Communication Apprehension pada Mahasiswa Fakultas Hukum dalam Menghadapi Peradilan Semu

Listya Widayanti, Vinisa Nurul Aisyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab terjadinya communication apprehension di kalangan mahasiswa Fakultas Hukum pada peradilan semu di Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Surakarta. Teori yang digunakan adalah Comunication Apprehension. Metodenya adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Surakarta angkatan 2016 yang mengambil Mata Kuliah Penanganan Perkara Konstitusi. Mahasiswa dipilih menggunakan teknik snowball.. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan observasi. Hasil penelitian menujukkan, jenis communication apprehension yang muncul adalah trait apprehension, context, audience, situational. Communication apprehension terjadi karena dua factor, yaitu faktor internal yang mencakup kurangnya kepercayaan diri mahasiswa, dan faktor eksternal yang meliputi mahasiswa merasa sedang dievaluasi, tekanan dan waktu.

Full Text:

PDF

References


A. Wilhalminah, U. R. (2017). Pengaruh Keterampilan Komunikasi terhadap Perkembangan Moral Siswa pada Mata Pelajaran Biologi Kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Limbung. Jurnal Biotek. Vol. 5(2).

Afika Fitria Permatasari, M. W. (2017). Perubahan Perilaku Masyarakat Jawa dalam Penyelenggaraan Resepsi Pernikahan di Kota Surakarta. Jurnal Analisa Sosiologi. Vol. 6(1).

Amelia Alfred Tom, A. J. (2013). Factors Contributing to Communication Apprehension among Pre-University Students. Academic Journal of Interdisciplinary Studies. Vol. 2(8).

Anwar, C. (2015). Manajemen Konflik untuk Menciptakan Komunikasi yang Efektif (Studi Kasus Di Departemen Purchasing PT. Sumi Rubber Indonesia). Jurnal Interaksi. Vol. 4(2).

Aryadillah. (2017). Kecemasan dalam Public Speaking (Studi Kasus pada Presentasi Makalah Mahasiswa). Cakrawala. Vol. 17(2).

Atmadja, A. T. (2013). Pergulatan Metodologi dan Penelitian Kualitatif Dalam Ranah Ilmu Akuntansi. Jurnal Akuntansi Profesi. Vol. 3(2).

Bukhori, B. (2016). Kecemasan Berbicara di Depan Umum Ditinjau dari Kepercayaan Diri dan Keaktifan dalam Organisasi Kemahasiswaan. Jurnal Komunikasi Islam. Vol. 6(1).

Canu, Z. (2015). Kecemasan Berinteraksi Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang Tahun 2014-2015.

Hidayatullah. (2017). Analisis Faktor-Faktor dalam Mempengaruhi Kecemasan Berkomunikasi di Depan Publik (Studi pada Mahasiswa FISIP dan FKIP Universitas Syiah Kuala) . Jurnal Ilmiah Mahasiswa FISIP Unsyiah Vol 2(3).

Imran. (2013). Fenomena Komunikasi dan Ilmu Komunikasi (Telaah Filsafat Ilmu Berbasis Elemen Epistemologi). Jurnal Studi Komunikasi dan Media. Vol. 17(2).

Kai-Tang Fan, F.-C. L. (2017). A New Accounting Teaching Method to Help Student Overcome Communication Apprehension: An Experimental Study. Journal Review of Integrative Business and Economics Research, Vol. 6(1).

Kakepoto, n. H. (2013). Analyzing Communication Apprehension of Engineering Students of Pakistan for Workplace Environment. European Journal of Business and Management. Vol. 5(5).

Khoiruddin Muchtar, I. K. (2016). Komunikasi Antar Budaya dalam Perspektif Antropologi. Jurnal Manajemen Komunikasi, Vol. 1(2).

Kurniawati, R. (2008). Kecemasan Komunikasi (Communication Apprehension) Fans dalam Interaksi Langsung dengan Idola. Jurnal Ilmu Komunikasi

Morissan. (2013). Teori Komunikasi. Bogor: Ghalia Indonesia.

Muslimin, K. (2013). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Kecemasan Berkomunikasi di Depan Umum (Kasus Mahasiswa Fakultas Dakwah INISNU Jepara). Jurnal Interaksi, Vol. 11(2).

Nova Ayu Widyanigrum Suhartono, I. H. (2017). Hubungan Antara Self-Esteem dengan Kecemasan Komunikasi Public Speaking Mahasiswa Baru. Jurnal Psikologi Kepribadian dan Sosial. Vol. 6.

Nurzali Ismail., K. N. (2009). The Effects of Classroom Communication on Students Academic Performance at The Interpersonal Islamic University Malaysia (IIUM). Unitar E-Journal. Vol. 5(1).

Pontoh, W. P. (2013). Peranan Komunikasi Interpersonal Guru Dalam Meningkatkan Pengetahuan Anak. Journal Acta Diurna. Vol. 1(1).

Prasetyo, A. R. (2011). Cope Method: Teknik Mengurangi Kecemasan. Jurnal Komunikasi Massa. Vol. 4(2).

Pratiwi, H. A. (2016). Komunikasi Interpersonal Mahasiswa dengan Dosen (Tinjauan Communication Apprehension pada Mahasiswa Universitas di Jakarta). Deiksis. Vol. 8(1).

Primasari, W. (2014). Pengelolaan Kecemasan dan Ketidakpastian Diri dalam Berkomunikasi Studi Kasus Mahasiswa Perantau UNISMA Bekasi. Jurnal Ilmu Komunikasi. Vol. 12(1).

Pujileksono, S. (2015). Metode Penelitian Komunikasi Kualitatif. Malang: Kelompok Intrans Publising.

Putri, D. M. (2012). Pembentukan Konsep Diri Anak Usia Dini di One Earth School Bali. Journal Communication Spectrum. Vol. 2(1).

Ronald, A. (2014). Budaya Bermukim Masyarakat Jawa. Sinektika, Vol.14(1).

Sahputra, D. (2016). Kontribusi Kepercayaan Diri dan Kecerdasan Emosi terhadap Komunikasi Interpersonal Siswa serta Implikasinya dalam Pelayanan Bimbingan dan Konseling. Konselor. Vol. 5(3).

Setyastuti, Y. (2012). Apresiasi Komunikasi dalam Komunikasi Antarpribadi. Jurnal Komunikator. Vol. 4(2).

Sofyan, M. A. (2015). Pengaruh Kecemasan Berkomunikasi terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Jurusan Pendidikan Biologi Angkatan 2013 Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makasar. Jurnal Biotek. Vol. 3(1).

Subandi. (2011). Deskripsi Kualitatif sebagai Satu Metode dalam Penelitian Pertunjukan. Harmonia. Vol. 11(2).

Sundary N. Rajagopal, P. M. (2017). What Are The Causes of Communication Apprehension Among Esl Classroom Students?

Wahyuni, S. (2014). Hubungan antara Kepercayaan Diri dengan Kecemasan Berbicara di Depan Umum pada Mahasiswa Psikologi. eJournal Psikologi. Vol. 2(1).

Winarno. (2017). Penerapan Mind Map dengan Model Pembelajaran Peradilan Semu untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) . Integralistik, Vol 28(1).

Yeni Anggraini, A. S. (2017). Hubungan Antara Berpikir Positif Dengan Kecemasan Komunikasi pada mahasiswa. Jurnal Psikologi, Vol. 1(1).

Yohana, C. (2014). Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Komunikasi Interpersonal pada Mahasiswa Pendidikan Tata Niaga Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Econosains. Vol. 12(1).

Z. Mutaqin, W. I. (2018). Perubahan Sosial Budaya Masyarakat Kesepuhan Adat Banten Kidul-Kabupaten Sukabumi. Jurnal Studi Agama- Agama dan Lintas Budaya. Vol. 2(2).




DOI: https://doi.org/10.32509/jhm.v2i1.985

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

     


Recommended Tools :