ENTITAS BISNIS BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI : ANALISIS TERHADAP BISNIS DETIKCOM

Natalina Nilamsari

Abstract


Perubahan dalam bidang teknologi komunikasi, yang disebut sebagai revolusi komunikasi termasuk di dalamnya adalah hypermedia, yaitu medium baru (new mediaum) yang mengkombinasikan publishing, televisi, audio dan computer, Personal Computer (PC) yang semakin mudah dan murah untuk diperoleh memungkinkan kekuatan dan kegunaan computer dimanfaatkan oleh setiap rumah tangga. Revolusi digital yang membawa perubahan dalam teknologi internet berdampak besar pada perdagangan global, terutama dalam hal pemberian layanan (service). Pemahaman mengenai ekonomi baru terkadang lebih diartikan sebaai ekonomi informasi karena pengaruh informasi yang sangat besar dalam menciptakan kemakmuran. Bahkan jauh lebih besar dari sumber daya material atau capital.

Sebagai entitas bisnis, detikcom tidak berambisi meraih keuntungan sebesar-besarnya. Kenyataannya, pendapatan dari iklan mampu mencukupi biaya operarional dan produksi bahkan berlebih , sehingga memungkinkan detikcom berkembang. Karena itu pengakses/pembaca detikcom tidak perlu membayar informasi yang diperolehnya dari detikcom. Keberanian dan kreatifitas bersenergi sedemikian rupa sehingga menjadi modal awal dan modal terpenting yang memungkinkan detikcom menjadi trendsetter bisnis media on linememunculkan keunggulannya dan karenanya akan memperoleh tingkat kepercayaan yang semakin tinggi dari public.

Bisnis berbasis teknologi informasi akan semakin berkembang sejalan dengan semakin majunya perangkat lunak dan system aplikasi computer. Dari sisi produk, derivative product sangat mudah dikembangkan dan time to marketrelatif cepat. Contohnya, konvergensi teknologi internet dan mobile phone mampu mendukung transaksi bisnis seperti e-banking dan entertainment. Revolusi digital ini juga diyakini akan mengubah perilaku orang Indonesia, bukan hanya dalam hal memperoleh informasi tetapi juga dalam berbisnis.


Keywords


teknologi informasi, entitas bisnis berbasis teknologi informasi.

Full Text:

XML

References


Apa dan Bagaimana detikcom digital life, Media Informasi Kit, 1999

Naisbitt, John. Global Paradox, Binarupa Aksara, Jakarta, 1994

Oetomo, Budi Sutedjo, Dharma dan Foenadioen, Terminologi Populer Sistem Informasi, Graha Ilmu Yogyakarta, 2003

Oetomo, Budi Sutedjo Dharma dan jarot Priyogutomo, Jargon e-Business Graha ilmu, Yogyakarta 2003

Severin, Werner J and James W Tankard, Jr. Communication Theories; origins, Methods and Uses in The Mass Media, 3rd editions longman, New York, 1992

Ustadiyanto, Riyeke,SE, e-Businees Plan, Perencanaan Pembangunan dan Sraegi Bisnis di Internet, Penerbit Andi, Yogyakarta 2002




DOI: https://doi.org/10.32509/wacana.v5i18.179

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 Indexed by:

     

 Recommended Tools :

 

 

WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi

Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 085714422271 (Chat Only)

email: wacana@dsn.moestopo.ac.id

 

Creative Commons License

WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.