SELERA BUDAYA DAN PRAKTIK KONSUMSI DALAM BINGKAI PEMIKIRA PIERRE BOURDIEU

Endah Murwani

Abstract


KonsumsI muncul sebagai perhatia budaya dalam perdebatan mengenai perkembangan masyarakat konsumen. Analisis budaya perihal konsumsi berawal   dari   perhatian politik Marxisme yang  mencoba memahami   perbedaan   ant_ara  formasi   social  kapitalis dan  pra-kapitalis.   Selanjutnya  konsumsi  menjadi  isu penting  bagi para pemikir   dan  peneliti,   diantaranya   adalah  Herbert   Marcuse,  Thorstein Veblen, Pierre   Bourdieu,    Jean   Baudrillard,    Jacques  -    Lacan,   dan sebagainya.    Para  pemikir    dan   peneliti tersebut mencoba melihat konsumsi  dengan  kacamata  yang  berbeda.

Tulisan    ini    akan    memfokuskan      masalah    konsumsi    dari pemikiran Pierre  Bourdieu.   Mengapa   mengenai   perihal   konsumsi  ini yang   diangkat    adalah   pemikiran    Bourdieu ?    Salah  satu  alasannya pemikiran    Bourdieu   menggeser   argument    dari  apa  yang  dilakukan konsumsi    terhadap     kita   menjadi    bagaimana    kita    menggunakan konsumsi  untuk  tujuan   pembedaan   social. Untuk  itu  dalam  tulisan  ini pertama     akan    dipaparkan      tentang      perkembangan      masyarakat konsumen,  proses konsumsi  dalam  pemikiran  Bourdieu.



DOI: https://doi.org/10.32509/wacana.v7i25.316

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

 

 

 

  

 
 

Indexed by:

 



WACANA, Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi

Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 085714422271 (Chat Only)

Telepon: 021-7261433, 021-7252685
email: [email protected]