REPRESENTASI DOMINASI PRIA ATAS WANITA PADA IKLAN CETAK AXE DI MAJALAH FHM

Andi AndyaNovita Kuswadhani

Abstract


Pesan dalam sebuah iklan bukan hanya fasilitas informasi tentang sebuah produk, tetapi merupakan kesatuan antara kepentingan, keberpihakan hingga ideologi. Dalam penelitian ini, peneliti mengangkat tentang bagaimana dorninasi pria atas wanita direpresentasikan dalam sebuah iklan. Dalam hal ini peneliti memilih iklan cetak AXE dalam dua versi. Yaitu, versi "Tarzan" dan versi "Lusty Librarian" yang mencoba menawarkan sebuah representasi dominasi pria atas wanita lewat iklan tersebut.


Full Text:

XML

References


Agger, Ben. 2007. Teori Sosial Kritis. Yogyakarta .. Kreasi Wacana,

Bungin, Burhan. 2003. Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta. Grafindo

Cobley, Paul. 2002. Mengenal Semiotika: For Beginners. Bandung. Mizan Media Utama

Eriyanto. 2005. Analisis Wacana. Yogyakarta. LKIS

Hendratman, Hendri. 2008. Tips dan. Trik Computer Graphis Design.Bandung. lnformatika

lbrahirn, Idy Subandy. Wanita dan Media: Konstruksi ldeologi Gender Dalam Ruang Publik. Bandung. Rosdakarya

Jeffkins, Frank. 1997. Periklanan. Jakarta. Erlangga.

KJ, Veeger. 2001. llmu Budaya Dasar. Jakarta. Prehallindo

Kurniawan. 2001. Semiologi Rolang Barthes. Magelang. Yayasan lndonesiatera

Kasiyan. 2008. Manipulasi dan Dehumanisasi Perempuan Dalam Iklan. Yogyakarta. Ornbak

Mulyana, Deddy. 2007. llmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung. Rosdakarya

Mulyana, Deddy. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung. Rosdakarya.

Moleong, Lexy J. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung. Rosdakarya.

Noviani, Ratna.2002. Jalan Tengah Memahami Iklan: Antara Realitas, Simulasi dan Simulasi. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Nuradi. 1996. Kamus lstilah Periklanan Indonesia. Jakarta. Gramedia Pustaka Utama

Rakhmat, Jalaluddin. 1997. Hegemoni Budaya. Yogyakarta. Bentang

Salim,Agus. 2001. Teori dan Paradigma Peneiuian Sosial.Yogyakarta. Tiara Wacana

Sendjaja, Sasa Djuarsa. 2001. Pengantar Komunikasi. Jakarta. Universitas Terbuka

Sobur, Alex. 2006. Semiotika dan Komunikasi. Bandung. Rosdakarya.

Synnot, Anthony. 1993. Tubuh Sosial: Simbolisme, Diri, dan Masyarakat. Yogyakarta. Jalasutra

West, Richard & Lynn H Turner. 2008. Introducing Communication Theory: Ana/is is and Application. Singapura. Mc Grow Hill

Widyatama, Rendra. 2005. Pengantar Periklanan, Jakarta. Buana Pustaka Indonesia

Widyatama, Rendra.2006. Bias Gender Dalam lklan Televisi: Tangerang. Media Presindo

Winarrso, Heru puji. 2005. Sosiologi Komunikasi Massa. Jakarta: Prestasi Pustaka

Wiryanto, 2004. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta. Grasindo




DOI: https://doi.org/10.32509/wacana.v9i29.314

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 Indexed by:

     

 Recommended Tools :

 

 

WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi

Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 085714422271 (Chat Only)

email: wacana@dsn.moestopo.ac.id

 

Creative Commons License

WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.