PENGARUH IKLAN UNTUNG BELIUNG BRI BRITAMA DI TELEVISI TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MENABUNG

Ichsan Riandy Putra, Husein Gozali

Abstract


Penelitian ini yang berkaitan dengan pengruh iklan untung beliung BRI BritAma di televisi terhadap keputusan konsumen menabung: Studi regresi di masyarakat penghuni komplek anggrek loka sektor 2.1 BSD City, Tangerang Selatan. Dan memakai teori iklan televisi dan keputusan pembelian dan menggunakan teknik penenlitian nonprobability sampling yaitu purposive sampling yang mana tidak setiap responden di berikan kesempatan untuk mengisi kuisioner, hanya responden yang mempunyai kriteria penelitian saja. Responden yang terdapat dalam responden ini sejumlah 100 orang. Teknis analisa data yang di pakai adalah, uji validitas, reabilitas, uji korelasi, uji regresi linier sederhana. 17.5%.kontribusi yang di berikan dari iklan televisi terhadap  keputusan pembelian, Dapat disimpulkan bahwa responden yang merupakan masyarakat penghuni komplek anggrek loka sektor 2.1.BSD city, Tangerang Selatan, tersebut menganggap iklan Untung Beliung Britama dapat membuat keputusan konsumen untuk menabung di Bank tersebut.

Keywords


Iklan Televisi, keputusan konsumen

Full Text:

PDF

References


Ardianto, Elvinaro dan Lukiato Komala Erdiyana. (2004). Komunikasi Massa Suatu. Pengantar. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Ardianto, E. Komala, L., &Karlinah, S. (2009). Komunikasi Massa Suatu Pengantar Edisi Revisi. Bandung, Indonesia: Simbiosa Rekatama Media.

Belch / Belch (2009) Advertising and Promotion: an Integrated Marketing Communication Perspective.

Belch / Belch (2012) Advertising and Promotion, Perspective Global Edition.

Briargo.co.id, (2012) Gambar laporan laba rugi dari tahun 2010 – 2012 dan laporan komperhensif.Diperoleh dari, (http://www.briagro.co.id/images/). Di akses pada pukul 00:31, 21 Juni 2016.

Bungin, B. (2005). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Prenada Media.

Cahyani, EE. (2016, Juni 21) E jurnal iklan untung beliuing britama terhadap keputusan konsumen menabung. Diperoleh dari,: (http://docplayer.info/316337-Pengaruh-iklan-untung-beliung-britamaterhadap-minat-nasabah-untuk-menabung-di-tabungan-britama-bristudi-kasus-di-kanca-bri-klaten-tesis.html).

Duncan, T.R. (2005). Priciples Of Advertising and IMC. McGraw-Hill Education.

Elliot, Rundle Thiele & waller,( 2012) . Marketing Second Edition. Australia: Jhon Willey & Sons Australia,Ltd.

Fill, C.(2013) Marketing Communication Brand experience and Participation, United kingdom,Pearson education Lmtd. 112

Fill, C.(2013) Marketing Communication Brand experience and Participation. United kingdom, Pearson education Lmtd Sixth Edition.

Gambar logo Bank Bri di akses pada tanggal 24 mei 2016 dan di peroleh dari https://www.google.co.id/search?biw=1366&bih=667&tbm=isch&sa=1 &q=logo+BRI&oq=logo+BRI&gs_l=img.3...214249.219894.0.220128.0 .0.0.0.0.0.0.0..0.0....0...1c.1.64.img..0.0.0.uwQnYOr2c2Q#imgrc=Oe7 xAlxSUcnEdM%3A

Gambaran umum tentang iklan untung beliung BRI BritAma di akses pada siang hari tanggal 4 mei 2016 di peroleh dari https://www.google.co.id/search?q=iklan+untung+beliung+britama+tah un+2016&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=0ahUKEwjm64WLkJT OAhXHVZQKHTQbAfkQ_AUICCgB&biw=1366&bih=667#imgrc=_N86 BPCv1XDiBM%3A

Hackly, C. (2005) Advertising and promotion Communicating Brands, London : SAGE of publication.

Idrus, M( (2009) Metode Penelitian Ilmu Social : Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif Jakarta : Penerbit Erlangga

John, L., Stephen, W., & Karen A. F. (Eds.). (2009). Teori Komunikasi(theories of human communication). Jakarta, Indonesia:SalembaHumanika.

John L. Stephen, W. Theories of Human Communication. (2008). USA: Thomson Learning

Kazmi, SHH and Batra,S.K. (2001) Advertising & Sales Promotion, New delhi : Excel Book.

Kotler, P dan Amstrong ( 2009 ) Manajemen Pemasaran, Edisi ke 13 jilid 2. Jakarta: penerbit Erlangga.

Kotler dan Kller, (2009,p.184) Model keputusan pembelian Marketing Management. 14 Global Edition England: Pearson Educated Limited. 113

Kotler, P. dan Keller, K.L. (2012) Marketing Management. 14 Global Edition England: Pearson Educated Limited.

Kotler, P. dan Keller, K.L. (2012) Marketing Management. Twelth Edition New Jersey : pearson

Kriyantono, R. (2006) Teknik praktis riset komunikasi: disertai contoh praktis riset media public relation, Advetising, komunikasi pemasaran. Jakarta kenacana.

Kountur.R (2005) Metode penelitian untuk penulisan Skripsi dan Tesis Jakarta: PPM

Kusumo, B. (2015) E jurnal, Iklan Untung Beliung Britama Terhadap Minat Konsumen Menabung. Diperoleh dari, https://core.ac.uk/download/files/478/12349499.pdf. Di akses pada malam hari pukul 00:30 pada tanggal 21 Juni 2016.

Lamb/hair/M.C. Daniel (2013) Marketing Twelfth Edition

Lee, M. dan Jhonson C. (2007). Prinsip – Prinsip pokok periklanan dalam Perspektif Global. Jakarta: Kencana.

Marioarty, S.M. dan Wells, W. (2011) Advertising. Jakarta: Kencana.

Martono, N. (2012) Metode Penelitian Kuantitatif Jakarta : PT Raya Grafindo Persada

McQuail, D. (Eds.). (2010). Teori Komunikasi Massa. Jakarta, Indonesia: Salemba.

Morisson M.A. (2008) Manajemen Media Penyiaraan; Strategi Mengelola radio & televisi. Jakarta: Kencana.

Muhidin, dan Sambas, (2007). Analisis Korelasi, Regresi dan Jalur dalam Penelitian. Bandung: CV. Pustaka Setia. 114

Purwoto, A. (2007) Panduan Laboraturium Statistic Inferensial. Jakarta: Grasindo.

Rangkuti, F. (2009) Strategi Promosi Yang Kreatif dan Analisa Kasus Intergrated Marketing Communication. Jakarta; PT Gramedia Pustaka Utama.

Satoso, S. (2006) Seri Solusi Bisnis Berbasis Teknologi Informasi Menggunakan SPSS dan Excel Untuk Mengukur Sikap dan Kepuasan Konsumen. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Saxena, R. (2008) Marketing Management 3 Edition New Delhi Tatat MCgrew - Hill Publishing Company Limited.

Schultz(2009) Intergrated Marketing Communication Emerald Group Publishing Limited

Schiffman dan hanuk (2007) Perilaku Konsumen edisi kedua Jakarta PT.Index Grmedia.

Shimp, dan Terence, A. (2003) Periklanan Promosi Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Erlangga.

Shimp, dan Terence, A. (2010) Advertising, Prmotion and Other Aspect Of Intergrated Markting Communication. USA: Cengange learning.

Simamora, B. (2001) Memenangkan Pasar Dengan Pemasaran Efektif dan Profitable. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Siregar, S. (2013) Statistik Paramatika Untuk Penelitian Kuantitatif Dilengkapi Dengan Perhitungan Manual dan SPSS dan Aplikasi SPSS Versi 2.2. Bumji Aksara.

Siregar, S. (2013) Statistik Paramatika Untuk Penelitian Kuantitatf dan Dilengkapi Dengan Perbandingan Perhitungan Manual dan SPSS. Jakarta: Kencana. 115

Sudaryono, (2014) Aplikasi Statistik Untuk Penelitian. Jakarta: Lentera Ilmu Cendikia.

Sugiyono. (2005). Metode Penelitian Kuantitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, (2014) Aplikasi Statistic Untuk Penelitian Pendidikan (pendekatan kuantitatif, kuantitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sumarwan, U (2004) Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya Dalam Pemasaran Bogor, Ghelia Indonesia

Sunyoto, D. (2013) Perilaku Konsumen, CAPS (Center of Academy Publishing Service) Yogyakarta

Visi dan misi perusahaan PT Bank Bri (Bank Rakyat Indonesia) di akses pada malam hari pukul 20:00 pada tanggal 23 juni 2016di peroleh dari http://www.bri.co.id/




DOI: https://doi.org/10.32509/wacana.v17i1.514

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

 

 

  

 
 

Indexed by:

 



WACANA, Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi

Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 085714422271 (Chat Only)

Telepon: 021-7261433, 021-7252685
email: [email protected]