STRATEGI MARKETING PUBLIC RELATIONS DINAS PARIWISATA KABUPATEN BREBES DALAM MEMPROMOSIKAN OBJEK WISATA MANGROVE PANDANSARI

Rialdo Rezeky Manogari, Umi Khalidah Zia

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk menggambarkan Strategi Marketing Public Relations  yang dilakukan  oleh Dinas Pariwisata  Kabupaten Brebes dan mengetahui hambatan apa saja yang di hadapi Dinas Pariwisata dalam memromosikan objek wisata di Kabupaten Brebes terutama objek wisata Mangrove Pandansari serta untuk mengetahui apa saja faktor pendukung Dinas Pariwisata Kabupaten Brebes dalam memromosikan Objek Wisata Mangrove Pandansari. Pendekatan kualitatif melalui wawancara mendalam sebagai metode utama pengumpulan data. Penelitian ini menggunakan paradigma kontruktivisme dalam memandang permasalahannya.  Model yang di gunakan dalam penelitian ini adalah 4 step public relations dan Konsep Marketing Public Relations. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Dinas Pariwisata dalam memromosikan objek wisata mangrove pandansari lebih menggunakan media sosial, selain itu faktor pendukung dalam memromosikan objek wisata Mangrove Pandansari yaitu dengan adanya duta wisata atau IFDWB (Ikatan Forum Duta Wisata Brebes) hambatan yang di peroleh adalah kurangnya anggaran untuk membentuk stimulan masyarakat untuk ikut serta dalam kegiatan pariwisata.


Keywords


marketing public relations, dinas pariwisata kabupaten brebes, objek wisata mangrove pandansari

Full Text:

PDF

References


Basu, Swastha DH., Irawan. 2008. Manajemen Pemasaran Modern, Edisi Kedua, Cetakan Ke-tigabelas, Yogyakarta: Liberty Offset.

Bungin, Burhan. 2015. Audit Komunikasi (pendekatan asesment Pendekatan dan Metode Asesmen Sistem Informasi Komunikasi dalam Organisasi) Jakarta: Prenada Media Group.

Cangara, H. Hafied. 2006. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Effendy, Onong Uchjana. 2009. Human Relations dan Public Relations. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Efendy, Onong Uchjana. 2009. Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyana, Dedy. 2008. Metode penelitian Kualitatif, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Moree, H. Frazier. 2008. Humas Membangun Citra dengan Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Kassali, Rhenald. 2006. Manajemen Public Relations. Jakarta: PT. Temprint.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2006. Marketing Management. Penerbit: Prentice Hall.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Kotler, Philip dan KevinLane Keller. 2008. Manajemen Pemasaran, Jakarta: PT Indeks.

Prasetya, Yoga Santoso dan Rialdo Rezeky M. L. Toruan. 2018. Strategi Marketing Public Relations Dalam Rebranding HSBC Indonesia Untuk Membentuk Brand Awareness. Jurnal Pustaka Komunikasi, Vol. 1, No. 1 (Maret 2018) 1 – 14.

Ruslan, Rosady. 2014. Manajemen Public Relatios dan Media Komunikasi (Konsep dan aplikasi). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Scott M, Cutlip and Allen H. Center. 2006. Effective Public Relations Edisi Kesembilan. Jakarta: Prenada Media Group.

Suprawoto. 2018. Government Public Relations Perkembangan dan Praktik di Indonesia. Jakarta: Prenada Media Group.

Suyanto, Bagong. dan Sutinah. 2005. Metode Penelitian Sosial Berbagai Alternatif Pendekatan. Jakarta: Prenada Media Group.

http://wisatabrebes.net/profil/




DOI: https://doi.org/10.32509/wacana.v17i2.650

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

  

 
 


WACANA, Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi

Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 085714422271 (Chat Only)

Telepon: 021-7261433, 021-7252685
email: [email protected]




Copyright (c) 2018 WACANA, Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi

Creative Commons License
Licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.