MEMAHAMI HAK ANDA SEBAGAI KONSUMEN DARI SERBUAN IKLAN DITELEVISI

Wiryanto Wiryanto

Abstract


Usia pertelevisian di Indonesia sudah cukup tua, padat ahun1962 lahir Televisi Republik Indonesia (TVRI) yang dimiliki pemerintah. Tersebut dalam rangka peliputan pesta olah raga NegaranegaraAsia (Asian Carnes) yang diselenggarakan diJakarta pada tahun1962. Sejak saat itu pula dunia periklanan di Indonesia mengalami perubahan dan perkembangan, sebelumnya iklan hanyak dikenal mclalui media luar ruang, surat kabar dan radio, kemudian menyusul iklan mclaluimedia televisi. Secara meluas iklan televise baru dimulai pada tahun 1976 di kota-kota besar. Di pihak lain banjirnya tayangan iklan dalam acaraacara TVRI mcmbuat pemirsa tidak nyarnan dalam nwnyaksikan acaraacara yang disajikunnya, karena selingan "siaran niaga' terscbut. Kekhawatiran yang mcndasar adalah pengaruh iklan bagi perrursa TVRl, yakni mcndorong perilaku konsumerisme masyarakat.




DOI: https://doi.org/10.32509/wacana.v1i4.221

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 Indexed by:

     

 Recommended Tools :

 

 

WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi

Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 085714422271 (Chat Only)

email: wacana@dsn.moestopo.ac.id

 

Creative Commons License

WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.