Prosumsi Komunikasi Penggemar Enhypen Indonesia Di Platform X
Abstract
Penelitian ini mengeksplorasi praktik prosumsi komunikasi penggemar Enhypen Indonesia atau biasa disebut Engene Indonesia yang berkembang di komunitas Enhypen World Tour in Jakarta dalam platform X. Dengan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif, penelitian ini menganalisis praktik produksi dan konsumsi konten penggemar guna mendukung keberlanjutan komunitas virtual yang aktif dan dinamis. Data dikumpulkan melalui observasi partisipatif dengan menganalisis 45 tweet yang paling ramai diperbincangkan selama bulan Oktober–November 2024, serta wawancara mendalam terhadap empat Engene Indonesia yang tergabung dalam komunitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat empat praktik dalam prosumsi komunikasi, yaitu 1) gerakan kolektif dalam komunitas virtual, 2) sarana dukungan penggemar, 3) wadah untuk ekspresi penggemar, dan 4) komunitas sebagai wadah promosi. Keempat praktik ini memperlihatkan bagaimana penggemar tidak hanya berperan sebagai konsumen pasif, tetapi juga sebagai produsen aktif yang menciptakan narasi, visual, dan interaksi digital yang memperkuat identitas komunitas. Penelitian ini menyimpulkan bahwa praktik prosumsi menunjukkan konsumsi berkelanjutan untuk mempertahankan komunitas serta mampu menggabungkan peran produsen dan konsumen dalam ruang digital.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andreas, R., & Kusuma, R. S. (2020). Rumah ramah rubella sebagai kelompok dukungan online di facebook. Jurnal Manajemen Komunikasi, 4(2), 81. https://doi.org/10.24198/jmk.v4i2.25128
Arvidsson, A., Caliandro, A., Airoldi, M., & Barina, S. (2016). Crowds and value. Italian Directioners on Twitter. Information Communication and Society, 19(7), 921–939. https://doi.org/10.1080/1369118X.2015.1064462
Atherton, A. (2023). Howard Rheingold: Writer And Lecturer On “Virtual Communities” And An Original Member of The Well. In The Rise of Virtual Communities: In Conversation with Virtual World Pioneers, 15–28.
Bond, A. J., Widdop, P., Cockayne, D., & Parnell, D. (2023). Sport prosumer networks: exploring prosumption value in Twitter conversations during COVID-19. Managing Sport and Leisure, 28(6), 732–748. https://doi.org/10.1080/23750472.2021.1970615
Dijk, J. Van. (2018). The Network Society Second Edition. SAGE Publications.
Foyet, M., & Child, B. (2024). COVID-19, social media, algorithms and the rise of indigenous movements in Southern Africa: perspectives from activists, audiences and policymakers. Frontiers in Sociology, 9, 1–28. https://doi.org/10.3389/fsoc.2024.1433998
Hasna, S. (2022). Tindakan Kolektif Masyarakat Jaringan Di Indonesia: Aktivisme Sosial Media Pada Aksi #Gejayanmemanggil. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 11(1), 25–34. https://doi.org/10.14710/interaksi.11.1.25-34
Hayati, K., & Afriani, A. L. (2022). Identity Construction of Fans: Virtual Community Through Chat Room LINE (Case Study EXO-L Bandung Community). Journal of Communication & Public Relations, 2(1), 47–55. https://doi.org/10.37535/105002120235
Hidayanti, R., & Martunis, Y. (2017). Peran Media Baru Dalam Membentuk Komunitas Virtual (Studi pada Mahasiswa yang Bergabung Dalam Komunitas Acehvidgram di Instagram). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FISIP Unsyiah, 2(2), 47–66.
Husna, M. A., Subagio, & Irawanto, B. (2018). Beyond Prosumption: Praktik Prosumsi Penulis Konten Dalam Platform News Aggregator Uc News. Masyarakat Indonesia Dalam Majalah Ilmu-Ilmu Sosial Indonesia, 44(1), 89–104.
Hutomo, M. S. (2020). Bertahan untuk Hidup: Konvergensi Pers Cetak dalam Industri Digital Media. CARAKA : Indonesian Journal of Communications, 1(1), 30–37. https://doi.org/10.25008/caraka.v1i1.40
Islamiati, A. E. D., & Tandyonomanu, D. (2025). Pola Komunikasi Grup Virtual Percakapan Fans Tiara Andini Mootiara Garis Keras di Media Sosial Whatsapp. The Commercium, 9(1), 354–363.
Jenkins, H. (2006). Convergence Culture: Where Old and New Media Collide. New York University Press.
Kasmini, N., & Mursalim. (2023). Perilaku Komunikasi Suku Bajo Dalam Berinteraksi Dengan Suku Bugis di Dusun Bajoe Kabupaten Bone. KAREBA: Jurnal Ilmu Komunikasi, 12(1), 13–28.
Kozinets, R. (2017). Netnography: Radical participative understanding for a networked communications society. The SAGE handbook of qualitative research in psychology.
Kozinets, R. V. (2002). The Field Behind the Screen : Using Netnography For Marketing Research in Online Communities. Journal of Marketing Research, 39(1), 61–72. https://doi.org/10.1509/jmkr.39.1.61.18935
Mayasari, F. (2022). Etnografi Virtual Fenomena Cancel Culture dan Partisipasi Pengguna Media terhadap Tokoh Publik di Media Sosial. Journal of Communication and Society, 1(01), 27–44. https://doi.org/10.55985/jocs.v1i01.15
Nabila, Z. A., & Parlindungan, D. R. (2022). Konstruksi Realitas Sosial Anggota Komunitas Penggemar Boyband Exo Jakarta. Jurnal Mahasiswa Institut Teknologi Dan Bisnis Kalbis, 8(3), 3088–3097.
Ningrum, R. M. (2025). Prosumsi Sebagai Komodifikasi Pada Platform Media Online. Filosofi: Publikasi Ilmu Komunikasi, Desain, Seni Budaya, 2(1), 165–179.
Noerman, T. S. Z., Masitoh, S., & Prayitno, Y. (2021). Impression Management Pengguna Fan Account Di Twitter. Jurnal Ilmu Komunikasi, 12(2), 1–15.
Perez, C., & Sokolova, K. (2023). Is There a Community of French Fitness Influencers on YouTube? A Social Network Analysis Approach to YouTube Engagement. In Proceedings of the 10th Multidisciplinary International Social Networks Conference, 13–19.
Rahmat, G. (2022). Pola Komunikasi Komunitas Virtual ICB dalam Meminimalisasi Hoaks. Academic Journal of Da’wa and Communication, 3(2), 263–290. https://doi.org/10.22515/ajdc.v3i2.5302
Rheingold, H. (1993). The Virtual Community: Homesteading on the Electronic Frontier. Addison-Wesley.
Sarafino, E. P., & Smith, T. W. (2011). Health Psychology: Biopsychological Interactions. John Wiley & Sons, Inc.
Sarosa, S. (2021). Analisis Data Penelitian Kualitatif. PT Kanisius.
Setiadarma, A., Abdullah, A. Z., Sadjijo, P., & Firmansyah, D. (2024). Tinjauan Literatur Transformasi Sosial dalam Era Virtual. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 4(1), 232–244. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v4i1.2930
Sharf, B. F. (1999). Beyond Netiquette: The Ethics of Doing Naturalistic Discourse Research on the Internet. In Doing Internet Research: Critical Issues and Methods for Examining the Net. SAGE Publications, Inc. https://doi.org/10.4135/9781452231471.n12
Shepherd, J. (2024). 23 Essential Twitter (X) Statistics You Need to Know in 2024. Social_Shepherd. Thesocialshepherd.
Smutradontri, P., & Gadavanij, S. (2020). Fandom and identity construction: an analysis of Thai fans’ engagement with Twitter. Humanities and Social Sciences Communications, 7(1), 1–13. https://doi.org/10.1057/s41599-020-00653-1
Straubhaar, J., & LaRose, R. (2002). Media Now: Communication Media in the Information Age. Wadsworth.
Strauss, A., & Corbin, J. (1998). Basics of qualitative research techniques.
Utami, F. M., Karisma, F. N., & Zhafira, S. A. (2021). The Effect of Instagram Communication on Consumer’s Perception of Erigo Store. PETANDA: Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Humaniora, 4(1), 1–11. https://doi.org/10.32509/petanda.v4i1.1763
Yahya, M. (2024). Penggunaan Variasi Bahasa Oleh Komunitas Fandom K-Pop Di Twitter: Kajian Sosiolinguistik. Deiksis : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 10(1), 16–25. https://doi.org/10.33603/6tetn305
Yashfilhaz. (2023). Komunikasi Virtual Fandom K-Pop (Etnografi Virtual Komunitas Fandom Online : Discord Server CoppaMagz). Jurnal Riset Komunikasi Terapan, 1(2), 94–108.
Yeonjeong, K. (2022). Indonesia Negara Yang Paling Ramai Membicarakan K-pop di Twitter 2021. X Blog.
DOI: https://doi.org/10.32509/petanda.v7i2.5474
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by:
Recommended Tools :
Petanda: Jurnal Ilmu Komunikasi dan Humaniora
LPPM, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: +6282137118246 (Chat Only)
email: petanda@jrl.moestopo.ac.id