Studi Minat Pembelian Kosmetik melalui e-WOM di Platform SOCO by Sociolla

Nabila Aulia Rahma Putri, Ratih Pandu Mustikasari

Abstract


Electronic Word of Mouth merupakan bentuk komunikasi pengalaman konsumen yang disampaikan melalui ulasan di platform digital. Platform SOCO by Sociolla menjadi salah satu media yang banyak digunakan konsumen untuk mencari referensi sebelum membeli produk kosmetik. SOCO juga menyediakan platform review dan rating yang memungkinkan pengguna saling berbagi pengalaman setelah menggunakan produk kosmetik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh e-WOM terhadap minat beli kosmetik, serta menjelaskan pemrosesan informasi melalui pendekatan Elaboration Likelihood Model. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian asosiatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner kepada 100 responden pengguna SOCO yang dianalisis dengan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-WOM berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli, dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,695. Nilai ini termasuk dalam kategori pengaruh tinggi, menunjukkan bahwa 65% variasi dalam minat beli dijelaskan oleh e-WOM, sedangkan 35% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain di luar model. Temuan juga menunjukkan bahwa konsumen memproses e-WOM melalui dua jalur, yaitu jalur sentral dan jalur periferal. Kedua jalur ini saling melengkapi dalam membentuk minat beli terhadap kosmetik di platform SOCO.


Keywords


Electronic Word of Mouth; Minat Beli; SOCO by Sociolla; Elaboration Likelihood Model

Full Text:

PDF

References


Andreas, A. V., Sadiah, A., & Kurniawan. (2024, 11 6). PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN KONFORMITAS TEMAN SEBAYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP HASIL BELAJAR. Jurnal Ilmiah Nusantara ( JINU), 1. Retrieved from file:///C:/Users/nabil/Downloads/Agung+Vega+Andreas2909.pdf

Anggraini, M., & Simanjorang, F. (2023). Efektivitas Online Customer Review Dalam Meningkatkan Minat Beli Konsumen Pada TikTok Shop di Kota Medan. talenta publisher.

Ardana, D. (2024). PENGARUH ELECTRONIC WORD-OF-MOUTH DAN INFORMATION CREDIBILITY TERHADAP PURCHASE INTENTION DIMEDIASI OLEH BRAND TRUST (Studi Pada Konsumen Mie Gacoan Kota Malang). etheses.uin-malang.

Ayuningrum, S. P. (2022). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI NIAT BELANJA ONLINE KONSUMEN SELAMA PANDEMI COVID-19 DENGAN MENGGUNAKAN KERANGKA STIMULUS-ORGANISME-RESPONS (S-O-R) . dspace.uii.

Dinisari, M. C. (2025, January 24). Sociolla Akan Buka Gerai Ke 100 Tahun 2025. Retrieved from Bisnis.com.

Fidanti, S., & Nanda, B. (2017). Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen di Toko Online. management analysis jurnal.

Handayani, A., Sarwono, A. E., & Pratiwi, D. (2020, Juni 30). Pengaruh E-WOM, Ease of Useand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Melalui Lifestyle Pada Pengguna E-Commerce Shopee di Surakarta. El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama. Retrieved from https://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/washatiya/article/view/4665

Ichwan, N. A. (2021, January 1). PESAN PERSUASI BEAUTY INFLUENCER PADA AKUN YOUTUBE TASYA FARASYA DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KECANTIKAN. KAREBA J u r n a l I l m u K o m u n i k a s, 10. Retrieved from http://journal-old.unhas.ac.id/index.php/kareba/article/view/12505/7835

Josephine, S. (2024, August 8). SOCO Insight Factory : Konsumen Makin Cerdas Belanja Kecantikan. Retrieved from indonesiasatu.co.

Mahendri, W., & Agustianingrum, N. F. (2024). Peran Kepercayaan Merek Dalam Meningkatkan Pengaruh E-WOM dan Gaya Hidup Hedonisme Terhadap Keputusan Pembelian Gawai Bekas Ipone. jurnal ekonika : jurnal ekonomi universitas kadiri.

Mayo, R. P., Nughraha, H. S., & Saryadi. (2023). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, Vol. 12, No. 1, 2023e-ISSN 2746-1297 Copyright ©2023, The authors. Available at: https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab|184PENGARUH E-PROMOTIONDAN E-WORD OF MOUTHTERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis.

Mileneo, M. F. (2024, August 22). Industri Kosmetik Lokal Kian Meroket, Pertumbuhan Tembus Angka 48 Persen. . Retrieved from Goodnewsfromindonesia.

Nabiilah, I. A. (2024). PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH DAN KERAGAMAN PRODUK TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN DI SOCIOLLA (STUDI PADA PENGGUNA E-COMMERCE DI PURWOKERTO). Retrieved from https://repository.uinsaizu.ac.id/23212/1/Ikda%20Alifia%20Nabiilah_Pengaruh%20Electronic%20Word%20of%20Mouth%20dan%20Keragaman%20Produk%20Terhadap%20Minat%20Beli%20Konsumen%20di%20Sociolla%20%28Studi%20Pada%20Pengguna%20E-commerce%20di%20Purwokerto%29.pdf

Prihartini, D., & Damastuti, R. (2022, February 1). Pengaruh E-wom Terhadap Minat Beli Skincare Lokal Pada Followers Twitter @ohmybeautybank. Retrieved from calathu:jurnal imu komunikasi.

Putri, S. R. (2024, August 11). Mengulik Tren Kecantikan dari Milenial dan Gen Z. Retrieved from cantika.com.

Tonda, F., Hapzi, A., & Khan, M. A. (2024). Pengaruh Promosi dan Online Customer Reviews Terhdap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli.

Umbaseng, J. (2025). Pengaruh Live Streaming dan Online Customer Review Terhadap Purchase Intention Di Shopee Dengan Trust Sebagai Variabel Intervening. repositorybaru.stieykpn.

Wibowo, C., Sudarmanti, R., & Sukmawati, D. (2023). STRATEGI KOMUNIKASI YOUTUBER MEMBANGUN KREDIBILITAS DI KALANGAN PRODUSEN (Studi Kasus Youtuber Panji Petualang Dalam Endorse Produk Madu Kembang Joyo). NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial.

Widiarti, S. D. (2023). Pengaruh Online Review dalam Kanal Youtube Female Daily . ejournal.upnvj.




DOI: https://doi.org/10.32509/petanda.v7i2.5610

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

       


Recommended Tools :

 

 

Petanda: Jurnal Ilmu Komunikasi dan Humaniora

LPPM, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: +6282137118246 (Chat Only)

email: petanda@jrl.moestopo.ac.id