PROSES NEGOSIASI DALAM KERJASAMA PT. ARINA MULTIKARYA DENGAN PT. RAMA INDONESIA

Devi Wahyuni

Abstract


Salah satu kegiatan Public Relations adalah negosiasi yang terdapat pada bauran humas, dan pada perusahaan PT.
Arina Multikarya, fungsi humas dijalankan oleh divisi marketing, peran marketing sangat penting bagi perusahaan
karena marketing menjalankan tujuan utama perusahaan yaitu dengan bernegosiasi pada klien untuk menuju
kesepakatan. Maka dari itu marketing perlu menggunakan strategi negosiasi yang tepat untuk kesuksesan dalam
bernegosiasi.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi negosiasi divisi marketing dalam meyakinkan
klienuntuk mencapai kesepakatan dan dari masalah penelitian, penulis merumuskan masalah pokok sebagai
berikut Bagaimana negosiasi yang dilakukan PT. Arina Multikarya dalam menjalin kerjasama antar perusahaan?
Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus berupa uraian
wawancara dan penjelasan komperhensif mengenai berbagai aspek. Seorang individu, kelompok, organisasi suatu
program atau situasi sosial.
Hasil penelitian yang didapat, strategi negosiasi yang digunakan oleh marketing yaitu win-win solutions, masing-masing pihak tidak ada yang dirugikan atau sama-sama untung, tetapi pada saat-saat tertentu lose-win juga bisa
dilakukan, yaitu salah satu pihak mengalah dengan keperluan tertentu. Sebelum proses negosiasi, marketing
melakukan persiapan dengan mengumpulkan informasi serta data-data harga pasaran sebagai bahan pertimbangan
pada saat bernegosiasi dan juga pendekatan pada klien agar memudahkan pada saat proses negosiasi, saran yang
harus dilakukan oleh PT. Arina Multikarya dalam melakukan kegiatan negosiasi, marketing harus lebih memahami
tugasnya bukan hanya sebagian marketing yang menawarkan suatu kerjasama saja tetapi juga yang membawa
nama besar perusahaan serta menciptakan citra positif bagi perusahaan.


Keywords


Negosiasi, Klien, Kesepakatan, Win-win Solutions

Full Text:

PDF

References


Dermawan, Soemanegara, R, Marketing Comunication,

PT. Bhuana Ilmu Populer, Jakarta, 2006

Dowson, Roger, Seni Negosiasi, PT. Gramedia Pustaka

Utama, Jakarta, 2010 Dwi Ratna Dewi, Liza,

Teori Komunikasi, Renata Pratama Media,

Jakarta, 2008

Elvinaro, Ardianto, Metodologi Penelitian Untuk

Public Relation, PT. Sembiosa Rekatama Media,

Bandung 2010

E, Purdi, Chandra, Menjadi Enterprener Sukses, PT.

Grasindo, Jakarta, 2001

Kriyanto, Rachmat, Teknik Praktis Riset Komunikasi,

PT. Kharisma Putra Utama, Jakarta, 2009

Mulyana, Deddy, Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar,

PT. Remaja Rosdakarya, Bandung, 2006

Riswandi, Ilmu Komunikasi, PT. Graha Ilmu, 2009

Ruslan, Rosady, Etika Kehumasan, PT. Raja Grafindo

Persada, Jakarta, 2002

Ruslan, Rosandy, Metode Penelitian Kualitatif, PT.

Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2010

Scott, Bill, Strategi Dan Teknik Negosiasi, cetakan ke

-2, PT. Pustaka Bihaman Presindo, 1985

S.Djuarsa, Sendjaja, dkk, Pengantar Ilmu Komunikasi,

Universitas Terbuka, 2009 Schiffman, Stephan,

Teknik Efektif Negosiasi, PT. Grafika Mardi

Yuana, Bogor 2010 Sugiyono, Metode Penelitian

Administrasi, CV. Alfabeta, Bandung, 2004

Sutojo, Siswanto, Komunikasi Bisnis yang Efektif, PT.

Damar Mulia Pustaka, Jakarta, 2003

Website

http://danang-leo-handoko.blogspot.com/2012/01

http://id.wikipedia.org/wiki/penelitian_kualitatif

http://belajarpsikologi.com/metode-penelitian-kualitatif

http://www.majalahpendidikan.com/2011/04/

triangulasi-dalam-penelitian.html




DOI: https://doi.org/10.32509/wacana.v14i2.105

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 Indexed by:

     

 Recommended Tools :

 

 

WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi

Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 085714422271 (Chat Only)

email: wacana@dsn.moestopo.ac.id

 

Creative Commons License

WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.