STRATEGI KOMUNIKASI HUMAS CV. SINAR BARU LENTERA DALAM MEMENANGKAN TENDER JASA KONSTRUKS

Siti Zerona Karbia Noor

Abstract


Penelitian ini mengambil judul Strategi Komunikasi Humas CV Sinar Baru Lentera dalam Memenangkan Ten-der Jasa Konstruksi. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi
yang dilakukan seorang Humas dalam mengkomunikasikan jasa konstruksi CV Sinar Baru Lentera dan
memperoleh suatu pencapaian perusahaan yaitu tender pembangunan.
Teori yang digunakan adalah 7 - cs PR Communications di mana di dalam teori ini menjelaskan bahwa posisi
dan tugas Humas, memberikan informasi perusahaan secara mendetail dan menyampaikannya secara
berkelanjutan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Metode penelitian
deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk mendapatkan data akurat yang menjelaskan dan menggambarkan
secara rinci mengenai Strategi komunikasi Humas CV Sinar Baru Lentera dalam memenangkan tender jasa
konstruksi. Metode penelitian ini menggunakan pengumpulan data berupa wawancara mendalam, pengamatan
langsung dan penelaahan dokumentasi .
Hasil penelitian yang diperoleh adalah strategi komunikasi yang dipakai Sinar Baru Lentera adalah mengacu
pada program yang ditawarkan kepada client dan sesuai dengan kebutuhan client, juga difokuskan kepada
pengenalan perusahaan. Kunci perusahaan CV Sinar Baru Lentera berada pada Humas. Strategi komunikasi
perusahaan dalam memenangkan suatu tender adalah dengan memberikan program perusahaan yang disesuai-kan kebutuhan client dan pelayanan sebaik mungkin serta menjadi apa yang di inginkan client dan didukung
dengan kualitas pembangunan yang baik.


Keywords


Strategi, Humas, Komunikasi

Full Text:

PDF

References


Anggoro, Linggar, M, Teori & Profesi Kehumasan, PT.

Bumi Aksara, Jakarta, 2001.

Bassar, Emilia, Diktat Dasar-Dasar Humas, Jakarta,

Cangra, Hafied, Pengantar Ilmu Komunikasi, PT

RajaGrafindo Persada, Jakarta, 2005.

Cutlip M. Scot, Center dan Broom, Effective Pub-lic Relations Edisi Kesembilan, Kencana Media

Group, Jakarta, 2006.

Effendy, Onong, Uchjana , Hubungan Masyara-kat Suatu Studi Komunikologis, CV. Mandar

Maju, Bandung, 1986.

--------, Hubungan Masyarakat (Studi Komunikologis),

Remaja Rosdakarya, Bandung, 1986.

--------, Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek, PT.

Remaja Rosdakarya, Bandung, 2005.

--------, Ilmu Teori dan Filsafat Komunikasi, PT. Aditya

Bakti, Bandung, 2003.

--------, Ilmu Teori dan Filsafat Komunikasi, PT.

Aditya Bakti, Bandung, 1993.

--------, Kamus komunikasi, CV. Mandar Maju,

Bandung, 1989.

Iriantara, Yosal, Manajemen Strategi Public Relations,

PT. Ghalia Indonesia, Jakarta, 2004.

Jefkins, Frank, Public Relations edisi kelima, disem-purnakan oleh Daniel Yadin, Erlangga, Jakarta,

Maleong, J. Lexy, Metode Penelitian Kualitatif, PT.

Remaja Rosdakarya, Bandung, 1990.

Moore, Frazier, Humas Prinsipi Kasus dan Masalah,

CV. Remaja Karya, Bandung, 1988.

Oliver, Sandra, Strategi Public Relations, PT. Gelora

Aksara Pratama, Jakarta, 2007.

Rahadja, Natalina Nilamsari, Memahami Psikologi

Khalayak, Lembaga Penerbitan Fakultas Ilmu

Komunikasi Universitas Prof. DR. Moestopo

(Beragama), Jakarta, 2008.

Rahmat, Jalaludin, Metode Penelitian Komunikasi, PT.

Remaja Rosdakarya, Bandung, 1993.

Ratminto dan Winarsih, Septi, Atik, Manajemen Pelay-anan, Pustaka Pelajar. Yogyakarta, 2005.

Robbins, P, Stephen, Perilaku Organisasi: Konsep,

Kontrofersi, Aplikasi , Perihalindo, Jakarta,

Rumanti, Assumpta, Maria, Dasar-Dasar Public Rela-tions Teori dan Praktek, PT. Grasindo, Jakarta,

Ruslan, Rosady, Etika Kehumasan, Konsepsi danAplikasi, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta,

. , Management Public Relations & Media Komunikasi

, Raja

Grafindo Persada, Jakarta, 2007.

, Manajemen Public Relations dan Media Komuni-kasi ,

PT. Raja Garafindo Persada, Jakarta, 2008.

, Metode Penelitian Public Relations dan Komuni-kasi ,

Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2004.

, Manajemen Public Relations dan Media Komu-nikasi;

Konsepsi dan Aplikasi, PT Raja Grafindo Persada, Ja-karta, 2008.

, Praktik dan Solusi Public Relations dalam Situasi Kri-sis

dan Pemulihan Citra, PT. Ghalia Indonesia, Jakarta,

Salim, Agus, Teori dan Paradigma Penelitian Sosial,

PT. Tiara Wacana Yogya, Yogyakarta, 2006.

Sendaja, Djuarsa S, dkk, Pengantar Ilmu Komunikasi,

Universitas Terbuka, Jakarta, 2007.

Simandjuntak, P, John, dkk, Public Relations, Yogya-karta : PT. Graha Ilmu, Yogyakarta, 2003.

Sugiyono, Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, CV. Al-fabeta, Bandung, 2006.

Usman, Husaini dan Akbar, Purnomo, Setiadi, Metode

Penelitian Sosial, PT. Bumi Aksara, Jakarta,

Widjaja, H,A,W, Komunikasi dan Hubungan Ma-syarakat cetakan kelima, Bumi Aksara, Jakarta,

Website

http://blog.ub.ac.id/irfanhandoko2012/2013/03/12/

kredibilitas-sumber/,

diakses pada tanggal 10 februari 2014, pukul 14.40

WIB

http://shelmi.wordpress.com/2009/03/14/pengertian-dan-karakteristik-jasa/,

diakses pada tanggal 26 Juni 2011, pukul 22.21 WIB




DOI: https://doi.org/10.32509/wacana.v14i3.122

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 Indexed by:

     

 Recommended Tools :

 

 

WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi

Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 085714422271 (Chat Only)

email: wacana@dsn.moestopo.ac.id

 

Creative Commons License

WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.