Implementasi Cyber Public Relations Global Teaching Program Dalam Menarik Minat Volunteer

Aish Amalia Fadillah, Lathifah Prima Ghanistyana, Deby Yunisa, Bela Sapitri, Adung Adung

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implemetasi cyber public relations yang diterapkan oleh Global Teaching Program (GTP) dalam menarik minat generasi muda Indonesia untuk bergabung sebagai volunteer dalam program internasional. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, analisis konten media sosial, dan dokumentasi pendaftaran volunteer. hasil penelitian menunjukan bahwa GTP secara aktif mengoptimalkan media sosial seperti Instagram, TikTok, dan testimoni alumni untuk menyampaikan informasi program,membangun citra positif, serta mendorong keterlibatan audiens. Strategi ini mencerminkan penerapan empat fungsi utama cyber public relation yaitu informing, persuading, relating, dan empowering. Temuan juga menunjukan bahwa faktor external, seperti isu kepercayaan negara tujuan sangat berpengaruh terhadap efektivitas kampanye digital. Penelitian ini menegaskan bahwa cyber public relations tidak hanya berfungsi sebagai media promosi, tetapi juga dapat menjadi strategi komunikasi yang bisa membangun komunitas relawan secara berkelanjutan. Hasil dari penelitian ini dapat memberikan kontribusi terhadap pengembangan strategi komunikasi digital organisasi nirlaba dalam konteks kerelawanan internasional.


Keywords


Cyber Public Relations; Strategi Komunikasi Digital; Global Teaching Program; Volunteer Pendidikan; Difusi Inovasi

Full Text:

PDF

References


Aditiansyah, M. F., MLT, R. R., & Hamzah, R. E. (2023). Implementasi Marketing Public Relations PT Gojek Dalam Penggunaan Aplikasi Gopay Bagi Customer. PETANDA: Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Humaniora, 5(2), 82–96. https://doi.org/10.32509/petanda.v5i2.3272

Akir, Z. (2003). Diffusion of innovations. Education and Technology: An Encyclopedia, 1–2(1943), 205–210. https://doi.org/10.4337/9781800883284.diffusion.of.innovations

Alapján-, V. (2016). Implementasi Tugas Public Relations dalam Menjaga Customer Relationship Managemen (CRM) dalam Menjaga Penjualan. June, 1–23.

Arikunto, S. (2021). Penelitian tindakan kelas: Edisi revisi. Bumi Aksara.

E. B., G. A. (2016). Strategi Cyber Public Relations dalam Pembentukan Citra Institusi Pendidikan Tinggi Swasta. Jurnal The Messenger, 6(1), 1. https://doi.org/10.26623/themessenger.v6i1.161

Hidayatullah, H., & Melisa, M. (2022). Fenomena Kejahatan Perdagangan Manusia. AL-MANHAJ: Jurnal Hukum Dan Pranata Sosial Islam, 4(2), 391–398.

Indonesian Volunteering Study Reports 2022 (IVOS). (n.d.). PE-.

Kusumastuti, A., & Khoiron, A. M. (2019). Metode penelitian kualitatif. Lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo (LPSP).

Maharti, H. M., Granitha, V., & Puri, S. (2025). Menjadi Relawan dan Rasa Syukur : Studi Korelasi antara Motivational Function to Volunteer dan Gratitude Volunteering and Gratitude : Study of the Correlation between Motivational Function to Volunteer and Gratitude. 17(1), 1–16.

Moleong, L. J. (2017). Metodologi penelitian kualitatif/Lexy J. Moleong.

Mujianto, H. (2021). Peranan Cyber Public Relations Terhadap Citra Produk Rai Leathers Di Kalangan Pelanggan. PRecious: Public Relations Journal, 1(2), 246–262. https://doi.org/10.24246/precious.v1i2.5208

Onggo, B. J. (2004). Cyber public relations. Elex Media Komputindo.

Rachmatsyah, T. H. (2023). Berbagi Pengetahuan Antar Organisasi Sektor Publik Dalam Rangka Kerjasama Inovatif Internasional. PETANDA: Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Humaniora, 5(2), 64–75. https://doi.org/10.32509/petanda.v5i2.3380

Raja Yusof, R., Norman, A., Abdul-Rahman, S.-S., Nazri, N., & Yusoff, Z. (2016). Cyber-volunteering: Social media affordances in fulfilling NGO social missions. Computers in Human Behavior, 57, 388–397. https://doi.org/10.1016/j.chb.2015.12.029

Sakinah, N. A. (2024). Implementasi Cyber Public Relations dalam Meningkatkan Promosi Wisata Setu Babakan Sebagai Destinasi Wisata Budaya Betawi. 3(1), 49–61.

Wardani, R. (2025). e-ISSN 2774-5155 p-ISSN 2774-5147. 2024–2025.




DOI: https://doi.org/10.32509/petanda.v7i2.5311

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

       


Recommended Tools :

 

 

Petanda: Jurnal Ilmu Komunikasi dan Humaniora

LPPM, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: +6282137118246 (Chat Only)

email: petanda@jrl.moestopo.ac.id