Pengaruh Kinerja Perawat Dan Stres Kerja Terhadap Kepuasan Pasien Melalui Kepemimpinan Transformasional

Deny Damayanti, Budiharto Budiharto, Jubery Marwan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh kinerja perawat dan stres kerja terhadap kepuasan pasien melalui kepemimpinan transformasional sebagai variabel intervening. Lokus penelitian dilaksanakan di Rumah Sakit Pertamina Pusat Jakarta. Menggunakan metode penelitian kuantitatif yang dikategorikan kedalam penelitian explanatory research yang  menggunakan rancangan penelitian pengujian Hyphotheses Testing. Data primer diperoleh dari hasil survei secara langsung menggunakan skala likert sebagai ukuran data. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampel jenuh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kinerja perawat berpengaruh signifikan terhadap kepemimpinan transformasional dan kepuasan pasien; 2) Stres kerja  tidak berpengaruh signifkan terhadap kepemimpinan transformasional dan kepuasanpasien; 3) Kepemimpinan transformasional berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien; 4) Kinerja perawat berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien melalui kepemimpinan transformasional; 5) Stres kerja tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien melalui kepemimpinan transformasional. Seorang pemimpin sering kali menghubungkan perilaku bawahan dengan hasil kinerjanya secara subyektif. Mereka dianggap loyal dan patuh disebabkan oleh tidak ada tekanan yang berlebihan sehingga menjadi stres. Dengan meningkatnya kinerja pelayanannya disertai dengan perannya pemimpin yang bertransformasi, maka dampaknya akan meningkatkan kepuasan pasien.


Keywords


Kinerja Perawat; Stres Kerja; Kepemimpinan Transformasional dan Kepuasan Pasien

Full Text:

PDF

References


Abdullah, R. P. (2019). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Perawat di Rumah Sakit Ibnu Sina Makassar. UMI Medical Journal, 4(1), 24–36.

Anwar, A. A. P. M. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Bangun, W. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Erlangga.

Bass, B. M., & Avolio, B. J. (1990). The implications of transactional and transformational leadership for individual, team, and organizational development. Research in Organizational Change and Development, 4(1), 231–272.

Dedi, B., & Dwiantoro, L. (2020). Kepemimpinan dan Manajemen Pelayanan Keperawatan: Teori, Konsep dan Implementasi. Jakarta, PT. Trans Info Media..

Desrison, D., & Ratnasari, S. L. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Perawat Di Instalasi Rawat Inap Rsud Sawahlunto. Jurnal Bening, 5(2), 91–113.

Humairah. (2005). Hubungan Gaya Kepemimpinan Transformasional dan Transaksional terhadap Efektifitas Kinerja Perawat di Rumah Sakit Jantung Harapan Kita. Yogyakarta: Program Pascasarjana Universitas Gajah Mada.

Irawan, Y. Y. (2020). Pengaruh Stres Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Perawat Di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Advent Bandung. Jurnal Keperawatan Malang, 5(2), 103–113. https://doi.org/10.36916/jkm.v5i2.111

Kewuan, N. (2019). Manajemen Kinerja Keperawatan. Penerbit: Jakarta: EGC.

Khustina, H., & Laily, N. (2019). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional, Kompensasi dan Job Burnout Terhadap Kinerja. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen., 2(2), 48–60.

Lestari. (2015). Kumpulan Teori Untuk Kajian Pustaka Penelitian Kesehatan. Nuha Medika.

Marwan, J. (2022). PERAN KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DALAM MEMEDIASI STRES KERJA, MOTIVASI KERJA DAN TURNOVER INTENTION TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA PT INDAH KIAT PULP & PAPER Tbk. Jurnal Kelola: Jurnal Ilmiah Manajemen, 8(2), 75–98.

Moustaka, Ε. (2011). Sources And Effects Of Work-Related Stres In Nursing. Health Science Journal, 4(2), 210–216.

Northouse, P. G. (2019). Kepemimpinan: “Teori dan Praktik” Edisi (Keenam). Jakarta; PT Indeks.

Nurmulyani, Hakim, L., & Haerana. (2021). Pengaruh Kinerja Pegawai Terhadap Kepausan Pasien Di RSUD Labuang Baji Makassar. Jurnal KIMAP (Kajian Ilmiah Mahasiswa Administrasi Publik), 2(1), 240–252.

Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2008). Perilaku Organisasi, Edisi Kedua belas. Jakarta: Salemba Empat.

Ruslan, R. (2006). Manajemen Public Relation dan Media Komunikasi. Jakarta; PT. Raja Grafindo Persada.

Verawati Wote, A. Y., & Patalatu, J. S. (2019). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 465. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21782

Zeithaml, V., Bitner, M. J., & Gremler, D. D. (2017). Services Marketing Integrating Customer Focus Across The Firm 7th Edition. New York, McGraw-Hill Education.




DOI: https://doi.org/10.32509/petanda.v7i2.5579

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

       


Recommended Tools :

 

 

Petanda: Jurnal Ilmu Komunikasi dan Humaniora

LPPM, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: +6282137118246 (Chat Only)

email: petanda@jrl.moestopo.ac.id