Peningkatan Keterampilan Komunikasi Guru Bagi Tumbuh Kembang Anak Pada “TPA Jasmine Kiddy Care”

Eni Kardi Wiyati, Nurul Fadzar Sukarni, Elis Haerani

Abstract


Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) memiliki peran penting dalam perkembangan anak, baik bagi tumbuh kembang dan pendidikan sosial.  Adanya perkembangan jaman, menjadi tantangan bagi orang tua (yang bekerja di luar rumah), untuk dapat memberikan proses pengajaran yang tepat baik anak.  Upaya yang dilakukan oleh orang tua adalah dengan menitipkan anak pada Tempat Penitipan Anak. Peran guru menjadi penting dalam proses pengajaran, tidak hanya memberikan pendidikan tapi mengenalkan lingkungan sosial, sehingga anak dapat tumbuh kembang secara mandiri  Untuk itu perlu dilakukan kegiatan pelatihan komunikasi bagi guru agar dapat meningkatkan keterampilan agar memberikan “kata sesuai konteks selama proses pembelajaran. Kegiatan pelatihan dilakukan kepada Guru TPA Jasmine Kiddy Care dengan metode ceramah (penyampaian materi) dan diskusi/tanya jawab. Hasil kegiatan bahwa guru menilai adanya kesesuaian materi yang digunakan dalam menerapkan proses pengajaran.  Selain dapat meningkatkan keterampilan dalam hal komunikasi juga menjadi proses pembelajaran tersendiri sehingga dapat menerapkan dan menggunakan komunikasi yang tepat bagi peningkatan tumbuh kembang anak, terutama dengan menggunakan komunikasi dua arah.  Bentuk komunikasi efektif dalam proses pengajaran di antaranya; mendengarkan dengan aktif seperti guru harus menjadi pendengar yang baik, tidak memotong pembicaraan anak, dan berusaha memahami apa yang ingin disampaikan.


Full Text:

PDF

References


Ade, T. T. (2019). Pelatihan komunikasi efektif dalam pembentukan karakter anak di Cilendek Barat dan Timur - Kecamatan Bogor Barat. Jurnal Abdi Moestopo, 2(1), 17–22. ISSN: 2599-249X.

Alma, N. (2021). Tingkat keterampilan komunikasi guru PAUD. Jurnal Pelita PAUD, 6(1).

Asmaunizar. (2023). Cara berkomunikasi dengan anak usia dini secara efektif. Jurnal Pendidikan Anak Tarbiyatul-Aulad, 9(1).

Fimala, Y., S., N., & Murni, I. (2021). Peran orang tua dan guru dalam memotivasi peserta didik. Jurnal Penelitian Guru Indonesia.

Gunawan, S. (2018). Pengaruh komunikasi interpersonal guru dalam meningkatkan rasa percaya diri anak usia dini. Jurnal Medium, 6(2).

Khaironi, M. (2017). Pendidikan karakter anak usia dini. Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi.

Hutapea, L. (2016). Gaya komunikasi interpersonal orang tua dalam mencegah penyalahgunaan narkoba pada remaja di Desa Cinta Rakyat Kecamatan Percut Seituan Kabupaten Deli Serdang. Jurnal Al-Balagh, 1(1), 126–137.

Leny, D., Syahputra, R., & Ariani, N. (2023). Peran daycare dalam stimulasi perkembangan fisik motorik anak usia 2–3 tahun di Daycare Kepik Kuning Tangerang Selatan. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 5(1). https://doi.org/10.33527/ijec.v5i1

Nurma, A., Fitriyani, S., & Lestari, D. (2019). Pola komunikasi guru dalam pembelajaran anak usia dini. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(2), 137–142.

Puspita Sari, A., Rudianto, B., Nasution, R., Prasetya, M. A., & Responden, C. (2022). Game reality. JIKA (Jurnal Informatika), 6(1), 10–17. https://doi.org/10.31000/JIKA.V6I1.51




DOI: https://doi.org/10.32509/dianmas.v5i1.5847

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 Indexed by:

      

Recommended Tools :

 


JURNAL PUSTAKA DIANMAS

Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 085714422271 (Chat Only)

email: pustakadianmas@jrl.moestopo.ac.id