STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PARIWISATA UNTUK MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN DI PANTAI SUWUK KABUPATEN KEBUMEN

Sumiyati Sumiyati, Lilik Murdiyanto

Abstract


Strategi komunikasi pemasaran merupakan salah satu faktor yang sangat mempengaruhi jumlah pengunjung di suatu obyek wisata karena merupakan suatu rancangan bagaimana mempengaruhi masyarakat dengan berbagai cara sehingga masyarakat mengetahui, kemudian tertarik hingga berkunjung dan bahkan berkunjung kembali bagi wisatawan yang sudah pernah berkunjung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menemukan rumusan strategi pemasaran pariwisata di Pantai Suwuk Kabupaten Kebumen. Metode penelitian menggunakan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dinas Kepemudaan dan Olah Raga dan Pariwisata Kabupaten Kebumen dalam melakukan pemasaran pariwisata Pantai Suwuk telah menggunakan komunikasi pemasaran pariwisata terpadu (marketing communication mix), namun beberapa aspek seperti promosi, SDM, pembinaan pokdarwis, dan relasi media masih lemah, sehingga perlu penguatan dan pembinaan lebih lanjut disertai evaluasi dan monitoring mengenai aspek-aspek tersebut. Satu hal yang perlu dibangun dalam jangka panjang adalah berupaya membentuk branding daerah tujuan wisata untuk lebih meningkatkan daya tarik kunjungan wisatawan.


Keywords


strategi komunikasi pemasaran, pariwisata, swot

Full Text:

PDF

References


Basu Swastha dan Irawan. 2005. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.

Bungin, Burhan. 2015. Komunikasi Pariwisata (Tourism Communication) Pemasaran dan Brand Destinasi. Edisi Pertama. Jakarta: Prenadamedia Group.

Brenda Kienan. 2001. Smaal Buneness Solution Ecommerce. Jakarta: Penerbit Gramedia.

Cangara, Hafied. 2017. Perencanaan dan Strategi Komunikasi. Jakarta: Rajawali Persada.

Denzin, Norman K & Lincoln Yvonna S. 2009. Handbook of Qualitative Research. California: Sage Publication Pvt. Ltd.

Kotler, Philip & Keller, Kevin Lane. 2009. Manajemen Pemasaran Jilid 1. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Machdoedz, Mahmud. 2010. Komunikasi Pemasaran Modern. Yogyakarta: Cakra Ilmu.

Moleong, Lexy J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyana, Deddy. 2005. Komunikasi Efektif Suatu Pendekatan Lintas Budaya. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Morissan. 2010. Periklanan: Komunikasi Pemasaran Perpadu. Edisi Pertama. Jakarta: Kencana Prenada Group.

Nova, Firsan. 2009. Crisis Public Relations: Bagaimana PR Menangani Krisis Perusahaan. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Salim, Agus. 2006. Teori & Paradigma Penelitian Sosial. Semarang: TiaraWacana.

Suhandang, Kustadi, 2010. Periklanan : Manajemen, Kiat dan Strategi. Jakarta: Nuansa.

Sutisna. 2001. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Soemanagara, Dermawan. 2006. Marketing Communication –Taktik dan Strategi. Jakarta: PT Buana Ilmu Populer (kelompok Gramedia)

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran Edisi ke-3. Yogyakarta: Andi.




DOI: https://doi.org/10.32509/wacana.v17i2.629

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

  

 
 


WACANA, Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi

Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 085714422271 (Chat Only)

Telepon: 021-7261433, 021-7252685
email: [email protected]




Copyright (c) 2018 WACANA, Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi

Creative Commons License
Licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.