Strategi Digital Marketing A3 Steakhouse dalam Meningkatkan Brand Image di Platform Instagram
Abstract
A3 Steakhouse adalah restoran premium di Jakarta Selatan yang menghadapi persaingan ketat dalam industri kuliner, sehingga membutuhkan strategi pemasaran inovatif untuk memperkuat brand image. Penelitian ini menganalisis strategi digital marketing A3 Steakhouse melalui Instagram dengan pendekatan kualitatif deskriptif dan paradigma konstruktivisme. Menggunakan Teori Komunikasi Simbolik, penelitian ini menyoroti peran simbol-simbol visual, caption, hashtag, dan interaksi digital sebagai media dalam membentuk persepsi audiens terhadap citra merek. Data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi akun @a3steakhouse, dan analisis konten digital. Hasil penelitian menunjukkan bahwa A3 Steakhouse secara konsisten membangun identitas merek premium melalui estetika visual, gaya bahasa persuasif, dan kolaborasi dengan influencer. Strategi digital marketing berbasis Instagram terbukti efektif dalam membangun brand image, namun membutuhkan inovasi dalam bentuk konten interaktif dan partisipatif guna meningkatkan keterlibatan dan loyalitas konsumen. Temuan ini juga memberikan referensi praktis bagi pelaku usaha kuliner dan akademisi dalam merancang strategi komunikasi yang relevan dengan karakteristik media sosial dan perilaku konsumen digital.n besar promosi bersifat satu arah dan mengarahkan audiens untuk datang langsung ke restoran.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aryani, I. D., & Murtiariyati, D. (2022). Instagram Sebagai Media Promosi Dalam Meningkatkan Jumlah Penjualan Pada a.D.a Souvenir Project. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis Indonesia, 2(2), 466–477. https://doi.org/10.32477/jrabi.v2i2.479
BPS. (2024). Statistik Penyediaan Makanan dan Minuman; Food And Beverage Service Activities Statistic 2023. In Catalogue (Vol. 7).
Dewi, L. K. C., Widagdo, S., Martini, L. K. B., & Suardana, I. B. R. (2022). Pengaruh Digital Marketing Dan Customer Relationship Marketing Terhadap Keputusan Wisatawan Dengan Brand Image Sebagai Variabel Mediasi. EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 6(2), 243–270. https://doi.org/10.24034/j25485024.y2022.v6.i2.5205
Ekasari, R., & Mandasari, E. D. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Digital Marketing Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Lipcream Pixy Di Kabupaten Sidoarjo. IQTISHADequity Jurnal MANAJEMEN, 4(1), 1. https://doi.org/10.51804/iej.v4i1.1583
Fitrianna, H., & Aurinawati, D. (2020). Pengaruh Digital Marketing Pada Peningkatan Brand Awareness Dan. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 3, 409–418.
Haryanto, R., Setiawan, A., Nurhayati, R., Gede, I., Mertayasa, A., & Nugraha, A. R. (2024). Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Di Era Society 5.0: Sebuah Literature Review. Edunomika, 08(02), 1–10.
Herlambang, Z. K., & Setiawati, S. D. (2025). Pengaruh Konten Instagram @ Folkative Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Generasi Z. 5(1), 103–116.
Jannah, H., Saifulloh, M., & Prihatiningsih, N (2022). Strategi Digital Marketing Communicationsgym ‘Fortis Calisthenics’ Dalam Meningkatkan Engagement. Petanda : Jurnal Ilmu Komunikasi dan Humaniora, 5(1), 24-30
Manajemen, P., & Balikpapan, U. (2022). Jurnal Media Riset Ekonomi (MR.EKO) |. 1, 71–84.
Millah, A. S., Apriyani, Arobiah, D., Febriani, E. S., & Ramdhani, E. (2023). Analisis Data dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Kreativitas Mahasiswa, 1(2), 140–153.
Nadia. (2021). Diajukan Kepada Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Untuk Melengkapi Persyaratan Memperoleh Gelar Sarjana Sosial (S.Sos). 4441.
Raharja, S. J., & Natari, S. U. (2021). Pengembangan Usaha Umkm Di Masa Pandemi Melalui Optimalisasi Penggunaan Dan Pengelolaan Media Digital. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 108. https://doi.org/10.24198/kumawula.v4i1.32361
Rina, O., Sinaga, E., Harahap, N., & Sazali, H. (2023). Strategi Komunikasi Pemasaran Di Ud Family Bakery Dalam Meningkatkan Minat Beli Masyarakat Di Tanjungbalai. JISOS Jurnal Ilmu Sosial, 2(8), 1935–1942.
Rouf, H. A., Ahid, N., & Sutrisno. (2022). Penerapan Teori Interaksi Simbolik dan Perubahan Sosial di Era Digital. At-Tahdzib: Jurnal Studi Islam Dan Mu’amalah, 10, 633–634.
Rupa, J. S., & Sukabumi, W. (2023). Sungging Pengembangan identitas visual brand. 2, 50–66.
Sugiyono. (2020). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Metodologi Penelitian Kualitatif. In Rake Sarasin (Issue March).
Susanto, D., Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data Dalam Penelitian Ilmiah. Jurnal QOSIM Jurnal Pendidikan Sosial & Humaniora, 1(1), 53–61. https://doi.org/10.61104/jq.v1i1.60
Valentiyo, A., Ramadhan, U. F., Alhanif, M. F., Islam, U., Sumatera, N., Simbolik, I., & Simbolik, I. (2025). Inspirasi Edukatif : Jurnal Pembelajaran Aktif Inspirasi Edukatif : Jurnal Pembelajaran Aktif. 6(1), 84–92.
Zakaria, F. S., & Lintangdesi, A. (2024). Pengaruh Digital Marketing Pada Instagram Dalam Membangun Brand Image Janjian Coffee Roasters. Jurnal Komunikasi, Sosial, Dan Ilmu Politik ISSN:, 1(1), 114–135.
DOI: https://doi.org/10.32509/petanda.v7i2.5466
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by:
Recommended Tools :
Petanda: Jurnal Ilmu Komunikasi dan Humaniora
LPPM, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: +6282137118246 (Chat Only)
email: petanda@jrl.moestopo.ac.id