MEDIA MASSA SEBAGAI PENGGERAK TUMBUHNYA SIKAP BELA NEGARA DIKALANGAN GENERASI MUDA

Ida Fariastuti

Abstract


Komunikasi massa adalah bentuk komunikasi yang menggunakan media massa yang meliputi siaran televisi, surat kabar, siaran radio dan inedia onlineyang dapat menjangkau masyarakat secara luas dalam tempo yang tidak terlalu lama. Media massa memiliki empat fungsi utama yaitu sebagai sumber informasi (to inform) sebagai sarana pendidikan (to educate) sarana hiburan (to intertain) dan mempengaruhi (to influence). Dengan adanya fungsi-fungsi tersebut maka segala persoalan masyarakat dan penyelesaiannya akan muncul dalam ruang publik sehingga segenap lapisan masyarakat dapat ikut berperan serta dalam mengatasi persoalan bersama dalam kehidupan bermasyarakat. Selain sebagi sumber informasi, komunikasi melalui media massa juga berfungsi sebagai sumber pendidikan, dapat menghibur dan sebagai alat kontrol kehidupan masyarakat. Berita-berita menonjol yang dimuat di media massa akhir-akhir ini adalah adanya ancaman phisik dan non phisik yang dapat mengganggu kehidupan bangsa dan Negara Republik Indonesia, yang merdeka, berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.


Keywords


Komunikasi massa, media massa, bela negara

Full Text:

PDF

References


Agus Salim, Teori Dan Paradigma Penelitian Sosial,Yogyakarta: Tiara Wacana,2006

Atkinson, R, C., & Hilgard, E, R.. Pengantar Psikologi. Jakarta: Erlangga,1983.

Azwar, S. Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar,1995.

Breckler, S. J., "Empirical Validation of Affect, Behavior, and Cognition as Distinct Component of Attitude,"Journal of Personality and Social Psychology, Mei 1984.

Bungin, Burhan. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2005

Calhoun, J, F., & Acocella, J, R. Psikologi tentang Penanyesuaian dan Hubungan Kemanusiaan, Semarang: IKIP Semarang Press, 1990.

DeVito. Komunikasi Antar Manusia, (Terjemahan Agus Maulana). Jakarta: Kharisma, 2011

Effendy, Onong Uchjana. Ilmu Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: PT.Citra Aditya Bakti, 2003.

Meyer, J. P. "Commitment to Organizations and Occupations," Journal of Applied Psychology, 1993.

Mulyana, Deddy. Komunikasi Massa, Kontroversi, Teori dan Aplikasi, Bandung: Widya Padjadjaran, 2008

Nasution, Zulkarimen. Perkembangan Teknologi Komjunikasi, Jakarta: Universitas Terbuka,2005.

Quail, Denis,Mc, Sven Windahl,1996 Communication Models, Singapore: Longman Singapore Publisher.

River, William,L, 2008, Media Massa Dan Masyarakat Modern (Terjemahan Haris Munandar), Jakarta : Kencana

Robbins, Stephen P. 2007, Perilaku Organisasi Buku 1, Jakarta : Salemba Empat.

Rosengreen,Karl Erick, et All,1985, Media Gratification Research (Curent Perspsctive), London :Sage Publication Beverly Hills.

Sarlito, Wirawan Sarwono, 2002, Teori-Teori Psikologi Sosial, Jakarta :PT Raja Grafindo Persada.

Sears, D, O., Freedman, J, L., & Peplau, L, A. 1985. Psikologi Sosial, Jakarta :Erlangga.

Sobur, Alex. 2003. Psikologi umum. Pustaka Setia, Bandung: Alfabeta.

Sunarto. Humas Untuk Layanan Publik. Jakarta: Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Prof.Dr.Moestopo (Beragama), 2013.

Sunarwinadi, Ilya. Komunikasi Antar Budaya. Jakarta: UI Pers, 1993.

Wicker, A. W., A. Theory of Cognitive Dissonance, Stanford: Stanford University Press,1987

Zanden, James W.Vander. Social Psychology, New York: Random House, 1984.

Fajar, Arief. Pengaruh Pemberitaan Surat Kabar Kompas Terhadap Persepsi Masyarakat Tentang Penggunaan Tabung Gas. Surakarta, ASPIKOM, 2012

Hanim, Isma, 2010, Penelitian Pengaruh Tayangan Televisi Terhadap Sikap (Studi Korelasional Pengaruh Acara Dahsyat Di Stasiun Televisi RCTI Terhadap Sikap Mahasiswa FISIP USU), Medan : USU.

Malikhah. Korelasi Pengaruh Tayangan Televisi Terhadap Perkembangan PerilakuAnak Usia Dini (Studi Pada Kelompok B Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Kudus), 2012

Oktaviana, Yessi. Penelitian, Pengaruh Radio Terhadap Sikap Mahasiswa (Studi Korelasional Pengaruh Program Acara Akustar di Radio Star FM Terhadap Sikap Bermusik Mahasiswa Fakultas Sastra USU Medan, USU, 2012.

Oktaviani, Dwi Nurlaila, (Penelitian). Pengaruh Media Massa Terhadap Perilaku Remaja Bondowoso. UNBRA Malang, 2014

Zahra, Priska. (Penelitian).Pengaruh Intensitas Membaca Surat Kabar Harian Tribun Jogja Terhadap Kepuasan Masyarakat, Yogyakarta, UAJY, 2013.




DOI: https://doi.org/10.32509/wacana.v16i1.7

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 Indexed by:

     

 Recommended Tools :

 

 

WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi

Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 085714422271 (Chat Only)

email: wacana@dsn.moestopo.ac.id

 

Creative Commons License

WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.