Pengelolaan Akun Instagram @Shiftmedia.id oleh Kelompok Shift Pemuda Hijrah di Kota Bandung

Raden A. Abdul Rasyiid, Susie Perbawasari, Fajar Syuderajat

Abstract


Instagram merupakan salah satu media sosial yang sering digunakan untuk berbagai kepentingan, termasuk kepentingan kelompok komunitas. Salah satu pengguna Instagram dalam aktivitas kelompok adalah Kelompok Shift Pemuda Hijrah di Kota Bandung. Kelompok itu menyebarluaskan konten mengenai jadwal dan rangkuman ceramah dengan menyisipkan komedi dan aksi dengan sudut pandang komedi dan nilai keagamaan. Akun @shiftmedia.id belum optimal dalam mengelola konten, karena hanya menggunakan cara manual dalam melihat interaksi yang terjadi. Dalam pengelolaannya, kelompok shift pemuda hijrah kurang memanfaatkan beberapa sektor, salah satunya tidak melakukan media monitoring dan tidak melakukan respon dengan cepat. Hal yang sudah mereka lakukan dalam tahap ini adalah menggunakan fitur live instagram untuk berinteraksi secara real time. Pada tahap engage, kelompok shift pemuda hijrah hanya memiliki influencer dari internal kepengurusannya. Untuk menentukan audience mereka menggunakan acuan dari segmentasi market dakwah yang sudah dibuat, sedangkan untuk menarik audience mereka hanya memperhatikan aspek aksi, komedi, dan nilai di dalam konten yang dibuat.

Full Text:

PDF

References


Atmoko Dwi, Bambang. (2012). Instagram.

Alkhowaiter, Wassan. The Power of Instagram in Building Small Businesses. International Federation for Information Processing.

Denzin, Norman K. dan Yvonna S. Lincoln. (2000). Handbook of Qualitative Research.Thousand Oaks: The Sage Publication.

Luttrell, Regina. (2015). Social Media. London: Rowman & Littlefield.

Johnson, Erika K. dan Seoyeon Celine Hong.2015. Social Media as Loudspeeker for Nike: Can Image Repair Communication on Facebook Impact Emotion and Responsibility Attribution? Journal Public Relations PRSA. Vol 9.

Moleong, L.J. (2016). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nasrullah, Rulli. (2015). Media Sosial. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Pawito. (2007). Penelitian Komunikasi Kualitatif. Yogyakarta: LKIS.

Phillips, David dan Philip Young. (2009). Online Public Elations. London: Kogan Page Limited.

Rakhmat, Jalaluddin. (2009). Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Satori, Djaman dan Aan Komariah. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Smith, Ronald D. (2008). Strategic Planning for Public Relations. London: Lawrence Erlbaum Associates.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.32509/jhm.v2i1.988

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

     


Recommended Tools :