DARI PUBLISISTIK KE KOMUNIKASI

Panggih Sundoro

Abstract


Judul Diatas sebenarnya untuk mengetengahkan tentang bagaimana perkembangan dari llmu Publisistik sampai menjadi llmu. Komunikasi, juga perkembangan perubahannya Fakultas llmu Publislstik keFakultas llmu Komunikasi. Khususnya dalam hal ini Fakultas llmu Komunikasi Universitas prof.Dr.Moestopo (Beragama), dalam sejarah berdirinya, pendirinya yaitu Prof. Dr.Moestopo. Oleh karena itu ada sebutan dalam deretan namanya untuk Prof. Dr. Moestopo sebagai Bapak Publisistik. Selain pendiri Fakultas llmu Publisistik Universitas Prof. Dr. Moestopo didirikan oleh Mayor Jenderal prof. Dr. Moestopo tanggal 21 Januari 1963, juga pendiri Fakultas llmu Publisistik Universitas Padjajaran.

Dalam kuliah umum Prof. Dr. jurnalis, penerangan, Humas Moestopo, pada waktu penulis sebagaimana yang dimaksud). Kuliah perdana tahun1964 dikatakan kalau seorang dokter Fakultas Umum Publisistik Unpad, salah menyuntik maka hanya beliau sudah mengatakan llmu seorang yang mati, tetapi kalau Publisistik itu sangat penting seorang komunikator salah karena untuk berkomunikasi. menyuntik, artinya salah Pemahaman tentang publisistik memberikan pemberitaan maka harus mendalam justru karena korbannya tidak hanya satu, inilah"kamu semuah arus belajar korban bias puluhan, ratusan, ilrnu publisistik seluas-luasnya". Ribua norang. Jadi pada waktu itu Prof.Moestopo memperbedakan PakMoestopo sudah melihat dan antara Dokter dengan memperhatikan perkembangan Komunikator (sebutan untuk dari Pubfisistik kekomunikasi).


References


Perkembangan Fakultas llmu Komunikasi dari masa kemasa Jakarta 1987, FIKOM UPDM(B)

Dr. Phil Astrid S. Susanto, Komunikasi dalam Teori dan Praktek, Binacipta, Bandung.

Ors.Ton Kertopati, Dasar- dasar Publisistik PT. Bina Aksara Jakarta 1980. Dosen Publisistik

Buku Fakultas llmu Publisistik Universitas Padjajaran Bandung1973

Narasumber:Ors.H. SunartoMSi

Narasumber Drs.Prajitno, SH




DOI: https://doi.org/10.32509/wacana.v4i2.211

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 Indexed by:

     

 Recommended Tools :

 

 

WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi

Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 085714422271 (Chat Only)

email: wacana@dsn.moestopo.ac.id

 

Creative Commons License

WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.