SOCIAL MARKETING DAN PUBLIC RELATIONS Sebuah Pendekatan dalam Perubahan Perilaku Terencana

Herry Hermawan

Abstract


Banyak  orang beranggapan bahwa  public (PR) identik dengan publisitas, propaganda   dan  iklan  gratis.  Anggapan ini muncul karena  biasanya aktivitas  PR,  terutama  di lembaga-lembaga pemerintah, mempublikasikan  kebijakan-kebijakan   pemerintah. PR juga  sering  dipakai  oleh  banyak perusahaan   untuk  memenangkan persaingan baik melalui berita maupun iklan.  Karena iklan harus dibayar, maka berita tentang perusahaan sering   dianggap  iklan   gratis. Tampaknya  tugas  PR di sini sekedar menjaga hubungan  baik dengan media  massa.   Selain  itu  ada  juga  yang menyamakan    PR  dengan hubungan   pribadi  dan  pekerjaan   menjual  senyum.  Walaupun   para praktisi     PR   perlu    mengembangkan hubungan pribadi dan keramahtamahan,   tetapi  hal ini bukan PR


Full Text:

Untitled

References


Andreasen, Alan R. 1995. Marketing Social Change: Changing Behavior to Promote Health, Social Development, and the Environment. San Fransisco: Jossey-Bass Publishers. Gaedeke, Ralph M. 1977. Marketing in Private and Public Nonprofit Organizations : Perspectives and Illustrations. California: Goodyear Publishing

Company, Inc. Kasali, Rhenald. 1994. Manajemen Public Relations: Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Jakarta: PT. Pustaka Utama Grafiti. Newsome, Doug & Bob Carrell. 1995. Public Relations Writing: Form & Style. Fourth Edition. Belmont, California: Wadsworth Publishing Company. Rice, Ronald E. & Charles K. Atkin Tahun (?). Public Communication Campaigns. Second Edition. London: Sage Publications. White, John & Laura Mazur 1995. Strategic Communications Management: Making Public Retetions Work. England: Addison-Wesley Publishing Company.

lnstruktur Bahasa Rusia di Pusat Bahasa Hankam, Departemen Pertahanan dan Keamanan RI, dari Tahun 1990 - 1997.

Staf Operasional Pengajaran di Pusat Bahasa Hankam, Departemen Pertahanan dan Keamanan RI, dari Tahun 1994 - 1995

Kepala Siaran TNI di TVRI dari Tahun 1995-1997

Dosen tetap di Fakultas llmu Komunikasi, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) Jakarta, dari Tahun 1998 - sekarang.

Dosen luar biasa di Sekolah Tinggi llmu Ekonomi Tri Sakti Jakarta, dari Tahun 2000 - sekarang.




DOI: https://doi.org/10.32509/wacana.v4i2.203

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

 

 

 

  

 
 

Indexed by:

   

 



WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi

Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 085714422271 (Chat Only)

Telepon: 021-7261433, 021-7252685
email: wacana@dsn.moestopo.ac.id