REPRESENTASI DOMINASI PRIA ATAS WANITA PADA IKLAN CETAK AXE DI MAJALAH FHM
Abstract
Pesan dalam sebuah iklan bukan hanya fasilitas informasi tentang sebuah produk, tetapi merupakan kesatuan antara kepentingan, keberpihakan hingga ideologi. Dalam penelitian ini, peneliti mengangkat tentang bagaimana dorninasi pria atas wanita direpresentasikan dalam sebuah iklan. Dalam hal ini peneliti memilih iklan cetak AXE dalam dua versi. Yaitu, versi "Tarzan" dan versi "Lusty Librarian" yang mencoba menawarkan sebuah representasi dominasi pria atas wanita lewat iklan tersebut.
Full Text:
XMLReferences
Agger, Ben. 2007. Teori Sosial Kritis. Yogyakarta .. Kreasi Wacana,
Bungin, Burhan. 2003. Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta. Grafindo
Cobley, Paul. 2002. Mengenal Semiotika: For Beginners. Bandung. Mizan Media Utama
Eriyanto. 2005. Analisis Wacana. Yogyakarta. LKIS
Hendratman, Hendri. 2008. Tips dan. Trik Computer Graphis Design.Bandung. lnformatika
lbrahirn, Idy Subandy. Wanita dan Media: Konstruksi ldeologi Gender Dalam Ruang Publik. Bandung. Rosdakarya
Jeffkins, Frank. 1997. Periklanan. Jakarta. Erlangga.
KJ, Veeger. 2001. llmu Budaya Dasar. Jakarta. Prehallindo
Kurniawan. 2001. Semiologi Rolang Barthes. Magelang. Yayasan lndonesiatera
Kasiyan. 2008. Manipulasi dan Dehumanisasi Perempuan Dalam Iklan. Yogyakarta. Ornbak
Mulyana, Deddy. 2007. llmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung. Rosdakarya
Mulyana, Deddy. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung. Rosdakarya.
Moleong, Lexy J. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung. Rosdakarya.
Noviani, Ratna.2002. Jalan Tengah Memahami Iklan: Antara Realitas, Simulasi dan Simulasi. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.
Nuradi. 1996. Kamus lstilah Periklanan Indonesia. Jakarta. Gramedia Pustaka Utama
Rakhmat, Jalaluddin. 1997. Hegemoni Budaya. Yogyakarta. Bentang
Salim,Agus. 2001. Teori dan Paradigma Peneiuian Sosial.Yogyakarta. Tiara Wacana
Sendjaja, Sasa Djuarsa. 2001. Pengantar Komunikasi. Jakarta. Universitas Terbuka
Sobur, Alex. 2006. Semiotika dan Komunikasi. Bandung. Rosdakarya.
Synnot, Anthony. 1993. Tubuh Sosial: Simbolisme, Diri, dan Masyarakat. Yogyakarta. Jalasutra
West, Richard & Lynn H Turner. 2008. Introducing Communication Theory: Ana/is is and Application. Singapura. Mc Grow Hill
Widyatama, Rendra. 2005. Pengantar Periklanan, Jakarta. Buana Pustaka Indonesia
Widyatama, Rendra.2006. Bias Gender Dalam lklan Televisi: Tangerang. Media Presindo
Winarrso, Heru puji. 2005. Sosiologi Komunikasi Massa. Jakarta: Prestasi Pustaka
Wiryanto, 2004. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta. Grasindo
DOI: https://doi.org/10.32509/wacana.v9i29.314
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Indexed by:
Recommended Tools :
WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi
Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 085714422271 (Chat Only)
email: wacana@dsn.moestopo.ac.id
WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.