TATA KELOLA KONTEN MEDIA SOSIAL SEBAGAI SUMBER PEMBERITAAN TVRI NASIONAL
Abstract
Dalam kondisi ideal sumber berita televisi berasal dari liputan, newswire dan jurnalisme warga. Namun akhir-akhir ini, TVRI menjadikan konten media sosial sebagai sumber berita. Fenomena ini akhirnya menimbulkan pertanyaan, sebagai Lembaga Penyiaran Publik LPP, bagaimana kejelasan produksi berita TVRI? Bagaimana akurasi beritanya? Dan bagaimana penerapan etika jurnalistiknya dalam memproduksi berita? Karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kejelasan produksi berita TVRI, akurasi dan penerapan etika jurnalistik, ketika TVRI memproduksi berita yang bersumber dari media sosial. Pendekatan penelitian ini secara kualitatif, menggunakan paradigma konstruktivisme dengan metode studi kasus. Objek penelitian konten media sosial sedangkan subjek penelitian adalah pihak manajemen pemberitaan dan produser berita TVRI. Teori yang digunakan adalah teori framing dan agenda setting. Hasilnya, konten media sosial yang digunakan TVRI sebagai sumber berita hanya sebagai pendahulu dan pelengkap. Namun kejelasan produksi berita, akurasi dan penerapan etika jurnalistiknya tidak diragukan. Dalam pemilihan konten media sosial, tim redaksi memperhatikan proses seleksi, penekanan atas sebuah isu, dan penyajian. Mereka memandang konten media sosial penting dan perlu digunakan, dengan mempertimbangkan era konvergensi media dan kecepatan berita.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Buku
Fred, Wibowo, (2007) Teknik Produksi Program Televisi, Surabaya: Pinus Book Publisher
Griffiths, Mary & Barbour, Kim, (2016) Making Publics, Making Places. Adelaide: University of Adelaide Press
Halim, Syaiful, (2012) Reportase dan Produksi Berita Televisi, Yogyakarta: Matahari Production.
Hikmat, H. Mahi M. (2018) Jurnalisitk : Literary Journalism. Jakarta: Prenadamedia Group
Intani ZA, Retno. (2017) TVRI Sebagai Lembaga Penyiaran Publik Reinvensi dan Implementasi atas Pemaknaan Televisi Publik, Jakarta: PT Mandala Nasional (Publishing)
Littlejohn, Stephen W. & Foss, Karen A. (2009) Encyclopedia of Communication Theory. California: SAGE Publications, Inc.
Morissan, M.A. (2008) Jurnalistik Televisi Mutakhir, Jakarta: Media Grafika 77.
Nugroho, B., & Samsuri. (2013) Pers Berkualitas, Masyarakat Cerdas. Jakarta: Dewan Pers
Pendleton, Ivy K (2013) A Quick Reference Mini Book for Public Relations and Publicity Strategy, Washington DC: The Communications Agency
Suryani, Heni. (2020) Cara Praktis Reporter Pemula Memburu Berita. Jakarta: CV. Pilar Nusantara.
Wahyuningsih, Sri (2013) Metode Penelitian Studi Kasus, Bangkalan: UTM Press
Wibawa, Darajat, (2020) JURNALISME WARGA: Perlindungan,. Pertanggungjawaban, Etika dan Hukum, Bandung: CV. Mimbar Pustaka
Jurnal
Hadi, Ido Prijana, (2017). Akurasi Berita di Media Sosial Menurut Pengguna (Studi Fenomenologi Pengguna Media Sosial). In: Komunikasi Dalam Membangun Kebersamaan Dan Kemajemukan Bangsa. Konferensi Nasional ASPIKOM 2017, 05-10-2017, Salatiga - Indonesia.
Hariyanto,. (2019). Penerapan Bahasa Jurnalistik dalam Penulisan Naskah Siaran. Berita pada Karya Praktikum Jurnalistik Televisi. Klitika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Volume 1, Nomor 2, 2019, pp 117 – 131
Kusadjibrata, Nasrullah, (2019). Efektifitas Media Sosial Sebagai Sumber Berita dalam Newsroom Televisi (Studi Kasus Kompas TV), Jurnal Ilmiah Komunikasi, Vol 23 No 2 (2019): Vol. 23 No. 2 Agustus 2019 IKON
Muslimah, Fauziah, (2022). Podcast Sebagai Media Alternatif Praktik Jurnalistik Radio oleh Tempo, Jurnal Studi Jurnalistik Vol 4, No 1
Ramadhan, andika, (2022). Praktik Jurnalistik dalam Era Media Sosial: Studi Kasus pada Jurnalis Televisi, Skripsi, Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah
Ritonga, Elfi Yanti. (2018). Teori Agenda Setting dalam Ilmu Komunikasi. Jurnal Simbolika, 32-41
Rosemarwati, Tri Utami dan Lindawati, Lisa (2019). Penggunaan Media Sosial Sebagai Sumber Berita oleh Jurnalis Media Daring di Indonesia, Yogyakarta: Jurnal Studi Komunikasi dan Media ISSN: 1978-5003 e-ISSN: 2407-6015
Sarvika, MA, & Mayangsari, ID, (2016). Produksi Siaran Berita Televisi (Studi Deskriptif Pada Proses Produksi Siaran Program Berita Ada Berita Petang Di Jak-tv). Vol 3 No 2.
Wijaya, Stefani dan Eddyono, AS, (2021). Pemanfaatan Media Sosial Instagram oleh Redaksi Kuninganmass, Jurnal Ilmu Komunikasi, Vol. 4(1), April, 2021, pp 73-85
DOI: https://doi.org/10.32509/dinamika.v9i1.4277
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Dinamika Ilmu Komunikasi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed by:
Recomended Tools:
Jurnal Dinamika Ilmu Komunikasi
Program Pascasarjana, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 082137118246 (Chat Only)
email: dinamika@jrl.moestopo.ac.id
Copyright (c) 2024 Jurnal Dinamika Ilmu Komunikasi
Licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.