Strategi Komunikasi Pemasaran Politik Incumbent H Ahmad Sahroni

Muhammad Mirza Rangkuti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi komunikasi pemasaran politik yang diterapkan oleh H. Ahmad Sahroni serta peran media sosial dalam meningkatkan efektivitas strategi tersebut. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan rancangan konstruktivis, yang menekankan bahwa pengetahuan dibangun secara aktif melalui pengalaman dan interaksi sosial. Dalam pemilihan umum legislatif 2024, semua partai politik bersaing untuk merebut kekuasaan di daerah pemilihannya. Oleh karena itu, strategi komunikasi pemasaran politik sangat penting untuk meraih suara terbanyak dan memenangkan pesta demokrasi lima tahunan ini. Tesis ini berfokus pada strategi komunikasi pemasaran politik H. Ahmad Sahroni, S.E., M.I. Kom. dari Partai NasDem, dengan tujuan meningkatkan jumlah suara dari calon pemilih serta memperkuat representasi partai dan figur yang diusung. Strategi komunikasi H. Ahmad Sahroni berfokus pada pembangunan hubungan yang kuat dengan masyarakat melalui komunikasi yang aktif, kreatif, dan berkelanjutan. Sahroni dan partainya memanfaatkan media sosial untuk berinteraksi dengan generasi muda dan warga perkotaan di Jakarta, menggunakan platform seperti Instagram, TikTok, dan YouTube untuk meningkatkan visibilitas dan menjaga momentum kampanye.


Keywords


Strategi; Komunikasi Pemasaran Politik; Incumbent; H. Ahmad Sahroni, S.E., M.I. Kom.

Full Text:

PDF

References


E-JOURNAL

Batara, P. A. L., Prisanto, G. F., Ernungtyas, N. F., Irwansyah, I., & Hasna, S. (2020). Strategi komunikasi pemasaran politik pada pemilu legislatif. Metacommunication; Journal of Communication Studies, 5(2), 184-194. https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/MC/article/view/7812/6457

Fadhil, M. N., & Putra, D. K. S. (2024). Strategi Komunikasi Politik Partai Nasdem Untuk Gen-Z Pada Pemilu Legislatif Kota Bandung 2024 Melalui Instagram@ Nasdem. Bdg. EProceedings of Management, 11(6).

Fahruji, D., & Fahrudin, A. (2023). Pemanfaatan media sosial dalam kampanye politik menjelang Pemilu 2024: Studi kasus tentang akun media sosial partai politik dan politisi. JIKA (Jurnal Ilmu Komunikasi Andalan), 6(2), 118–132

Firmansyah, A. (2020). Komunikasi pemasaran (Edisi ke-3). Pasuruan: Qiara Media. https://eprints.instiperjogja.ac.id/id/eprint/2112/13/JURNAL_20703.pdf

Harahap, I. H. (2020). Kampanye Pilpres 2019 melalui media sosial dan pengaruhnya terhadap demokrasi Indonesia. KOMUNIKOLOGI: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 17(01). https://doi.org/10.23969/paradigmapolistaat.v6i2.11602

Hasna, S. (2020). Strategi komunikasi pemasaran politik pada pemilu legislatif. Metacommunication; Journal of Communication Studies, 5(2), 184-194. https://doi.org/10.30997/jk.v7i1.4231

Jati, M. P. W., & Suparlan, O. (2024). Strategi marketing politik Partai Nasdem Kota Jogja menyongsong pemilihan legislatif 2024. EKOMA: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, 3(2), 747-759. https://doi.org/10.56799/ekoma.v3i2.2874

Majid, N. (2023). Strategi komunikasi politik dalam pemilihan umum di era digital. PERSEPTIF: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 1(2), 53-61. http://journal.yazri.com/index.php/perseptif

Mandapu, I. T. (2022). Government dalam proses pemilihan lurah e-voting Kabupaten Sleman Kapanewon Turi Kalurahan Wonokerto (Tesis doktoral, Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat Desa "APMD"). https://etd.umy.ac.id/id/eprint/44361

Niemi, R. G., & Weisberg, H. F. (2018). Book of Controversies in voting behavior. Routledge.

Panuju, R. (2019). Problem migrasi siaran TV analog ke digital. Hikmah, 13(1), 120-133. Panuju, R. (2019). Problem migrasi siaran TV analog ke digital. Hikmah, 13(1), 120-133. https://doi.org/10.24952/hik.v13i1.1712

Sahid, R., & Budianto, H. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran Politik Airlangga Hartarto Dalam Membangun Political Branding Menjadi Capres 2024. ORASI: Jurnal Dakwah dan Komunikasi, 13(2), 238-250. https://ejournal-jayabaya.id/Perspektif/article/view/145/129

Syaifudin, A. A. (2022). Komunikasi Pemasaran Politik. NIVEDANA: Jurnal Komunikasi Dan Bahasa, 3(2), 190–209.

Sitompul, A. N., Zubaedah, I., & Aishy, D. (2023). Strategi politik calon independen dalam pemenangan Pilkada Serentak 2024 di Kotamadya Sibolga: Studi pemenangan pasangan Achmad Sulhan dan Edwad Siahaan. Jurnal Studi Interdisipliner Perspektif, 23(1), 34–42.




DOI: https://doi.org/10.32509/dinamika.v11i1.5304

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Dinamika Ilmu Komunikasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


 Indexed by:

        

Recomended Tools:

 



Jurnal Dinamika Ilmu Komunikasi

Program Pascasarjana, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 082137118246 (Chat Only)

email: dinamika@jrl.moestopo.ac.id

 

Copyright (c) 2024 Jurnal Dinamika Ilmu Komunikasi

Licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.