STRATEGI PROGRAMMING PADA PROGRAM “HAFIZ INDONESIA 2015” RCTI UNTUK MEMPEROLEH RATING SHARE TINGGI

Haronas Kutanto

Abstract


Program televisi Hafiz Indonesia menampilkan anak-anak muda berbakat dalam menghafal Al-Quran. Tujuan Penelitian ini mengetahui Strategi Programing Pengemasan Program Acara Hafiz Indonesia 2015 di RCTI guna memperoleh rating share tinggi. Metode penelitian ini dengan menggunakan kualitatif, Deskriptif teori yang di gunakan yaitu Konsep Produksi Fred Wibowo. Hasilnya yaitu strategi stripping pada saat jumlah audiens besar, strategi checker boarding pada saat jumlah audiens mengalami penurunan, strategi tentpoling untuk memperkenalkan program barunya. Proses perencanaan program Hafiz Indonesia dilakukan secara bersama-sama, dimulai dari program analyst. Kegiatan pra produksi akan ditayangkan dan dimulai dengan penuangan ide atau gagasan ke dalam outline yang berisikan gambaran program suatu acara. Narasumber yang dipilih adalah orang yang memiliki kredibilitas dan mengetahui dengan pasti mengenai topik yang akan dibahas. Secara teoritis hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi yang konstruktif bagi pengembangan dan pengkajian ilmu komunikasi umumnya, secara praktis ini  diharapkan dapat menjadi bahan masukan bagi pihak-pihak yang berkepentingan.                 


Keywords


Strategi Programming, Hafiz Indonesia, Television.

Full Text:

PDF

References


Fred Wibowo. 2007. Teknik Produksi Program Televisi.Yogyakarta: Pinus Book Publisher.

Hertika Yudha Pratiwi, Jurnal FISIP UI 2014 “Strategi Kompetisi Programming Stasiun TV Swasta Nasioal”, Analisisi Terhadap RCTI dan SCTV.

Jauch, Lawrence. R dan Glueck, William 1998. Manajemen Strategis dan Kebijakan Perusahaan. Terjemhan Murad dan Henry Sitanggang, Erlangga, Jakarta

Littlejohn,Stephen W&Foss, Karen A. 2005, Theories of Human Communication, 8th edition, USA, Thomson Wadsworth Chapter9

Loncoln dan Denzim (ed) .1994. Hand Book of Qualitative Research, Sage Publication. Thousan oaks, London.

Naratama, 2004. Menjadi Sutradara Televisi, Gramedia, Palmerah, Jakarta.

Quail, Denis. 1985.Model-Model Komunikasi. Alih Bahasa Putu Laxman Pendit. Jakarta: Uni Primas

Rusman Latief,Yusiantie Utud, Siaran Televisi Non-Drama. Kreatif, Produksi, Public Relation, dan Iklan. Kencana, Rawamangun, Jakarta 2015

Strategi Kompetisi Programming Stasiun TV Swasta Nasioal, Analisisi Terhadap RCTI dan SCTV

RCTI, Visi , Misi dan 3 Pilar Utama /2012/06/definisi-peran-dan-fungsi-mahasiswa.htmlhttp://pengertianpengertian.blogspot.com/2012/10/pengertian-kebiasaan.htmlhttp://id.wikipedia.org/wiki/Dosen

http://pls.upi.edu/index.php/pls-profil/sdm/tupoksi-plshttp://www.smkn3tarakan.net/index.php?option=com_content&view=article&id= 164:peranan-motivasi-dalam-belajar&catid=1:latest-news

(http://rcti.televisi/profile/view/2/Visi--Misi-Dan-3-Pilar-Utama diakses Juni 2015RCTI, Profile Perusahaan. (http://rcti.televisi/profile/view/1 diakses Juni 2015




DOI: https://doi.org/10.32509/wacana.v16i2.29

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

 

 

 

  

 
 

Indexed by:

   

 



WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi

Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 085714422271 (Chat Only)

Telepon: 021-7261433, 021-7252685
email: wacana@dsn.moestopo.ac.id