PROSES NEGOSIASI DALAM KERJASAMA PT. ARINA MULTIKARYA DENGAN PT. RAMA INDONESIA
Abstract
Salah satu kegiatan Public Relations adalah negosiasi yang terdapat pada bauran humas, dan pada perusahaan PT.
Arina Multikarya, fungsi humas dijalankan oleh divisi marketing, peran marketing sangat penting bagi perusahaan
karena marketing menjalankan tujuan utama perusahaan yaitu dengan bernegosiasi pada klien untuk menuju
kesepakatan. Maka dari itu marketing perlu menggunakan strategi negosiasi yang tepat untuk kesuksesan dalam
bernegosiasi.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi negosiasi divisi marketing dalam meyakinkan
klienuntuk mencapai kesepakatan dan dari masalah penelitian, penulis merumuskan masalah pokok sebagai
berikut Bagaimana negosiasi yang dilakukan PT. Arina Multikarya dalam menjalin kerjasama antar perusahaan?
Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus berupa uraian
wawancara dan penjelasan komperhensif mengenai berbagai aspek. Seorang individu, kelompok, organisasi suatu
program atau situasi sosial.
Hasil penelitian yang didapat, strategi negosiasi yang digunakan oleh marketing yaitu win-win solutions, masing-masing pihak tidak ada yang dirugikan atau sama-sama untung, tetapi pada saat-saat tertentu lose-win juga bisa
dilakukan, yaitu salah satu pihak mengalah dengan keperluan tertentu. Sebelum proses negosiasi, marketing
melakukan persiapan dengan mengumpulkan informasi serta data-data harga pasaran sebagai bahan pertimbangan
pada saat bernegosiasi dan juga pendekatan pada klien agar memudahkan pada saat proses negosiasi, saran yang
harus dilakukan oleh PT. Arina Multikarya dalam melakukan kegiatan negosiasi, marketing harus lebih memahami
tugasnya bukan hanya sebagian marketing yang menawarkan suatu kerjasama saja tetapi juga yang membawa
nama besar perusahaan serta menciptakan citra positif bagi perusahaan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Dermawan, Soemanegara, R, Marketing Comunication,
PT. Bhuana Ilmu Populer, Jakarta, 2006
Dowson, Roger, Seni Negosiasi, PT. Gramedia Pustaka
Utama, Jakarta, 2010 Dwi Ratna Dewi, Liza,
Teori Komunikasi, Renata Pratama Media,
Jakarta, 2008
Elvinaro, Ardianto, Metodologi Penelitian Untuk
Public Relation, PT. Sembiosa Rekatama Media,
Bandung 2010
E, Purdi, Chandra, Menjadi Enterprener Sukses, PT.
Grasindo, Jakarta, 2001
Kriyanto, Rachmat, Teknik Praktis Riset Komunikasi,
PT. Kharisma Putra Utama, Jakarta, 2009
Mulyana, Deddy, Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar,
PT. Remaja Rosdakarya, Bandung, 2006
Riswandi, Ilmu Komunikasi, PT. Graha Ilmu, 2009
Ruslan, Rosady, Etika Kehumasan, PT. Raja Grafindo
Persada, Jakarta, 2002
Ruslan, Rosandy, Metode Penelitian Kualitatif, PT.
Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2010
Scott, Bill, Strategi Dan Teknik Negosiasi, cetakan ke
-2, PT. Pustaka Bihaman Presindo, 1985
S.Djuarsa, Sendjaja, dkk, Pengantar Ilmu Komunikasi,
Universitas Terbuka, 2009 Schiffman, Stephan,
Teknik Efektif Negosiasi, PT. Grafika Mardi
Yuana, Bogor 2010 Sugiyono, Metode Penelitian
Administrasi, CV. Alfabeta, Bandung, 2004
Sutojo, Siswanto, Komunikasi Bisnis yang Efektif, PT.
Damar Mulia Pustaka, Jakarta, 2003
Website
http://danang-leo-handoko.blogspot.com/2012/01
http://id.wikipedia.org/wiki/penelitian_kualitatif
http://belajarpsikologi.com/metode-penelitian-kualitatif
http://www.majalahpendidikan.com/2011/04/
triangulasi-dalam-penelitian.html
DOI: https://doi.org/10.32509/wacana.v14i2.105
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Indexed by:
Recommended Tools :
WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi
Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 085714422271 (Chat Only)
email: wacana@dsn.moestopo.ac.id
WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.