Transformasi Cyber Public Relations VR Journey Indonesia: Peluang dan Tantangan Virtual Reality

Aina Fitralisti, Lathifa Prima Ghanistyana, Marshella Hudzaifah Indriani, Resti Yulianti, Adinda Rizky Amalia

Abstract


Perkembangan teknologi digital mendorong perubahan signifikan dalam praktik hubungan masyarakat (public relations), salah satunya melalui pengintegrasian Virtual Reality (VR) dalam strategi Cyber Public Relations (CPR). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis transformasi CPR di VR Journey Indonesia dalam mengoptimalkan teknologi VR untuk memperkuat komunikasi merek berbasis nilai religius. Menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, penelitian ini mengumpulkan data melalui wawancara mendalam dan observasi partisipatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa VR mampu menciptakan pengalaman komunikasi yang lebih imersif dan emosional, memperkuat keterikatan audiens serta meningkatkan efektivitas brand engagement. Tantangan seperti keterbatasan perangkat dan kebutuhan peningkatan kompetensi sumber daya manusia menjadi faktor penting yang harus diatasi untuk optimalisasi penggunaan VR. Studi ini menegaskan pentingnya inovasi berbasis nilai dalam pengembangan komunikasi digital untuk meningkatkan loyalitas dan membangun hubungan jangka panjang dengan audiens di era imersif.


Keywords


Transformasi Digital; Cyber Public Relations; Virtual Reality; Komunikasi Imersif; VR Journey Indonesia

Full Text:

PDF

References


Alifha, F., & Hapsari, D. R. (2021). Effectiveness of Cyber Government Public Relations in Dissemination of Health Information as a Form of Crisis Communication (Case: Covid-19 Health Information Bogor Regency Community). Jurnal Sains Komunikasi Dan Pengembangan Masyarakat, 05(06), 837–842.

Amanova, F. Y. A., & Andryani, K. A. (2023). Advocacy of violence against women through the implementation of cyber public relations at the Rifka Annisa women’s Crisis Center. Commicast, 4(1), 91–98. https://doi.org/10.12928/commicast.v4i1.7612

Andzani, D., & Irwansyah. (2023). DINAMIKA KOMUNIKASI DIGITAL: TREN, TANTANGAN, DAN PROSPEK MASA DEPAN, 4(11).

Asari, A., Fahlevi, R., Astuti, S. W., Nugroho, B. S., Hasyim, M., Utami, N. K., … Agitha, N. (2023). Pengantar ilmu komunikasi. (M. E. r : Diana Purnama Sari & M. . Free Dirga Dwarta, S.Psi., Eds.). PT GLOBAL EKSEKUTIF TEKNOLOGI.

Asari, A., Syaifuddin, E. R., Ningsi, N., Sudianto, Maria, H. D., Adhicandra, I., … Murti, S. (2023). Komunikasi digital. Buku Dosen-2009. Lakeisha.

Cangara, H. (2013). Perencanaan dan Strategi Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Effendy, O. U. (2009). Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek. PT.REMAJA ROSDAKARYA Jl. (22nd ed.). Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.

Fiorentino, M., Ricci, M., Evangelista, A., Manghisi, V. M., & Uva, A. E. (2022). A Multi-Sensory In-Store Virtual Reality Customer Journey for Retailing: A Field Study in a Furniture Flagship Store. Future Internet, 14(12). https://doi.org/10.3390/fi14120381

Hanapiah, F. A. (2019). Use of Virtual Reality in Rehabilitation. International Journal of Human and Health Sciences (IJHHS), 11. https://doi.org/10.31344/ijhhs.v0i0.129

Kusteja, N. F., Susanti, A. I., & Aprianti, N. A. (2024). IMPLEMENTASI VIRTUAL REALITY (VR) DALAM PENDIDIKAN KEBIDANAN: A SCOPING REVIEW, 7(2).

Lestari, P. P. (2024). Dakwah Digital Untuk Generasi Millenial. Journal Uin Suka, 4(2), 1–10. https://doi.org/10.61519/tby.v4i2.50

Lindner, P., Miloff, A., Hamilton, W., & Carlbring, P. (2019). The potential of consumer-targeted virtual reality relaxation applications: Descriptive usage, uptake and application performance statistics for a first-generation application. Frontiers in Psychology, 10(FEB), 1–6. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2019.00132

Maulana, A. C. (2023). Cyber Public Relations Dalam Mempertahankan Citra Pondok Pesantren Melalui Media Sosial Instagram (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Pondok Pesantren Al-Munawwir Krapyak Yogyakarta).

Nikmah, F. (2020). Digitalisasi Dan Tantangan Dakwah Di Era Milenial. Muẚṣarah: Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 2(1), 45. https://doi.org/10.18592/msr.v2i1.3666

Onggo, B. J. (2004). E-PR menggapai publisitas di era interaktif lewat media online (1st ed.). Yogyakarta: ANDI Offset.

Putra, M. A. S., & Anshari, F. (2016). Cyber Public Relations Dalam Klub Sepakbola Di Indonesia: Studi Pada Persija Jakarta. CoverAge:Journal of Strategic Communication, 7(1), 43–54.

Ramadani, F., & Sofia, K. R. (2019). Strategi Marketing Public Relations untuk Membangun Citra Innisfree melalui Penggunaan Virtual Reality. Jurnal Penelitian Komunikasi, 22(2), 169–180. https://doi.org/10.20422/jpk.v22i2.635

Rauscher, M., Humpe, A., & Brehm, L. (2020). Virtual reality in tourism: Is it “Real” enough? Academica Turistica, 13(2), 127–138. https://doi.org/10.26493/2335-4194.13.127-138

Ray Octafian, Sony Heru Priyanto, & Tonny Hendratono. (2024). Tourism Transformation : Utilizing Virtual Reality to Attract Tourists. Proceeding of The International Global Tourism Science and Vocational Education, 1(2), 123–131. https://doi.org/10.62951/icgtsave.v1i2.33

Slater, M., & Sanchez-Vives, M. V. (2016). Enhancing our lives with immersive virtual reality. Frontiers Robotics AI, 3(DEC), 1–47. https://doi.org/10.3389/frobt.2016.00074

Sri, H. D. A., & Eny, S. (2020). Cyber Public Relations Diskominfo Kabupaten Klaten dalam Optimalisasi Layanan Informasi Publik. Academic Journal of Da’wa and Communication, 01(01), 41–57.

Susanto, T., Utamidewi, W., Muhamad, R. P. N., & Syamsuri, S. A. (2019). Implementasi Cyber Public Relations Universitas Singaperbangsa Karawang Pada Persaingan Era Digital. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 3(1), 200. https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v3i1.3454

Syifa, A. N., & Retnasary, M. (2023). Pengaruh Cyber Public Relations Terhadap Citra Produk Mineral Botanica Di Kalangan Pelanggan Pekanbaru. Repository.Uin-Suska.Ac.Id, (3889), 18–26.

Walter, E., & Gioglio, J. (2015). The Power of Visual Storytelling: How to Use Visuals, Videos, and Social Media to Market Your Brand. McGraw-Hill Education.

Wayne, T. (2024). 8 ways to use virtual reality in PR campaigns—best practices and challenges. Agility PR.

We Are Social Meltwater. (2023). Digital 2023 Report. Meltwater, 213.




DOI: https://doi.org/10.32509/dinamika.v11i1.5309

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Dinamika Ilmu Komunikasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


 Indexed by:

        

Recomended Tools:

 



Jurnal Dinamika Ilmu Komunikasi

Program Pascasarjana, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 082137118246 (Chat Only)

email: dinamika@jrl.moestopo.ac.id

 

Copyright (c) 2024 Jurnal Dinamika Ilmu Komunikasi

Licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.