Peran Manajemen Public Relations Internal dalam Meningkatkan Kapabilitas Para Komunikator Perubahan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran manajemen Public Relations (PR) internal dalam meningkatkan kapabilitas para komunikator perubahan, dengan studi kasus pada Lembaga Komunikasi dan Informasi Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golongan Karya Jakarta. Dalam konteks perubahan politik yang dinamis, peran komunikator perubahan menjadi sangat penting untuk memengaruhi persepsi publik, membangun citra partai, serta menyampaikan pesan strategis kepada khalayak yang beragam. Penelitian ini berfokus pada bagaimana manajemen PR internal di lembaga partai politik dapat berkontribusi dalam pengembangan kapabilitas komunikator, khususnya dalam pengelolaan pesan politik, penanganan isu, dan penerapan strategi komunikasi yang adaptif. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan metode studi kasus, data diperoleh melalui wawancara mendalam dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan, pengembangan kapasitas, serta pemberian ruang untuk kreativitas dan inovasi memainkan peran signifikan dalam meningkatkan efektivitas komunikator perubahan. Hal ini tercermin dari keberhasilan mereka dalam mengelola strategi media, menghadapi krisis dan membangun hubungan dengan pemangku kepentingan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa manajemen PR internal yang berfokus pada penguatan kapabilitas komunikasi mampu menciptakan komunikator-komunikator yang kompeten, yang mendukung keberhasilan partai dalam menghadapi tantangan politik era digital, termasuk dominasi generasi Z, disrupsi teknologi dan kebutuhan change leadership.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andriani, P. A. (2023). Tradisi Masyarakat Buddha sebagai Wisata Religi. Jurnal Pariwisata PaRAMA : Panorama, Recreation, Accomodation, Merchandise, Accessbility, 4(1). https://doi.org/10.36417/jpp.v4i1.604
Aryansyah, J. (2022). Analisis Gaya Kampanye Komunikator Politik (Prabowo Subianto). Researchgate.Net, April.
Astrama, I. M., Sukaarnawa, I. G. M., & Darsana, I. M. (2024). Pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM) Dinas Pariwisata Kota Denpasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(1), 2875–2884. http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/ 7925%0Ahttps://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/download/7925/5554
Azahra, A. P., Irawan, I., & Widianto, A. A. (2021). Dari komunal menjadi individual: Studi perubahan Tradisi Pethik Pari Desa Karangrejo sebelum pandemi dan masa pandemi COVID-19. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial (JIHI3S), 1(10), 1113–1130. https://doi.org/10.17977/um063v1i10p1113-1130
Carcary, M. (2020). The Research Audit Trail: Methodological Guidance for Application in Practice. Electronic Journal of Business Research Methods, 18(2). https://doi.org/10.34190/JBRM.18.2.008
Dani Rustandi, & Fibria Indriati. (2022). ANALISIS MANAJEMEN PERUBAHAN ORGANISASI KOMISI PEMBERANTASAN KORUPSI PASCA REVISI UNDANG-UNDANG. Moderat : Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 8(3). https://doi.org/10.25157/moderat.v8i3.2762
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. HUMANIKA, 21(1). https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075
Gantiano, H. E. (2018). Politikus Sebagai Komunikator Politik. Dharma Duta, 16(1). https://doi.org/10.33363/dd.v16i1.145
Helmi, H., & Aslami, N. (2023). Proses Manajemen Perubahan Dan Tujuannya Bagi Perusahaan. Jurnal Riset Ekonomi Dan Akuntansi, 1(2).
Hendra, Y. (2019). Spiral Of Silence Theory Versus Perkembangan Masyarakat Suatu Penjelasan dan Kritik Teori. JURNAL SIMBOLIKA: Research and Learning in Communication Study, 5(2), 106. https://doi.org/10.31289/simbollika.v5i2.2859
Hotmaida Marttianno Nainggolan, Novi Indah Permatasari, & Hikmalia, W. (2022). Pentingnya Juru Bicara Sebagai Komunikator Politik Pada Presidensi G20 Indonesia. JURNAL HERITAGE, 10(2). https://doi.org/10.35891/heritage.v10i2.3261
Indrawan, J., Efriza, & Ilmar, A. (2020). KEHADIRAN MEDIA BARU (NEW MEDIA) DALAM PROSES KOMUNIKASI POLITIK. MEDIUM, 8(1). https://doi.org/10.25299/medium.2020.vol8(1).4820
Jasiyah, S. E. R., & Ak, M. (2022). KERANGKA KERJA MSDM. MSDM (Konsep Dan Tantangan ….
Kustiawan, W., Siregar, A. S. M. M., Nabila, F., Harahap, K. H., & Aini, L. (2022). Teori-Teori dalam Komunikasi Massa. Jurnal Telekomunikasi, Kendali Dan Listrik, 3(2), 41–45. https://agneslintangsari.wordpress.com/2019/11/19/teori-teori-dalam-komunikasi-massa/amp/
Lengkong, S. L., Sondakh, M., & Londa, J. . (2017). Strategi Public Relations Dalam Pemulihan Citra Perusahaan (Studi Kasus Rumah Makan Kawan Baru Megamas Manado). Acta Diurna, VI(1), 1–46. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/actadiurnakomunikasi/article/ view/15493/15034
Ma’mun, A. R. (2023). Problematika Komunikasi Politik Pendanaan Pembangunan Ibu Kota Negara Nusantara. POLITICOS: Jurnal Politik Dan Pemerintahan, 3(1). https://doi.org/10.22225/politicos.3.1.2023.1-16
Mekarisce, A. A. (2020). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data pada Penelitian Kualitatif di Bidang Kesehatan Masyarakat. JURNAL ILMIAH KESEHATAN MASYARAKAT : Media Komunikasi Komunitas Kesehatan Masyarakat, 12(3). https://doi.org/10.52022/ jikm.v12i3.102
Nurfadilah Tarni, Widyastuti, & Haerani Nur. (2022). Pengalaman Konversi Agama Pada Remaja Mualaf. PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora, 2(1), 41–49. https://doi.org/10.56799/peshum.v2i1.971
Poti, J. (2019). Ekonomi Politik, Media Dan Ruang Publik. Semiotika, 13(2), 200–206. http://journal.ubm.ac.id/
Rueda-Medina, B., Schmidt-RíoValle, J. P., González-Jiménez, E., Fernández-Aparicio, Á., Aguilar-Ferrándiz, M. E., & Correa-Rodríguez, M. (2021). Peer debriefing versus instructor-led debriefing for nursing simulation. Journal of Nursing Education, 60(2). https://doi.org/10.3928/01484834-20210120-06
Rusmiati, E. T., Angellia, F., Pranawukir, I., Winata, N. P., & Fazri, F. (2024). Dakwah Digital Berbasis Kecerdasan Buatan : Penerapan IndoBERT dalam Analisis dan Penyebaran Konten Dakwah Peduli Lingkungan di Media Sosial. PETANDA: Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Humaniora, 7(1), 83–89.
Sulistiyani, D., & Mukaromah, M. (2018). Gaya Retorika Kepala Negara Ri: Analisis Komparatif Susilo Bambang Yudhoyono (Sby) Dan Joko Widodo. Jurnal Audience, 1(1), 31–44. https://doi.org/10.33633/ja.v1i1.2682
Sunarsi, D. (2019). Penerapan MSDM Strategis Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Organisasi dalam menyongsong Revolusi 4.0. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 3(1).
Topan, D. A., & Widiasanty, G. (2022). Strategi Marketing Public Relations Urban Republic Dalam Membangun Brand Awareness. Jurnal Pustaka Komunikasi, 5(1), 65–76. https://doi.org/10.32509/pustakom.v5i1.1755
Trianto, R. (2021). Komunikasi Pemasaran Melalui Media Sosial (Studi Kasus Di SD Luqman Al Hakim Surabaya). An-Nida’, 9(2), 95–120.
Zulkipli, Z. (2022). PERENCANAAN MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA. Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Dibidang Administrasi Pendidikan, 10(1). https://doi.org/10.33394/vis.v10i1.5119
DOI: https://doi.org/10.32509/petanda.v7i2.5299
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by:
Recommended Tools :
Petanda: Jurnal Ilmu Komunikasi dan Humaniora
LPPM, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: +6282137118246 (Chat Only)
email: petanda@jrl.moestopo.ac.id