wawancara mendalam dengan pemilik usaha Seblak Mang Ipin dan analisis konten promosi di media sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kolaborasi dengan influencer mampu meningkatkan visibilitas dan pengenalan merek secara signifikan. Strategi komunikasi yang digunakan bersifat kasual, autentik, dan dekat dengan keseharian audiens, khususnya kalangan muda. Teknik soft selling dengan visual menarik, storytelling personal, serta call to action tidak langsung terbukti efektif dalam mendorong interaksi dan pembelian. Temuan ini selaras dengan model AISAS (Attention, Interest, Search, Action, Share) dalam perilaku konsumen digital. Studi ini menegaskan bahwa micro-influencer dengan pendekatan emosional dan gaya naratif personal memiliki pengaruh kuat terhadap promosi UMKM. Kebaruan penelitian terletak pada pembuktian empiris efektivitas kolaborasi antara pelaku UMKM lokal dan influencer media sosial. Hasil temuan diharapkan menjadi rujukan strategis bagi pelaku UMKM dalam mengembangkan pemasaran digital yang kolaboratif dan relevan dengan karakteristik konsumen digital masa kini. bertujuan untuk menganalisis peran influencer dalam meningkatkan brand awareness produk makanan
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adolph, R. (2016). 済無No Title No Title No Title. 4, 1–23.
Aziza, R. F. A. (2019). Analisa Usability Desain User Interface Pada Website Tokopedia Menggunakan Metode Heuristics Evaluation. Jurnal Tekno Kompak, 13(1), 7. https://doi.org/10.33365/jtk.v13i1.265
Balaka, M. Y. (2022). Metode penelitian Kuantitatif. Metodologi Penelitian Pendidikan Kualitatif, 1, 130.
Cangara, H. M., Miskad, U. A., Ishida, T., Hirata, K., & Wahid, S. (2014). Expression of Esam and Vwf as Angiogenesis Marker in Tumor Growth and Metastasis of Carcinoma. Annals of Oncology, 25(Supplement 5), v49. https://doi.org/10.1093/annonc/mdu435.23
Girsang, C. N. (2020). Pemanfaatan Micro-Influencer pada Media Sosial sebagai Strategi Public Relations di Era Digital. Ultimacomm: Jurnal Ilmu Komunikasi, 12(2), 206–225. https://doi.org/10.31937/ultimacomm.v12i2.1299
Indinabila, yunita. (2018). REVIEW BUKU PENGANTAR KOMUNIKASI MASSA PENGARANG NURUDIN Disusun Sebagai Tugas Mata Kuliah Komunikasi Massa Dosen Pengampu : Dr . Prilani , M . Si.
Kotrker, P. (2017). Marketing 4.0.
Morgan, G. (2017). The rise of social media influencer marketing on lifestyle branding: A case study of Lucie Fink. Elon Journal of Undergraduate Research in Communications, 8(2), 77–87.
Manurung, A. S., & Alfikri, M. (2021). Komunikasi interpersonal terhadap penggunaan media sosial di kalangan mahasiswa ilmu komunikasi UIN Sumatera Utara. Algebra: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Sains, 1(4), 1–8.
Manurung, A. S., & Pohan, S. (2024). Pengaruh kualitas pelayanan publik dan citra institusi terhadap kepuasan mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sumatera Utara yang berdampak pada word of mouth. Jurnal Peurawi: Media Kajian Komunikasi Islam, 7(1), 129–146.
Prastowo, A. W., & Rifai, A. (2016). Analisis Motivasi Kerja Karyawan pada PT. Peputra Masterindo Kec. Tapung Kab. Kampar. Jurnal Valuta, 2(1), 66–82.
SAPUTRI, S. A., BERLIANA, I., BERLIANA, I., & NASRIDA, M. F. (2023). Peran Marketplace Dalam Meningkatkan Daya Saing Umkm Di Indonesia. KNOWLEDGE: Jurnal Inovasi Hasil Penelitian Dan Pengembangan, 3(1), 69–75. https://doi.org/10.51878/knowledge.v3i1.2199
Susilawati, A. D., & Solehatun, F. (2023). Peran Influencer Dan Media Sosial Instagram Dalam Meningkatkan Promosi Pada Suatu Brand. Analisis, 13(1), 52–64. https://doi.org/10.37478/als.v13i1.2524
Tudor-Locke, C., Johnson, W. D., & Katzmarzyk, P. T. (2011). Erratum: Frequently reported activities by intensity for U.S. adults: The American Time Use Survey (American Journal of Preventive Medicine (2010) 39:4 (e13-e20)). American Journal of Preventive Medicine, 41(2), 238–239. https://doi.org/10.1016/j.amepre.2011.05.015
Ummah, M. S. (2019). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. In Sustainability (Switzerland) (Vol. 11, Issue 1). http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI
Wonosari, J. (n.d.). Petanda : Jurnal Ilmu Komunikasi dan Humaniora Optimalisasi Kebijakan Publik Dalam Mendukung Layanan PDAM Surya Sembada Untuk Pertumbuhan Kota Surabaya. 15–25.
DOI: https://doi.org/10.32509/petanda.v7i2.5298
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by:
Recommended Tools :
Petanda: Jurnal Ilmu Komunikasi dan Humaniora
LPPM, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: +6282137118246 (Chat Only)
email: petanda@jrl.moestopo.ac.id